Fenomena Pabrik Tas Mewah di Asia

pabrik-tas-mewah-asia

Sudah bukan rahasia jika beberapa high end brand seperti Kate Spade, Coach, Michael Kors, MiuMiu, Prada dan Burberry memiliki pabrik di luar negara asal mereka untuk meminimalkan biaya produksi. Tak heran di beberapa tag yang terdapat di dalam tas yang dijual oleh brand-brand tersebut terdapat tulisan “Made in Vietnam”, “Made in India”, “Made in Philippines”, bahkan “Made in Indonesia”. Jangan dulu berprasangka bahwa barang-barang ini merupakan barang-barang palsu, pada kenyataannya, tidak sedikit brand dari Amerika dan Eropa yang memang bekerjasama dengan pabrik di Asia untuk memproduksi barang yang mereka jual.

Asia, yang terkenal dengan upah buruh yang sangat murah, menjadi sasaran premium brand sebagai lokasi pembuatan barang-barangnya mulai dari baju, tas maupun sepatu. Negara-negara seperti India, Turki, Vietnam, Filipina, Cina, Taiwan, Korea Selatan dan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara yang memproduksi barang-barang dari premium brand tersebut. Namun barang-barang yang dibuat di negara tersebut tidak lantas dijual di negara pembuatnya, dan tidak semua barang-barang tersebut dijual di butik, melainkan dijual di Premium Outlet tempat dimana para premium brand menjual barang untuk secondary market-nya.

Terkadang, tidak semua bagian dari sebuah tas dibuat di Asia. Beberapa brand mendapatkan kulit untuk pembuatan tasnya dari Itali, namun pembuatannya dilakukan di Asia. Ada berbagai kontroversi terkait pabrik tas mewah di Asia ini. Sebagian pihak merasa dirugikan saat sebuah tas Eropa dibuat di Asia, dan customer diminta membayar tas tersebut seperti tas yang dibuat di Eropa. Sebagian lainnya tidak peduli asal tas-tas tersebut tidak menurunkan kualitasnya walaupun dibuat di Asia.

Tidak semua brand terbuka akan keberadaan pabrik mereka di Asia, karena masih ada beberapa brand yang disinyalir merakit beberapa bagian tas mereka di Asia lalu finishing-nya dilakukan di Perancis maupun Itali supaya bisa dilabeli “Made in France” atau “Made in Italy”. Begitu pula sebaiknya, beberapa pemilik pabrik di Asia yang menjadi rekanan para premium brand ini, juga memiliki kewajiban untuk merahasiakan kliennya. Oleh sebab itu tidak banyak info yang bisa didapat untuk melacak pabrik-pabrik tas mewah di Asia.

coach-made-in-philippines

coach-made-in-philippines

Namun, pada tahun 2015 lalu, reporter televisi Filipina Korina Sanchez, berkunjung ke pabrik Coach di Manila. Korina menulis di halaman Facebooknya bahwa ada sekitar 11,000 orang Filipina bekerja di pabrik tersebut. Ia juga mengatakan bahwa saudara laki-lakinya bekerja di pabrik ini. Korina bangga Filipina memiliki pabrik yang menghasilkan tas-tas Coach yang berkualitas tinggi dan dijual di berbagai negara di dunia.

pabrik-tas-mewah-asia

pabrik-tas-mewah-asia

Banananina sudah sering menemui Coach dengan label “Made in Philippines” dan “Made in Vietnam” atau Michael Kors “Made in China.” Seringnya tas-tas buatan Asia Tenggara ini tidak untuk dijual di butik tapi premium outlet brand tersebut seperti Coach Outlet Johor, Malaysia. Berbeda dengan tas buatan negara Asia Tenggara, tas dengan label “Made in China” akan lebih mudah ditemui di butik brand tersebut karena memang beberapa brand seperti Prada, sudah mengakui bahwa tas mereka memang ada yang dibuat di China, tepatnya di Guang Dong.

Di beberapa forum internasional, banyak juga orang-orang di luar negri yang takut tas dengan label buatan negara-negara Asia ini merupakan tas-tas replika atau palsu. Namun sudah banyak penjelasan mengenai bagaimana cara membedakannya, bahkan ada jasa otentikator berbayar jika ada seorang pelanggan yang ingin memeriksa keaslian tasnya menggunakan tenaga ahli ini.

Sebagai destinasi belanja authentic fashion item yang terpercaya, Banananina telah memiliki tim otentikator yang benar-benar mendedikasikan waktunya untuk melakukan quality control pada barang yang dijual. Proses otentifikasi bukan hal yang mudah, karena tidak ada textbook yang memuat ilmu mengenai otentifikasi produk. Belum lagi, supaya barangnya tidak mudah ditiru, para premium brand selalu mengembangkan identitas masing-masing tas buatannya sehingga tim otentikator harus selalu up to date dengan perkembangan tersebut. Namun dengan passion, experience, skill dan rasa keingintahuan yang tinggi, tim otentifikator Banananina membuktikan selama bertahun-tahun kualitas pekerjaannya untuk dapat memberikan yang terbaik kepada para pelanggan.

Comments

comments

Mega Anjasmoro

Editor In Chief | "To see the world, things dangerous to come to, to see behind walls. draw closer, to find each other and to feel. That is the purpose of life." - The Secret Life of Walter Mitty |

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup