Fitri Liza, Butuh Proses Untuk Menjadi Perias Handal

Tidak pernah terbesit oleh kami untuk membesarkan Sanggar Liza hingga sebesar ini. Semuanya dikerjakan dengan hati karena sesuatu yang dikerjakan dengan hati akan sampai ke konsumen melalui hatinya juga.

Pengelola sanggar tata rias dan tata busana tradisional ternama, Sanggar Liza, yaitu Fitri Liza tidak pernah mengira sanggar yang dikelolanya akan menjadi salah satu sanggar besar di Indonesia. Dalam sesi wawancara bersama BANANANINA di sanggarnya yang berlokasi di Jl. J No.7 & 29 Kebon Baru, Tebet, Fitri Liza menjelaskan bahwa Sanggar Liza ini pertama kali didirikan oleh Ibunya, yaitu Ibu Liza sejak tahun 1978. Fitri mengelola sanggarnya ini bersama dengan kedua orang kakaknya. Demi meneruskan usaha sang Ibu, Fitri Liza mulai belajar merias sejak beliau duduk di bangku SMA. Proses untuk menjadi makeup artist yang sukses di Indonesia tidak diraih hanya dengan sekejap mata saja.

fitri lizaDok. BANANANINA

Dilatih langsung oleh Ibu Liza, beliau tetap harus menempuh perjalanan untuk belajar selama beberapa tahun sebagai perias pengantin. Berawal dari merias among tamu dan keluarga pengantin di tahun 1999, barulah Fitri Liza naik pangkat menjadi perias inti atau perias pengantin di Sanggar Liza sejak tahun 2002.

Dengan pengalaman merias yang sudah dijalaninya selama lebih dari 10 tahun, hasil riasan Fitri Liza pun terus mendapat apresiasi yang tinggi. Selain itu, beliau juga sering kali disebut sebagai salah satu perias handal di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya klien yang pernah menggunakan jasa rias Fitri Liza. Di samping itu, banyak pula yang mengungkapkan kepuasan terhadap pelayanannya di beberapa media sosial atau blog pribadi mereka.

Ya, Sanggar Liza memang sudah sangat dipercaya oleh banyak orang, tapi dengan persaingan di dunia tata rias yang semakin ketat, mengelola sebuah sanggar hingga 38 tahun lamanya tentu saja bukan hal yang mudah. Apa lagi, sekarang ini sudah mulai banyak makeup artist baru yang bermunculan. Oleh karena itu, bersama Ibu dan kedua kakaknya, Fitri Liza tidak pernah berhenti berinovasi, yaitu dengan selalu mengikuti perkembangan tren makeup dan busana pengantin, serta pelayanan yang terus ditingkatkan. “Menurut kami, makeup dan baju yang bagus tidaklah cukup tanpa pelayanan yang baik dan prima. Oleh karena itu, kami selalu mencoba menggali lagi apa yang bisa kami lakukan demi kepuasan konsumen.” Berkat kepuasan dari para konsumen, munculah berbagai referensi positif yang membuat Sanggar Liza besar hingga sekarang.

Di sela-sela kesibukannya menjalani profesi sebagai perias sekaligus pengelola Sanggar Liza, Fitri Liza juga ternyata menyempatkan diri untuk menulis buku. Sekarang ini, Fitri Liza sudah menerbitkan 3 buku dengan bahasan yang tentu saja tidak jauh dari bidang yang beliau tekuni. Buku pertama yang berjudul Let’s Get Married membahas tentang persiapan pernikahan. Buku kedua membahas tentang model-model kebaya dan tata rias pengantin dengan judul Glamorous Goddess, sedangkan buku terakhir yang berjudul The Magical Touch of Make-Up for Indonesian Bride fokus pada bahasan mengenai riasan pengantin. Buku ketiga dari Fitri Liza ini juga telah berhasil menjadi buku dengan tingkat penjualan terbaik lho, ladies. Hebat, ya?

fitri liza buku

Merias pengantin memang suatu pekerjaan yang dilakukan di balik layar, tapi bukan berarti menjaga penampilan saat merias menjadi hal yang tidak perlu diperhatikan. Menurut Fitri Liza, menjaga penampilan agar tetap rapi saat merias pengantin merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap pernikahan yang akan dilaksanakan. “Sebuah pernikahan adalah acara spesial yang hanya dialami pengantin sekali seumur hidup. Oleh karena itu, meskipun saya hanya berada di belakang layar, saya tetap harus menghargainya dengan berpakaian yang rapi dan baik.” Ditambah lagi, setelah merias, Fitri Liza juga biasanya memandu pengantin selama prosesi pernikahan. Jadi, menjaga penampilan menjadi hal yang cukup penting bagi Fitri Liza.

Walaupun berprofesi sebagai perias pengantin, Fitri Liza justru cenderung sebagai wanita yang tidak suka dandan. Saat ditanya apa saja barang-barang yang biasanya dibawa, Fitri Liza langsung menjawab bahwa handphone dan dompet adalah dua hal yang wajib ada di dalam tas, sedangkan alat kosmetik tidak termasuk ke dalam daftar barang wajib tersebut. Sekalipun membawa alat kosmetik, beliau hanya membawa lipstik serta cermin di dalam tas. “Kalau untuk sehari-hari, saya tipe orang yang tidak menyimpan alat kosmetik di tas soalnya saya sebenarnya bukan orang yang suka dandan,” ujarnya.

fitri liza makeupDok. BANANANINA

Untuk meraih kesuksesan, tentu diperlukan adanya dedikasi yang tinggi di masing-masing bidang yang dijalani. Fitri Liza sendiri mengaku bahwa kunci sebuah kesuksesan adalah dengan bekerja dari hati. “Apapun yang dikerjakan, kerjakanlah secara fokus dan dari hati. Suatu hal yang dikerjakan dengan fokus dan bukan karena materi pasti akan membuahkan hasil yang berbeda. Orang yang merasakan hasil pekerjaan kita pun tentunya akan merasakan hasil yang berbeda pula.”

Inspiratif sekali Fitri Liza ini! Kesuksesan Fitri Liza ini adalah bukti bahwa sebuah keberhasilan bukanlah hal yang bisa diwujudkan dalam waktu yang singkat. Butuh waktu, kesabaran, dan dedikasi yang tinggi untuk sukses di bidangnya masing-masing.

Yuk, simak videonya disini!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup