Label Sepatu Mewah Jimmy Choo Diakuisisi Michael Kors Senilai $1.2 Milyar

Michael Kors Holdings secara resmi mengakuisisi label sepatu mewah Jimmy Choo senilai 896 juta poundsterling atau setara dengan $1,2 milyar pada Selasa, 25 Juli 2017 lalu. Ini merupakan langkah awal bagi Michael Kors Holding dalam meningkatkan pertumbuhannya untuk membangun international luxury group yang lebih besar lagi. Mengingat perusahaan tersebut sebelumnya telah mengumumkan akan menutup 125 store-nya di seluruh dunia.

Sesuai dengan berita yang telah beredar bahwa Michael Kors tengah mengalami penurunan penjualan. Di wilayah Amerika Utara, pengunjung mall mulai menurun secara tajam. Michael Kors yang dahulu pernah menjadi “accessible luxury market”, kini perlahan mulai ditinggalkan.

Sementara itu, Jimmy Choo sebelumnya telah mendapat banyak perhatian dari para public figure dunia. Diantaranya seperti Princess Diana dan Sarah Jessica Parker, aktris yang terkenal lewat perannya dalam “Sex and the City“. Dengan diakuisisinya Jimmy Choo oleh Michael Kors diharapkan dapat memberikan jalan bagi Michael Kors untuk meningkatkan pertumbuhan penjualannya.

John D. Idol, Chairman and Chief Executive Officer at Michael Kors Holdings menyatakan, “Mengakuisisi Jimmy Choo merupakan strategi awal yang baik untuk membangun luxury group karena benar-benar fokus pada international fashion brands.”

Dalam hal ini, Idol berusaha menargetkan untuk mengakuisisi lebih banyak lagi, terutama berfokus pada perusahaan mewah yang “lead in style and trend” tetapi juga memiliki skala dan ukuran serta beberapa warisan.

Meskipun Michael Kors dan Jimmy Choo adalah idola dalam setiap red-carpet, namun keduanya memikili segmen yang berbeda.

Sejak dulu, Michael Kors dikenal sebagai brand mewah namun memiliki harga yang kompetitif dan terdapat di banyak outlet maupun department store, ditambah lagi dengan diskon yang menarik. Misalnya, dompet kulit dijual $70 dan handbags seharga $95. Sedangkan, Jimmy Choo memiliki harga yang lebih tinggi. Open-toe slip-on sandals dijual dengan harga $425, stiletto bertahtakan kristal dijual dengan harga $3,000. Brand ini tidak hanya menggiring customer yang berbeda, tetapi juga keuntungan dari kelas atas.

Kesepakatan untuk mengakuisisi Jimmy Choo terjadi setelah Coach secara resmi mengakuisisi Kate Spade, brand handbag dan accessories asal Amerika, dengan harapan kombinasi dari kedua brand mewah tersebut dapat membantu peningkatan penjualan.

Michael Kors berterima kasih pada founder-nya karena telah membawa brand ini muncul sebanyak 10 season pada pertujukan televisi “Project Runaway“. Pendekatannya melalui fashion dan fokus pada ide bahwa setiap perempuan ingin terlihat “cantik dan kaya”. Selama satu tahun, Michael Kors menikmati lonjakan pendapatan karena customers menyukai aksesori glitterati-inspired dengan harga yang terjangkau. Namun sayang, Michael Kors mengalami penurunan sejak tahun 2011. Di tahun 2017, brand ini harus kehilangan seperlima sahamnya.

Jonathan Buxton, Head of Consumer and Retail di Cavendish Corporate Finance, sebuah perusahaan Hukum mengatakan, “Michael Kors telah mengambil peluang untuk masuk ke high end of the luxury market, untuk meningkatkan penjualan dan melakukan diversifikasi dari yang lain, khususnya ketika sedang mengalami penurunan penjualan di store yang sama.”

Jimmy Choo didirikan tahun 1996 oleh Tamara Mellon, seorang British Vogue Magazine Accessories Editor bersama Jimmy Choo, seorang Fashion Designer Malaysia yang menetap di United Kingdom. Keindahan produk Jimmy Choo sangat cepat menarik perhatian kalangan atas dan terkenal, seperti Michelle Obama yang beberapa kali terlihat menggunakan sepatu dari Jimmy Choo.

Choo meninggalkan perusahaan di tahun 2001 dan Mellon menjual sahamnya di tahun 2011 setelah mengalami dampak tidak menyenangkan dari sesama anggota pemegang saham terkait bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Selama bertahun-tahun, Jimmy Choo dipegang oleh berbagai perusahaan swasta sebelum menjadi brand sepatu mewah yang pertama masuk ke dalam public market di tahun 2014.

Jimmy Choo diumumkan untuk segera dijual pada bulan April karena JAB Holding mulai mengurangi kepemilikannya. Mayoritas pemegang saham JAB Holding adalah keluarga Reimann, seorang milyuner asal Jerman. Di bulan Maret sudah diumumkan pendapatan tahunan beserta keuntungannya.

Setelah diakusisi oleh Michael Kors, Jimmy Choo akan kembali dilanjutkan oleh tim manajemennya saat ini termasuk Chief Executive, Pierre Denis, Sandra Choi, dan keponakan Choo yang mengambil alih creative leadership setelah ditinggal oleh Mellon. Saat ini, Jimmy Choo telah memiliki 150 store secara global dan di beberapa department store terkenal di dunia.

Michael Kors juga mengatakan pihaknya akan mengembangkan store Jimmy Choo yang baru. Selain itu, akan dikembangkannya Jimmy Choo secara online. Idol juga mengatakan, Michael Kors ingin meningkatkan penjualan Jimmy Choo sebanyak $1 milyar per tahun.

Michael Kors beberapa bulan terakhir ini telah menggenjot bisnisnya di ranah sosial media. Michael Kors juga mensponsori iklan Instagram dan memiliki 10,3 juta pengikut di platform berbagi gambar. Sedangkan Jimmy Choo juga mempromosikan penawarannya di media sosial dengan 6,8 juta pengikut Instagram. Jimmy Choo akan menerima sekitar $3 untuk setiap saham yang dimiliki. JAB Holding pun telah menyetujui pengambilalihan tersebut.

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup