Perayaan Imlek Laura Basuki, Artis Cantik Keturunan Vietnam

laura basuki

Sebagai negara yang sebagian penduduknya berketurunan Tionghoa, tahun baru Imlek merupakan salah satu hari besar yang diperingati di Indonesia. Laura Basuki, pemeran Vina dalam film Di Timur Matahari, juga merupakan salah satu dari mereka yang ikut merayakan tahun baru Imlek.

Sama seperti perayaan Imlek pada umumnya, tahun baru Imlek selalu dimanfaatkan oleh Laura dan keluarga dengan berkumpul, makan bersama dan tidak lupa bagi-bagi angpao. Namun, darah Vietnam yang didapatkan dari sang Ibu memberikan ciri khas tersendiri pada perayaan Imlek yang Laura selalu lakukan, mulai dari makanan hingga fashion style.

Berbeda dengan Chinese food yang dominan menggunakan bakmi, makanan khas Vietnam cenderung lebih banyak menggunakan sayuran, seperti pho atau beef noodle soup, salad mangga dang berbagai olahan dari sayuran. Tidak ketinggalan kue keranjang juga ikut disajikan sebagai salah satu ciri khas dalam perayaan Imlek keluarga Laura.

Tidak hanya dari segi makanan saja, cara berpakaian orang Vietnam di tahun baru Imlek pun memiliki ciri khas tersendiri. Secara garis besar, pakaian tradisional yang biasa disebut cheongsam ini tidak jauh beda dari cheongsam pada umumnya. Kesamaannya sendiri terletak pada penggunaan model kancing di bagian kerah serta penggunaan motif di bagian bajunya. Namun, biasanya cheongsam khas Vietnam tidak berbentuk dress, melainkan atasan panjang yang kemudian dipadukan kembali dengan loose pants sehingga memberi kesan yang lebih kasual dari pada cheongsam biasanya.

Laura sendiri mengaku tidak mengikuti tradisi yang terlalu kental. Seperti dalam berpakaian, Laura lebih senang menyesuaikan dengan tempat perayaannya. Karena acara makan bersama keluarga lebih sering diadakan di resto khas Tiongkok, Laura biasanya memilih untuk menggunakan pakaian yang lebih kasual dan bukan dress. Namun, dia tetap memasukkan unsur-unsur tradisionalnya dengan menggunakan pakaian yang berkerah tinggi atau yang memiliki kancing Cina. Warna merah yang menjadi ciri khas dari Imlek pun tidak dijadikan sebagai keharusan. “Beberapa orang percaya kalau perayaan Imlek harus pakai merah, tapi kalau di keluarga aku tidak harus menggunakan merah, yang penting warnanya cerah dan bukan warna yang sedih atau gelap,” jelas Laura Basuki.

Yang menarik lagi dari tradisi Imlek khas Vietnam adalah kepercayaannya. Menurut Laura, orang Vietnam percaya bahwa hari Imlek harus selalu diawali dengan hal yang baik supaya sepanjang tahun tersebut akan mengalami hal-hal yang baik pula. Tidak memakan buah yang berduri agar sepanjang tahun tersebut dapat dilalui dengan mulus dan lancar adalah satu dari sekian banyak yang menjadi kepercayaan dalam kultur Vietnam.

laura basuki

Lalu, apa saja ya hal yang harus dipersiapkan Laura Basuki mendekati perayaan Imlek?

Memakai baju baru merupakan salah satu tradisi dalam perayaan Imlek. Jadi, tentunya belanja menjadi suatu keharusan yang Laura masukkan ke dalam to-do list-nya. Selain itu, Laura juga harus mempersiapkan angpao untuk para ponakannya.

Simak perbincangan seru lainnya dengan Laura Basuki, mulai dari kemeriahan Imlek hingga  bisnis online-nya yang unik dan menarik, disini!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup