Mengenal Berbagai Makanan Jepang Populer

Salah satu hal yang paling populer dan unggul dari Jepang adalah makanannya. Saat ini, siapapun bisa menikmati kelezatan makanan Jepang di manapun mereka berada. Saking populernya, banyak restoran Jepang, yang menyediakan beragam jenis hidangan favorit mulai dari sushi, ramen, hingga minuman seperti green tea.

Berbicara tentang kuliner, Jepang memiliki beberapa kesamaan dengan Indonesia, terutama dalam hal bahan makanan yang populer dan makanan pokok. Dari sekian banyak menu masakan Jepang yang pernah kamu cicipi, kira-kira makanan Jepang apa saja ya yang telah mendunia? Yuk, kita simak satu per satu sebelum mencicipi kenikmatannya.

Sushi

makanan jepang sushi

Seperti halnya Indonesia, Jepang merupakan negara kepulauan dengan perairan yang cukup luas. Luasnya perairan memicu masyarakat Jepang, mengkonsumsi beragam jenis makanan yang berasal dari laut. Terutama seafood.

Selain seafood, makanan pokok orang Jepang adalah nasi. Ketika dua hal tersebut digabungkan, lahirlah sushi yang kini telah menjadi favorit banyak pecinta kuliner di seluruh dunia. Bahan utama sushi adalah nasi dan seafood seperti ikan-ikanan, kepiting, udang, dan olahan rumput laut. Meski kita bisa menikmati sushi kapan saja, ternyata di Jepang sushi hanya dinikmati saat perayaan-perayaan khusus.

Tofu

makanan jepang tofu

Berbeda dengan tahu produksi Indonesia yang biasa kita makan. Tahu Jepang memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan cenderung tidak padat.

Di Jepang, makanan olahan kedelai ini merupakan bahan makanan yang sangat penting bagi para vegetarian, terutama bagi mereka yang menganut agama Buddha. Karena itu, tahu Jepang adalah sumber protein yang kaya dan dapat menggantikan daging. Orang Jepang menikmati tahu di masakan seperti sup atau ramen atau digoreng sebagai makanan ringan.

Ramen

ramen jepang

Awalnya, mie yang digunakan untuk membuat ramen diimpor dari negara tetangga Jepang, yaitu Tiongkok. Namun, berbagai kreasi dan resep ramen yang diciptakan orang Jepanglah yang membuat makanan ini sangat populer di negara tersebut dan saat ini di seluruh dunia.

Di Jepang sendiri, ramen termasuk makanan yang tergolong murah dan kerap menjadi pilihan para mahasiswa ataupun backpacker saat berkunjung ke sana. Kurang lebih seperti mie instan versi Jepang. Namun di negara-negara lain, termasuk di Indonesia, banyak restoran yang menawarkan menu ramen dengan harga sedang hingga tinggi. Kreasi resep untuk ramen tidak terbatas; mie tersebut bisa dinikmati dengan apapun mulai dari daging, telur, tahu, hingga sayuran.

Soba

makanan jepang soba

Mie soba terbuat dari tepung gandum hitam dan memiliki bentuk panjang yang agak tebal. Berbeda dengan ramen, mie yang satu ini bisa disajikan sebagai makanan panas ataupun dingin. Biasanya, soba dingin dinikmati dengan saus khusus berbahan dasar soya.

Orang Jepang mengenal berbagai jenis soba, termasuk yakisoba, chukasoba, dan Toshikoshi Soba yang dimakan khusus saat malam tahun baru. Soba sudah lama populer di kalangan turis yang datang ke Jepang karena banyak tempat wisata yang menawarkan aktivitas membuat mie soba sendiri.

Green Tea

green tea jepang matcha

Tidak hanya makanan, minuman yang populer di Jepang pun banyak yang telah menjadi tren kuliner dunia. Salah satunya adalah green tea. Di Jepang, green tea adalah jenis teh paling populer, dan sering disajikan pada saat upacara-upacara minum teh.

Salah satu olahan green tea ala Jepang yang saat ini sangat populer adalah matcha atau green tea yang telah diolah menjadi bentuk bubuk. Matcha dibuat dengan menumbuk halus daun teh yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Saat ini, kita bisa menemukan varian green tea dalam berbagai makanan seperti martabak, snack, kue, dan lainnya.

Takoyaki

makanan jepang takoyaki

Takoyaki adalah snack asal Jepang yang berbentuk bulat. Berbahan dasar tepung gandum, takoyaki bisa diisi dengan berbagai bahan makanan. Awalnya, orang Jepang paling sering membuat dan memakan takoyaki berisi gurita, tempura, jahe, dan bawang.

Saat ini, banyak penjual takoyaki yang telah mengkreasikan resep aslinya dengan menambah pilihan isi seperti ayam, ikan, keju, sosis, dan lainnya. Takoyaki dinikmati dengan saus khusus takoyaki dan mayonnaise. Biasanya, takoyaki dijual sebagai makanan kaki lima dan dijajakan di pinggir jalan.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup