Maria Harfanti, Miss Indonesia dengan Semangat Sosial yang Tinggi

Do everything with passion, persistence, and sincerity.

Nama Maria Harfanti sontak menjadi perbincangan hangat setelah berhasil membanggakan Indonesia di panggung Miss World 2015. Terlahir sebagai gadis yang tomboy, menjadi seorang Miss Indonesia apalagi dengan memperoleh posisi sebagai 2nd Runner Up Miss World 2015 sekaligus Miss Asia 2015 bukanlah salah satu tujuan hidup seorang Maria Harfanti. Namun, setelah mendapat banyak dorongan dan dukungan dari keluarga serta teman-teman terdekatnya, wanita yang lahir di Yogyakarta, 20 Januari 1992 ini kemudian memutuskan untuk mengikuti kontes kecantikan Miss Indonesia di tahun 2015. Menjadi Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti sadar bahwa dengan prestasinya tersebut, Maria bisa memberikan dampak yang lebih besar untuk menciptakan perubahan yang lebih baik di lingkungan masyarakat Indonesia sehingga minatnya yang besar terhadap isu-isu sosial pun dijadikan sebagai tujuan utamanya.

maria harfanti

Beberapa pekan lalu tim BANANANINA akhirnya berkesempatan berbincang-bincang langsung bersama Maria Harfanti di Artotel Jakarta. Ia mengaku menjadi seseorang yang masuk dalam posisi tiga besar di ajang Miss World 2015 bukanlah hal yang mudah. Bersama dengan ratusan kontestan lainnya yang berasal dari berbagai negara, Maria harus melewati masa karantina selama kurang lebih sebulan di Sanya, Tiongkok. Ketatnya persaingan dalam ajang tetap dilakukan dengan cara yang adil. Tanpa menutup kemungkinan adanya banyak tekanan dari dalam dirinya sendiri ataupun dari luar.  Meskipun demikian, Maria tetap lihai dan dapat menyiasati setiap tekanan yang muncul tenggelam dalam dirinya. Setiap tekanan itu datang, ia selalu mengingat pesan orangtuanya, “You have to do everything with your heart. If you put your heart into something, it will work and you will be successful in doing it”. Maria percaya bahwa segala sesuatu pasti akan berhasil jika dilakukan dengan keseriusan dan dedikasi yang tinggi. Hal inilah yang juga menuntun Maria menjadi Miss Indonesia dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di ranah internasional sebagai 2nd Runner Up Miss World 2015 yang juga merupakan posisi tertinggi dalam sejarah Indonesia.

Hebatnya lagi, ternyata Maria Harfanti masih memiliki segudang prestasi lainnya di kontes Miss World 2015 lho! Selain menjadi 2nd Runner Up Miss World 2015, Maria ternyata juga lolos ke dalam kategori Top 7 Interview, Top 13 Talent, Top 15 Multimedia, Top 10 World’s Fashion Designer Award, Top 25 People’s Choice, dan salah satu yang paling membanggakan adalah terpilihnya Maria Harfanti sebagai juara tunggal salah satu kategori Fast Track, yaitu Beauty with a Purpose dengan proyek pembangunan fasilitas sanitasi dan air bersih di Desa Kamancing, Banten. Proyek ini sendiri merupakan hasil realisasi dari salah satu impian Maria Harfanti.

Berawal di tahun 2012, Maria berkesempatan untuk ikut serta dalam pertukaran pelajar ke Cina. Di sana, dia juga memperoleh pengalaman yang luar biasa dengan mengajar di salah satu daerah terpencil dengan tingkat sanitasi yang sangat buruk akibat tidak adanya air. Pengalaman inilah yang menginspirasi Maria untuk melakukan proyek kemanusiaan di Desa Kamancing. “Suatu hari, ketika saya memiliki support dan dana yang cukup, saya ingin memperbaiki isu ini tapi di negara saya sendiri, yaitu Indonesia,” pikir Maria saat berada di Cina. Impian ini pun akhirnya bisa terwujud setelah Maria dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2015. Tidak tanggung-tanggung, bukit terjal yang berbatu dengan jarak yang lumayan jauh tidak menyurutkan niat Maria untuk ikut terjun langsung ke lapangan bersama anggota tim lainnya, lho! Luar biasa sekali ya, semangat Maria Harfanti ini?

Saat itu, Maria dan tim juga memberikan penyuluhan hidup sehat agar masyarakat Desa Kamancing dapat memanfaatkan MCK yang sudah dibangun dengan baik serta mengerti cara untuk merawatnya. Upaya ini diharapkan dapat mengubah lifestyle masyarakat serta membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang terjadi akibat tingkat sanitasi yang buruk, seperti diare, penyakit kulit, dan lainnya.

Kegiatan sosial yang dilakukan Maria tidak berhenti di situ saja. Seusai masa jabatannya sebagai Miss Indonesia, Maria masih sering turut serta dalam acara-acara sosial lainnya baik di Indonesia ataupun di luar Indonesia. “Saya akan bergabung dengan Smile Train Indonesia, yaitu penyedia operasi bibir sumbing gratis di seluruh dunia,” jelas Maria Harfanti. Sebelumnya, Maria sendiri sudah pernah bekerja sama dengan Smile Train dalam proyek operasi bibir sumbing di Kenya. Wanita yang sekarang terdaftar sebagai mahasiswi magister manajemen di Universitas Indonesia ini juga masih memiliki cita-cita yang belum terwujud, yaitu membangun yayasan atau gerakan sosial sendiri. “It’s my purpose in life. Saya ingin menjadi orang yang berguna untuk orang lain.”

Menurut Maria Harfanti, yang terpenting dalam hidup, khususnya wanita, adalah bukan untuk menjadi lebih cantik atau lebih pintar, tapi dengan memikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk orang sekitar. Maria juga percaya bahwa semua orang bisa membuat dunia ini menjadi lebih baik meskipun hanya dengan melakukan hal-hal yang kecil. “If you do it with your heart, it can make a bigger impact,” ujar Maria. Setuju, ladies?

Tidak hanya pintar dan memiliki segudang prestasi, wanita yang mahir bermain piano ini juga dianugerahi dengan paras cantik khas Indonesia. Ditambah lagi, setelah memperoleh gelar sebagai Miss Indonesia, tampilan yang elegan dan feminin pun sudah menjadi suatu ciri khas yang melekat pada Maria Harfanti. Maria sendiri mengaku bahwa dia bukan tipe wanita yang suka dengan tampilan yang terlalu berlebihan. Di atas panggung Miss Indonesia dan Miss World, kamu mungkin melihat Maria memakai balutan kain berbentuk gaun panjang yang penuh dengan manik-manik yang berkilau. Namun, untuk kesehariannya sendiri, ternyata Maria lebih senang dengan gaya-gaya yang lebih sederhana tapi tetap elegan, yaitu dengan memakai baju yang simple seperti casual dress tanpa menggunakan terlalu banyak aksesoris. Tas dan sepatu dengan warna netral juga menjadi salah satu favorit item seorang Maria Harfanti karena warnanya yang mudah untuk dipadukan dengan warna apapun. Selain itu, untuk tetap berpenampilan menarik, bagi Maria tren bukanlah suatu hal yang wajib untuk diikuti. Apa yang bagus dan cocok untuk dikenakan lah yang menjadi kunci utama.

Nah, terlihat sekali kan kalau Maria adalah salah satu wanita yang memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi untuk memajukan masyarakat di Indonesia, atau bahkan di luar Indonesia. Seperti yang dikatakan Maria, semua orang memiliki perannya masing-masing untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. Oleh karena itu, yuk kita ikuti langkah sosial Maria Harfanti! Kita bisa mengawalinya dari hal yang kecil terlebih dahulu, seperti mulai peduli dengan orang-orang atau lingkungan di sekitar kita. Oke, ladies? Tetap semangat, ya!

Jangan lupa simak video interview-nya, di sini!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup