Mengatur Keuangan Setelah Mudik

Idul Fitri menjadi momen istimewa yang pasti sudah kamu tunggu-tunggu bukan Ladies? Saat kamu mempersiapkan Hari Raya ini, tentu saja membutuhkan budget lebih seiring dengan banyaknya keperluan selama bulan Ramadhan dan pada saat hari Lebaran. Mulai dari anggaran mudik, anggaran belanja keperluan Idul Fitri hingga anggaran untuk salam tempel.

Mengatur Keuangan Setelah Mudik

Biasanya kita akan menggampangkan dalam membuat rincian anggaran karena adanya bonus uang hari raya yang jumlahnya cukup besar. Namun, terkadang kamu lupa kalau pengeluaran yang berlebihan akan mengacaukan keuangan bulanan lho, Ladies! Lalu bagaimana cara agar kita kamu bisa merencanakan pengeluaran selama Hari Raya terutama untuk mudik ke kampung halaman dengan bijaksana?

Melalui artikel ini tim redaksi Banananina akan membagikan beberapa tips dalam mengatur keuangan setelah mudik. Yuk simak selengkapnya di bawah ini Ladies!

Merapikan cash flow bulanan

Tahun ini, Lebaran jatuh pada tanggal 25 Juni, bersamaan dengan tanggal gajian. Biasanya perusahaan tempat kamu bekerja akan memberikan gaji kamu beberapa hari sebelum tanggal 25. Hal ini bisa menjadi kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya, kamu tidak perlu takut kekurangan uang saat akan pulang ke kampung halaman. Tetapi kabar buruknya kalau kamu tidak hati-hati dalam menggunakan uang, bisa jadi gaji sebulan akan amblas dalam beberapa hari.

Mengatur Keuangan Setelah Mudik

Ini yang harus kamu siapkan. Sebelum menerima gaji, mari susun lagi rencana pengeluaran bulanan untuk bulan depan. Mungkin sebaiknya kamu sebisa mungkin menggunakan uang THR untuk kebutuhan mudikmu. Mulai dari membeli tiket pulang pergi, biaya selama perjalanan dan membayar kebutuhan selama di kampung halaman. Hal ini akan mempermudah kamu agar tidak kehabisan uang pada bulan selanjutnya.

Prioritaskan kebutuhan utama sebelum mudik

Saat menerima gaji bulan ini, pastikan hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar semua tagihan-tagihan rutin kamu. Misalnya seperti membayar sewa rumah, listrik dan air, tagihan kartu kredit dan sebagainya.

Mengatur Keuangan Setelah Mudik

Hal ini harus kamu lakukan karena jika uang yang seharusnya dialokasikan pada tagihan rutin terpakai, mau tak mau akan menambah hutang kamu. Jangan lupa Ladies, selain membayar semua tagihan rutin, kamu juga harus menyiapkan budget untuk makan dan kebutuhan sehari-hari setelah mudik dan kembali ke ibukota ya!

Batasi pengeluaran harian

Cara mengatur keuangan setelah mudik selanjutnya cukup berat. Jika kamu sudah terlanjur over-budget setelah mudik, hal yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan keuangan kamu adalah dengan membatasi pengeluaran harian. Pangkas kebutuhan-kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti hang out di hari kerja, makan di restoran mahal dan juga menghabiskan akhir pekan dengan window shopping.

Mengatur keuangan setelah mudik

Pemangkasan pengeluaran juga dapat berasal dari biaya transportasi. Kalau Ladies biasanya menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian, cobalah untuk menggunakan transportasi umum yang dapat menekan biaya BBM dan parkir. Meski terasa berat di awalnya, namun mengetatkan pengeluaran ini akan membuat keuangan kamu tetap stabil hingga akhir bulan.

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup