Diera Bachir, Menanamkan Semangat Baru dengan Berinovasi

Saya memulai bisnis fotografi ini dari hasil sendiri. Dulu saya seorang designer yang memiliki bisnis F & B. Dari situlah saya mulai pelan-pelan menginvestasikan sebagian dana saya untuk membeli perlengkapan fotografi.

Mengawali karier sebagai seorang designer, siapa sangka nama Diera Bachir justru melejit sebagai salah satu fotografer profesional di Indonesia. Kemampuannya di bidang fotografi memang sudah tidak diragukan lagi. Hasil karyanya banyak dilirik oleh para selebriti tanah air. Sederet nama artis mulai dari Dian Sastrowardoyo, Olla Ramlan, Sandra Dewi, Ashanty, Nagita Slavina dan masih banyak lagi, pernah menjadi kliennya! Gaya fotonya yang tajam dan terkesan berbeda, membuat hasil jepretan Diera Bachir terkesan “hidup”. Kini, berkat talenta dan kemahirannya dalam dunia fotografi, banyak selebriti yang tidak ragu lagi untuk menjadi kliennya.

diera bachir

Coba lihat akun Instagram Diera Bachir (@dierabachir), ada banyak pesona para artis yang ia bidik dari balik lensa kameranya. Jumlahnya tentu sudah tidak terhitung lagi. Mostly, konsep foto yang dibuat oleh Diera adalah foto-foto pra-wedding, maternity maupun personal portrait.

Beberapa pekan lalu, tim BANANANINA Magazine berkesempatan mengunjungi Diera Bachir di studionya yang berlokasi di Pondok Indah. Secara langsung, Diera merupakan sosok yang menyenangkan sehingga saya dan tim tidak ragu untuk “haha-hihi” di sela-sela perbincangan.

Peraih penghargaan Photographer of Ther Years dalam kategori 20 Women of The Year dari wolipop.detik.com ini selalu memotivasi dirinya sendiri untuk dapat terus berkarya dan berinovasi. “Saya selalu berusaha untuk menanamkan semangat baru dalam bekerja. Cara-cara sederhana yang saya lakukan adalah dengan memotivasi diri sendiri, membuat sesuatu yang baru, mencari inovasi-inovasi yang baru untuk dapat terus mengembangkan diri.”

diera bachirDok. BANANANINA

Diera Bachir mengaku tidak pernah muluk-muluk selama berkarya. Tapi nyatanya hasil jepretan dari wanita lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan ini menjadi idola banyak selebriti Indonesia. “Sebetulnya, konsep bisnis fotografi yang saya jalani ini lebih cenderung menekankan untuk berkarya dari hati saja. Setiap orang pasti punya dreams dan goals, begitu pula dengan saya. Namun, untuk menjalani bisnis ini saya tidak pernah tergesa-gesa dan tetap dengan cara yang sehat. Maju bersama-sama tanpa mengikuti orang lain.”

diera bachir

Dunia design yang dulu pernah Diera geluti ternyata menjadi latar belakang untuk menekuni fotografi. “Bisnis fotografi yang saya jalani memang dilatarbelakangi oleh design. Kedua bidang tersebut memang saling bekesinambungan. Saya sebelumnya juga tidak pernah menempuh pendidikan fotografi secara formal. Hanya saja, dulu pada saat kuliah pernah berkesempatan mendapat mata kuliah fotografi selama satu semester. Untuk mendalami teknik-teknik fotografi, saya lebih banyak belajar sendiri atau bersama teman.”

Berawal dari design dan belajar fotografi secara otodidak, hasil karyanya menjadi viral di social media. Dari situlah, artis-artis yang pernah menjadi kliennya merekomendasikannya secara word of mouth ke teman artis yang lain. “Pada awal berkarier, kebetulan saya berkesempatan menjadi fotografer seorang public figure. Dari situlah, klien puas karena melihat hasil foto saya cenderung berbeda dengan yang lain. Word of mouth pun menjadi semakin kencang. Ditambah lagi di era digital atau social media seperti saat ini, hasil foto saya banyak yang melihat. Akhirnya, banyak public figure yang tertarik untuk meng-hire saya.”

Sebagai seorang wanita yang terus berkarya, Diera yakin pasti ada banyak wanita Indonesia di luar sana yang bisa berkarya seperti dirinya. “Jika ingin menjadi sukses kuncinya adalah always keep positive thinking, be a nice people and keep exploring. Intinya harus tetap semangat untuk dapat mencapai tujuan.”

Menjadi seorang fotografer, Diera selalu butuh kepraktisan dalam setiap penampilan. Lalu seperti apa sih gaya pakaian yang nyaman untuk seorang Diera Bachir? “Untuk gaya fashion favorit sehari-hari, saya lebih suka gaya casual-chic. Tidak boyish dan tidak girly juga. Kalau untuk tas, biasanya saya lebih suka menggunakan sling bag yang berukuran besar. Warna tas favorit saya seperti merah dan pink.”

https://www.instagram.com/p/BFrJSH_wunU/?taken-by=dierabachir

Di akhir perbincangan, Diera Bachir memberikan sedikit tips untuk para pembaca dalam memilih tas. Baginya kriteria tas yang tepat adalah dengan memilih bahan dan warna yang bagus, aman untuk penampilan, dan juga solid. Selain itu, selalu simpan di dalam dust bag agar tetap rapi dan tidak kotor. Perawatan dengan cara tersebut sangat bermanfaat untuk membuat tas menjadi lebih tahan lama.

Yuk, simak video interview-nya disini!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup