Jajanan Kaki Lima Wajib Coba di Seluruh Dunia

Pernah membayangkan, mengunjungi Paris tanpa mencicipi crepe? Atau jalan-jalan di Hong Kong dan melewatkan egg waffle? Selain destinasi wisata, kudapan kerap menjadi alasan khusus saat melancong ke negara lain. Kami merangkum tujuh jajanan kaki lima wajib coba yang tersebar di tujuh negara.

Bhel Puri, India

Bagi para pecinta spicy food, India menjadi destinasi wisata kuliner favorit karena kaya akan santapan berbumbu. Salah satu hidangan favorit para turis adalah bhel puri, yakni campuran segumpal nasi, mie soun goreng, dan sayuran dengan guyuran saus asam, yang banyak tersedia di kota Mumbai.

Stroopwafel, Belanda

Stroopwafel menjadi jajanan wajib saat mampir ke Belanda. Wafel khas negari kincir angin ini terdiri dari dua keping wafel dengan sirup karamel sebagai isian yang membuat cita rasanya semakin legit. Selain stroopwafel, jajanan kaki lima lain yang patut dicoba adalah patat met mayo atau kentang goreng dan mayonais.

Gimbap, Korea Selatan

Bentuknya yang seperti sebuah maki sushi dengan ukuran besar, membuat gimbap sering disebut sebagai “Korean sushi“. Gimbap banyak dijual di kios makanan di seantero kota dan terbuat dari gulungan nasi dan selembar rumput laut yang berisi kepiting, telur, daging sapi, dan wortel.

Gelato, Italia

Meski sudah banyak gerai gelato di Indonesia, tidak ada salahnya mencicipi langsung keotentikan es krim lembut ini saat mengunjungi Italia. Rasa pistachio dan stracciatella kerap menjadi pilihan para turis.

Jerk Chicken, Jamaika

Paduan berbagai rempah khas Afrika dan Asia seperti daun thyme, cengkeh, pala, dan daun bawang membuat cita rasa ayam panggang ini semakin istimewa. Rasa pedas yang ganas pada hidangan ini datang dari scotch bonnet atau cabai Karibia yang mampu membuat bibir dan perut terasa panas.

Churros, Spanyol

Kudapan yang belakangan populer di Indonesia merupakan adonan tepung sederhana yang dibentuk memanjang dan digoreng hingga renyah. Rasa churros yang manis biasa dipadukan dengan gula kayu manis cair atau cokelat panas kental sebagai celupan.

Simit, Turki

Meski identik dengan kebab sebagai jajanan kaki lima wajib, Turki memiliki kudapan lain yang tak lengkap rasanya bila dilewatkan, yakni simit. Roti berbentuk melingkar seperti cincin dengan taburan wijen di atasnya ini kerap disajikan sebagai kudapan saat minum teh. Teksturnya yang kering dan renyah membuat simit seringkali disandingkan dengan bagel dan pretzel.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup