Gaya Hidup Sehat Ala Wanita Jepang

Istilah “Yamato Nadeshiko” yang identik dengan “personifikasi perempuan Jepang ideal” adalah kiasan untuk kecantikan wanita yang rapi dan rajin. Tidak bisa dipungkiri, kecantikan alami khas wanita Jepang sudah terkenal sejak dulu. Orang Jepang dikenal karena menjalani hidup sehat sejak kecil. Ini yang membuat kecantikannya abadi sepanjang masa.

Rupanya, rahasia itu terletak pada gaya hidupnya. Gaya hidup ini bisa kita tiru dalam keseharian agar senantiasa bugar serta memiliki kulit sehat sepanjang masa. Intip 5 rahasia dari gaya hidup wanita di Jepang di sini!

Penyuka Makanan Segar dengan Kalori Rendah

gaya hidup wanita di jepang

Jika dibandingkan dengan orang Barat, jenis makanan yang dikonsumsi wanita Jepang cenderung lebih sehat dan memiliki porsi sedikit. Ini terlihat dari porsi makan di sejumlah Japanese restaurant yang berbeda dengan Western restaurant. Meski jumlah porsinya sedikit, tetapi mereka sangat memperhatikan kandungan gizi yang bisa diperoleh dari sumber makanan.

Orang Jepang juga hanya makan di waktu-waktu yang memang lazim, seperti sarapan, makan siang dan makan malam. Para ibu rumah tangga lebih suka membeli bahan di toko lokal karena kesegarannya lebih terjamin dibanding di supermarket. Bagi mereka, makanan harus dibuat dalam keadaan baru dengan bahan-bahan yang baru. Ada pula alasan mengapa mereka suka memakai sumpit dibanding garpu dan sendok. Makan menggunakan sumpit butuh waktu lebih lama, dan ini membuat seseorang tidak begitu rakus menghabiskan makanan saat disajikan.

Jarang Ngemil Makanan Tidak Sehat

gaya hidup wanita di jepang

Meski di Jepang terdapat McDonalds, patisserie yang menjual dessert, serta mini market yang menjual makanan ringan, jenis makanannya tetap jauh lebih sehat dari yang dikonsumsi orang Asia pada umumnya. Salah satu keunikan orang Jepang adalah kreativitas dalam memadukan bahan makanan.

Ada banyak jenis variasi yang hanya bisa ditemukan di Jepang. Kebanyakan makanan yang dibuat biasanya mengandung bahan ikan, nasi, rumput laut, sayuran, serta kuah kaldu yang menyehatkan. Budaya mereka yang suka bekerja dan bergerak cepat mendukung terhadap kemunculan ide untuk membuat cemilan yang mengenyangkan namun sehat. Ini sebabnya ada banyak onigiri serta bento (bekal makanan) yang dijual di mini market atau kombini.

Teh Sebagai Antioksidan

gaya hidup wanita di jepang

Ladies, jika kamu berjalan-jalan di tempat umum, sulit untuk membedakan usia para wanita di Jepang. Pasalnya, kulit wanita Jepang umumnya masih kencang meski sudah beranjak usia 30 hingga 40 tahun.

Rupanya, rahasia ini terletak dari kebiasaan mereka sebagai pengkonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki kalori yang sangat rendah sehingga tidak akan membuat timbunan lemak tak diinginkan dalam tubuh. Teh hijau adalah bahan ampuh untuk melawan bakteri di kulit, memiliki antioksidan tinggi, serta anti radikal bebas sehingga wanita yang sering mengonsumsinya akan terlihat lebih awet muda dan memiliki kulit yang bercahaya.

Budaya Berjalan Kaki dan Menaiki Tangga

gaya hidup wanita di jepang

Kendaraan, terutama mobil, memiliki pajak yang cukup tinggi di Jepang. Bahkan sewa parkir juga mahal.  Ini yang menyebabkan banyak orang Jepang, termasuk seseorang yang memiliki posisi tinggi seperti manajer perusahaan, lebih suka menggunakan transportasi umum.

Orang Jepang pada umumnya terkenal dengan ketepatan waktu serta memiliki teknologi canggih. Jalur transportasi umumnya yang sudah sangat baik membuat mereka tidak begitu suka memakai kendaraan pribadi. Mereka lebih suka berjalan kaki dan menaiki atau menuruni tangga dibanding memakai lift. Kebiasaan berjalan kaki ini membuat kalori yang terbakar lebih banyak dari kalori yang dikonsumsi. Ini sebabnya kamu akan mudah menemui wanita Jepang memiliki badan yang langsing.

Budaya Bekerja

gaya hidup wanita di jepang

Orang Jepang terkenal dengan sifat workholic. Jam kerja di Jepang pada umumnya dimulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore. Namun, banyak di antaranya yang bekerja sampai larut malam. Jam kerja yang panjang membuat office lady (sebutan untuk karyawan wanita) lebih banyak fokus untuk menghabiskan waktu bekerja dibanding bersenang-senang.

Ada banyak jenis pekerjaan yang membuat orang Jepang harus senantiasa bergerak serta bertemu dengan klien. Secara tidak langsung, ini juga membuat metabolisme dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya dan membuat mereka tidak gampang gemuk.

Nah, Ladies, beberapa hal ini yang membuat kecantikan wanita Jepang terjaga dengan baik.  Ada banyak yang dapat ditiru oleh kita agar tetap senantiasa bugar dan sehat!

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

She is a beauty blogger and also freelance writer. She has interest in cruelty free cosmetics, books, and healthy food. Check her latest post about cruelty free brand cosmetics and BHA + AHA at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup