Bahan Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

Ingin cantik alami? Warisan resep kecantikan milik leluhur adalah jawabannya. Kecantikan alami wanita Indonesia pada zaman dahulu sudah terbukti dari bahan yang digunakan selama berabad-abad. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam, menyimpan banyak sekali tanaman yang bermanfaat bagi kecantikan, mulai dari perawatan untuk kulit, rambut maupun seluruh badan.

Bagi kamu yang ingin mencoba bahan-bahan alami khas Indonesia untuk merawat diri, Banananina akan memberikan informasi lengkapnya. Berikut adalah 7 bahan berkhasiat sangat baik bagi kecantikan kamu.

Lidah Buaya

rahasia kecantikan wanita indonesia

Ingin memiliki rambut lebat? Gunakan lidah buaya! Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan tonik yang sangat bermanfaat untuk menyuburkan dan memberikan nutrisi pada akar rambut. Caranya adalah menggosokkan getah lidah buaya pada kulit kepala. Pijat perlahan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo. Gunakan selama tiga kali dalam satu minggu.

Lidah buaya juga bermanfaat bagi wajah. Selain memberikan efek anti penuaan, lidah buaya juga efektif mengatasi jerawat, luka, serta luka bakar akibat terlalu sering kena sinar matahari serta keriput.

Jeruk Nipis

rahasia kecantikan wanita indonesia

Ladies, apakah kamu  mengalami masalah ketombe? Wanita Indonesia pada zaman dulu punya cara unik untuk mengatasi hal ini. Mereka menggunakan jeruk nipis untuk menyeimbangkan pH di kulit kepala. Dengan pH seimbang, maka kulit kepala bisa menangkal berbagai jenis bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan ketombe.

Caranya adalah dengan memercikkan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala. Pijat ringan secara beberapa menit. Diamkan beberapa saat sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk memakainya, pastikan kulit kepala tidak mengalami luka agar tidak terasa perih.

Santan

rahasia kecantikan wanita indonesia

Santan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi rambut. Jika kamu mengalami masalah pada rambut rusak, kusut, kering dan bercabang, gunakan santan sebagai cream bath alami. Santan merupakan pelembab yang mampu mengembalikan vitalitas dan kilau rambut.

Caranya adalah dengan meneteskan santan ke kulit kepala, pijat selama lima menit. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu keramas rambut seperti biasa.

Bengkoang

rahasia kecantikan wanita indonesia

Bengkoang dikenal mampu membuat penampilan kulit lebih cerah. Kandungan vitamin B1 dan vitamin C bekerja bersamaan, membuat kulit menjadi lebih sehat dan berseri.

Kamu bisa memanfaatkan bengkoang sebagai masker alami. Kupas bengkoang, kemudian parut sebagian. Gunakan parutan tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama sekitar 20-30 menit, lalu cuci wajah seperti biasa. Masker ini efektif digunakan dua kali seminggu.

Madu

rahasia kecantikan wanita indonesia

Madu memiliki anti bakteri dan anti inflamasi yang ampuh mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Nutrisi yang terkandung dalam madu cocok digunakan oleh pemilik kulit kering agar kulitnya senantiasa lembab dan halus.

Kamu bisa menggunakan madu sebagai tambahan bahan saat membuat masker dan lulur. Gunakan madu organik yang masih murni untuk mendapat khasiat maksimal.

Selain itu madu juga bisa digunakan untuk merawat kulit bibir agar halus dan tidak pecah-pecah. Caranya, oleskan madu di bibir sebelum tidur dan biarkan madu melembabkan bibir kamu semalaman. Tapi jangan dijilat-jilat ya, Ladies!

Sirih

rahasia kecantikan wanita indonesia

Sirih memiliki sifat anti septik dan anti bakteri, sehingga dikenal sebagai bahan yang bisa mengatasi gatal dan jerawat. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, gunakan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat. Cara yang lebih simpel adalah menggunakan air sirih hangat untuk mencuci muka.

Sebelumnya, pastikan dulu wajahmu benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan minimal sehari dua kali, terutama jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan.

Tidak hanya untuk membasmi jerawat, daun sirih yang memiliki bau khas juga dapat membantu menjaga kebersihan area kewanitaan kamu. Cuci area kewanitaan kamu menggunakan air rebusan daun sirih, untuk menjaganya tetap bersih dan wangi.

Temugiring

rahasia kecantikan wanita indonesia

Temugiring masih jarang terdengar, namun ternyata khasiatnya sangat bagus untuk merawat kulit. Wanita Jawa sering menggunakannya sebagai bahan campuran lulur scrub. Mengandung flavonoida, saponin, dan kurkumin, temugiring mampu mencegah radikal bebas pada kulit.

Untuk membuat lulur scrub, kamu bisa menumbuk temugiring kering. Tambahkan tepung beras, kunyit bubuk, serta air mawar secukupnya. Campurkan dan usapkan ke seluruh tubuh. Gosok dengan gerakan melingkar, lalu bilas tubuh dengan air hangat.

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

She is a beauty blogger and also freelance writer. She has interest in cruelty free cosmetics, books, and healthy food. Check her latest post about cruelty free brand cosmetics and BHA + AHA at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup