Mengenal Jenis Paes Pengantin dan Rekomendasi MUA

Paes Penganten - MUA

Indonesia dianugrahi dengan beragam budaya dan tradisi yang menjadi identitas anak bangsa. Salah satu jenis kekayaan tradisi di nusantara adalah paes penganten yang berbeda-beda pada tiap daerahnya. Yep, pernikahan tentu saja menjadi salah satu moment paling berharga dalam hidup Anda bukan? Pastinya tampil sempurna adalah keinginan terbesar Ladies pada hari nan sakral tersebut.

Meskipun saat ini kebanyakan wanita tidak mau ribet dan memilih make up internasional, namun riasan make up tradisional dengan sentuhan paes masih belum dapat tergantikan. Apalagi kalau Ladies berasal dari keluarga yang memegang kuat tradisi dan kebudayaan dari tempat asal Anda. Lalu apa saja jenis Paes Pengantin yang banyak dipilih oleh para calon mempelai wanita? Mari kita simak selengkapnya!

Yogya Paes Ageng

Paes khas Yogya ini identik dengan bentuknya yang runcing yang ditambahi dengan payet-payet emas (prada) yang dipasang mengikuti alur paes. Make up yang wajib dipakai oleh putri keraton dan keturunannya pada saat menikah ini akan membuat wajah Ladies akan semakin cantik dan elegan.

Paes Penganten - MUA
Sumber gambar

Kalau Ladies berencana untuk menggunakan Yogya Paes Ageng, rekomendasi Banananina adalah Ibu Tienuk Rifki yang sudah tersohor dengan kemampuan make up-nya. Bahkan Kepiawaian Ibu Tienuk Rifki dipercaya untuk merias putri Sultan Hamengkubuwono IX pada hari pernikahannya.

Paes Solo Basahan

Selain Yogya Paes Agung, Ladies juga harus tahu Paes Solo Basahan. Meski sama-sama paes, untuk Solo Basahan, paes yang digunakan tidak berwarna hitam seperti pada umumnya. Paes warna kehijauan adalah paes yang dipakai untuk riasan pengantin khas Solo ini.

Paes Penganten - MUA
Sumber gambar

Cantiknya riasan pengantin dari Solo ini bisa kamu lihat pada saat pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran dan Selvi Ananda. Sang MUA, Conny Supriyanto berhasil membuat Selvi terlihat mangling dan sangat cantik pada acara sakral tersebut.

Paes Makassar

Tak hanya dari Jawa, Makassar ternyata juga punya paes cantik yang harus Anda tahu. Dengan bentuk dua lengkungan di dua sisi yang runcing, paes ini biasanya disebut juga riasan Dadasa. Kedua lengkungan tersebut menggambarkan sebuah siluet dari bunga teratai yang dipercaya sebagai bunga suci dan kaya manfaat. Tak hanya bentuknya yang indah, siluet ini juga dibuat untuk membentuk wajah pengantin sehingga lebih ideal. Misalnya menutupi garis tumbuhnya rambut yang tidak simetris.

Paes Penganten - MUA
Sumber gambar

Untuk Ladies yang berencana menggunakan adat Makassar, Banananina merekomendasikan Adi Adrian sebagai MUA yang cocok untuk mengkombinasikan Dadasa dengan riasan make up yang sempurna. Pria yang sering kali menjadi andalan selebriti Indonesia untuk tampil cantik ini terkenal dengan hasil riasannya yang flawless, dan tentunya akan membuat mempelai wanita tampil sangat cantik ketika menggunakan adat Makassar.

Bali

Pulau Dewata ternyata juga punya riasan Paes lho, Ladies! Paes dari Bali memiliki keunikannya sendiri. Lengkungan yang indah dan berkelok dari pelipis kanan ke kening lalu ke pelipis kiri jadi kekhasannya. Tanpa terlalu banyak ornamen, paes pengantin ini membuat pengantin Bali tampil memukau pada hari pernikahannya.

Paes Penganten - MUA
Sumber gambar

Bingung menentukan siapa MUA yang paling tepat jika Anda berniat menggunakan adat Bali? Kami merekomendasikan Fitri Liza, putri Ibu Liza pemilik Sanggar Liza yang sudah dikenal oleh banyak orang karena kemampuan meriasnya yang tidak kalah dari kemampuan sang Ibunda. Signature look dari  Fitri adalah eye make up yang sangat menonjol. Pas untuk Anda yang berencana menggunakan paes Bali. So, which one you like the most Ladies?

Sumber gambar

 

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup