Explore Tiongkok: Menjelajahi Ragam Spot Menarik

Selain dikenal sebagai negara terbesar di Asia, Tiongkok memiliki beragam tempat wisata yang laik untuk dikunjungi. Salah satunya seperti Tembok Besar China yang fenomenal. Tak hanya itu saja, eksotisme Tiongkok juga bisa kita temukan melalui ragam budaya kuno maupun modern yang menjadi daya tarik wisatawan. Di negara yang memiliki julukan Tirai Bambu ini, kita bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi ragam tempat menarik.

explore tiongkok
Shanghai colorful night

Banyaknya pilihan tempat wisata di Tiongkok memang kerap membuat para wisatawan bingung memilih destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Tapi, kamu jangan khawatir, Ladies! Kali ini redaksi Banananina punya pilihan ragam destinasi seru yang bisa kamu eksplore lebih jauh lagi. Dilansir dari Dwidaya Tour, salah satu travel agent terkemuka di Indonesia, kita bisa melihat banyak sekali tempat wisata di Tiongkok yang wajib dikunjungi. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Day 1

Mengunjungi Tian An Men Square, Forbidden City, Chinese Medicine, Temple of Heaven, dan Acrobatic Show

Beijing adalah ibukota Tiongkok yang memiliki 16 daerah urban, suburban dan distrik pedesaan. Saat mengunjungi Tiongkok, kota ini pasti tak luput dari incaran para wisatawan. Melalui Beijing, kamu bisa memulai perjalanan. Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Tian An Men Square, jantungnya kota Beijing. Di tempat ini kamu akan menemukan alun-alun terbesar di dunia. Alun-alun ini memiliki ukuran sekitar 500 meter untuk lebarnya sedangkan 880 meter untuk panjangnya dengan tanah yang ditaburi bebatuan granit.

explore tiongkok
Tian An Men Square signs

Alun-alun ini terletak di pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing. Di dalamnya terdapat tempat pengibaran bendera di bagian utara, Monumen Pahlawan Rakyat dan Makam Mao Zedong di bagian tengah alun-alun, serta Gerbang Zhengyang di bagian selatan.

Setelah dari Tian An Men Square, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Forbidden City. Kota yang dikenal sebagai kota terlarang ini pernah dijadikan sebagai tempat tinggal 24 kaisar di zaman Dinasti Ming dan Qing. Rumah tangga kekaisaran ini sudah ada selama hampir 500 tahun, mulai dari tahun 1420 – 1912.

explore tiongkok
Forbidden City

Disebut sebagai Forbidden City atau Kota Terlarang karena tidak ada satupun orang yang bisa masuk maupun keluar tanpa adanya izin dari kaisar. Forbidden City telah dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di dalamnya terdapat koleksi karya seni dan artefak peninggalan dari dinasti Ming dan Qing. Interiornya pun sangat mengagumkan karena terdapat lebih dari 1 juta barang koleksi Palace Museum beserta perpustakaannya.

Setelah puas berkeliling ke Tian An Men Square dan Forbidden City, kamu juga bisa mengunjungi Chinese Medicine untuk mencari obat-obatan khas Tiongkok. Masih berkaitan dengan Dinasti Ming dan Qing, kamu bisa mampir ke Temple of Heaven.

explore tiongkok
Temple of Heaven

Temple of Heaven merupakan tempat ritual untuk memohon hasil panen dan penghormatan pada surga. Temple of Heaven ini berlokasi di sebuah taman besar yang sering digunakan sebagai tempat latihan Taijiquan dan Qigong (menari dan bernyanyi). Sedangkan di malam harinya, kamu bisa menyaksikan Acrobatic Show yang terkenal di Beijing.

Day 2

Melihat kemegahan Tembok Besar Cina, Bao Shu Tang, Summer Palace, Olympic Village 2008/Bird’s Nest dan mencicipi kuliner Peking Duck

Tak sabar ingin mengunjungi salah satu tempat dari 7 keajaiban dunia, kamu bisa mampir ke Tembok Besar China di hari berikutnya. Tembok Besar China ini adalah salah satu warisan dunia yang dibangun sebelum pemerintahan Dinasti Qin (722 SM). Tembok yang memiliki panjang 8.851.392 KM ini dibangun selama kurang lebih 2.000 tahun, lho. Selain itu, Tembok Besar China ini juga melintasi 9 provinsi dan kota di Tiongkok mulai dari Liaoning, Hebei, Tianjin, Gansu, Ningxia, Shanxi, Shaanxi, Beijing, dan Inner Mongolia.

explore tiongkok
Great Wall of China

Setelah mengeksplorasi Tembok Besar China, kamu bisa mengunjungi pabrik obat bakar Bao Shu Tang. Uniknya, obat luka bakar ini sangat mujarab. Kamu bisa melihat sang peraga yang memegang besi panas dan tangannya melepuh dengan luka bakar mengerikan. Pada bagian luka tersebut kemudian dioleskan Bao Shu Tang. Dalam waktu 15 menit, luka tersebut langsung sembuh dan tak berbekas sama sekali.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk melihat Summer Palace, istana kekaisaran termegah di Tiongkok. Jangan lupa, kunjungi juga komplek Olimpiade Beijing atau yang dikenal dengan Olympic Green. Disana kamu bisa melihat konsep arsitektur Olympic Green yang menakjubkan, seperti Bird Nest atau National Stadium.

explore tiongkok
The Beijing National Aquatics Center

Tidak hanya Bird Nest atau National Stadium, tetapi ada berbagai macam arena pertandingan yang dibangun sekelilingnya, salah satunya seperti Water Cube. Sebagai penutup perjalanan kamu di hari kedua, kamu bisa menikmati Peking Duck yang menggugah selera makan di malam hari.

Day 3

Menikmati pesona Suzhou Garden, Liu Garden, Silk Fabric dan Tiger Hill

Nikmati perjalanan bernuansa hijau dengan mampir ke Suzhou Garden maupun Liu Garden. Suzhou Garden adalah taman yang termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site karena dianggap sebagai salah satu taman bersejarah di dunia. Di dalamnya terdapat sekitar 80 taman klasik dan satu yang paling terkenal adalah Humble Administrator’s Garden. Disini, kamu bisa menikmati suasana hijau yang tenang nan syahdu.

explore tiongkok
Suzhou Garden

Selain Suzhou Garden, kamu juga bisa mengunjungi Liu Garden. Taman yang dikenal dengan nama Lingering Garden adalah salah satu taman yang cukup terkenal di Tiongkok karena memiliki gaya arsitektur dinasti Qing. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Silk Fabric dan Pagoda Tiger Hill, Menara Pisa dari Suzhou.

explore tiongkok
Pagoda Tiger Hill

Day 4

Menyusuri legenda ular putih di West Lake/Xi Hu Lake, Yui Fei Temple dan Tea Garden

Legenda ular putih memang legenda paling terkenal di Tiongkok. Kabarnya, legenda tersebut terjadi di West Lake, Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Berkat legenda itulah banyak turis datang untuk mengunjungi tempat ini. Selama beberapa dinasti, danau seluas 5,6 KM persegi ini menjadi pusat kehidupan spiritual warga Tiongkok.

explore tiongkok
West Lake, Hangzhou

Beranjak dari West Lake, perjalanan bisa dilanjutkan ke Yue Fei Temple, landmark kebanggaan penduduk di kota Hangzhou. Yue Fei Temple ini merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang mewarnai indahnya pesona danau West Lake. Tak jauh dari sana, kamu bisa menikmati keindahan hijau di Tea Garden.

explore tiongkok
Yue Fei Temple

Day 5

Menikmati keindahan pesona kota Wuzhen dan Nanjing Road

Saat menyusuri kota Wuzhen, kamu akan menemukan sebuah kawasan bernuansa klasik yang mewarnai pesona pariwisata kota Hangzhou. Tempat ini dikenal sebagai pusat wisata dengan sejuta pesona keunikan budaya dari masyarakat Tiongkok kuno. Kawasan ini adalah peninggalan bersejarah yang usianya diperkirakan telah mencapai ribuan tahun.

explore tiongkok
Wuzhen city at night

Setelah puas mengunjungi kota Wuzhen, kini saatnya kamu bisa beralih ke Nanjing Road. Tempat ini adalah kawasan perbelanjaan utama di Shanghai. Area jalannya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Nanjing Road Timur dan Nanjing Road Barat. Di tempat ini ada banyak turis yang merayakan hari-hari besar seperti Tahun Baru Cina, Malam Tahun Baru, Natal maupun Paskah di area Nanjing Road. Di area ini juga sering dipasang kembang api sebagai perayaan meriah bagi para warganya. Selain itu, Nanjing Road menghubungkan 2 tempat wisata utama, yaitu Bund dan People’s Square.

explore tiongkok
Nanjing Road

Day 6

Menjelajah pesona sungai Huang Phu, kota Shanghai melalui The Oriental Pearl TV Tower, dan Cheng Huang Miao Market

Layaknya Venesia, Shanghai juga memiliki tempat wisata sungai yang dikenal dengan nama Huang Phu. Melalui sungai ini, kita bisa melihat keindahan kota Shanghai menggunakan kapal ferry. Perjalanan akan semakin menakjubkan apabila dilakukan saat malam hari karena didukung oleh gemerlapnya lampu kota. Tidak hanya menggunakan kapal ferry melalui sungai Huang Phu, kamu juga bisa melihat keindahan kota Shanghai dari atas ketinggian The Oriental Pearl TV Tower.

explore tiongkok
Huang Phu River
explore tiongkok
The Oriental Pearl TV Tower

Setelah memandangi kota Shanghai, yuk mampir ke Cheng Huang Miao Market. Jika dilihat dari sisi eksterior, pusat perbelanjaan ini memiliki bangunan yang masih tradisional berarsitektur unik. Disini kamu bisa menemukan beragam jenis kuliner, souvenir, camilan untuk oleh-oleh seperti cokelat, kacang wijen dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh seperti mainan, baju ataupun tas untuk orang-orang tercinta.

explore tiongkok
Cheng Huang Miao Market

Tertarik untuk mengunjungi beberapa spot menarik di atas, Ladies? Buat kamu yang berniat untuk berlibur ke Tiongkok, pilihlah waktu yang tepat agar liburanmu akan semakin menyenangkan. Selamat berwisata!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup