Mengenal Lebih Dekat Olahraga Golf

Olahraga golf adalah kegiatan yang bisa dibilang mewah.  Mulai dari perlengkapan dan sarana seperti lapangan rumput, stik golf, dan lain-lain memang tidak bisa dibilang terjangkau segala kalangan.  Namun banyak yang menggemari olahraga bergengsi ini.  Di Indonesia, terdapat beberapa lapangan golf terkenal seperti Royale Jakarta Golf Club, Pondok Indah Padang Golf, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik memulai belajar olahraga golf, ada baiknya mengenal olahraga golf lebih dekat.  Seperti apa permainan golf itu?

Asal Usul Golf

mengenal olahraga golf

Konon olahraga golf dimainkan sejak tahun 1297 di Belanda.  Saat itu, bola golf masih berbentuk bola kulit dan memakai tongkat kayu sebagai pemukul.  Ketika mulai booming di Belanda, barulah Skotlandia mengadopsi olahraga ini hingga akhirnya mendunia.

Namun 500 tahun sebelumnya, ternyata Cina memiliki permainan serupa.  Sejak zaman dinasti Tang, para kaisar dan bangsawan memainkan permainan ini.  Terdapat 10 jenis tongkat pemukul yang diberi nama cuanbang, pubang, dan shaobang.

Perkembangan Padang Golf

Dulu, olahraga golf belum memiliki 18 lubang hingga seperti saat ini.  Mulanya, seorang pecinta golf asal Skotlandia bernama St. Andrews membuat parit dan lahan dengan kontur bergelombang.  Tekstur pada bergelombang ini yang membuat para pemain harus lihai memutar otak agar bisa memasukkan bola ke dalam lubang.  Saat itu, St. Andrews hanya membuat 11 lubang agar setiap pemain bisa menyelesaikan semua putaran hingga kembali lagi ke lubang pertama.

Aturan Bermain Golf

mengenal olahraga golf

Aturan bermain pun mengalami perubahan yang cukup banyak. Saat ini, olahraga golf yang dikenal adalah olahraga yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang.  Pukulan pertama dimulai dari teeing ground, dinamakan sebagai teeing shot. Setelah pukulan pertama, pemain akan memukul bola sesuai posisi bola terakhir.

Ada dua jenis area dimana bola bisa mendarat, disebut sebagai fairway dan rough. Rumput di fairway dipotong pendek agar memudahkan pemain memukul, sementara di rough rumput jauh lebih panjang. Pemain harus terus memukul hingga bola masuk ke hole atau cup.

Mengenal Par

Hole diklasifikasikan berdasarkan par. Par adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf yang bermain ‘aman’, di setiap hole. Dalam golf suatu hole bisa digolongkan ke dalam par 3, par 4, atau par 5.  Par suatu hole biasanya ditentukan berdasarkan jarak dari teeing ground ke green. Jarak teeing ground ke green pada suatu hole ber-par 3 adalah antara 100-250 yard (91-244 meter). Hole ber-par 4 adalah 251-475 yard (225-434 meter), sementara hole ber-par 5 lebih dari 476 yard (435 meter) walaupun ada juga hole par 5 yang sejauh 600 yard (548 meter).

Ronde Permainan Golf

mengenal olahraga golf

Satu ronde biasanya terdiri atas 18 lubang. Dalam golf ada dua jenis permainan: stroke play dan match play. Pukulan pertama dipukul dari teeing ground kecuali pada permainan yang disebut foursomes (dua tim yang terdiri dari dua orang berkompetisi). Anggota dari setiap tim memukul bergantian dengan menggunakan satu bola.

Pukulan-pukulan selanjutnya dipukul dari posisi bola terakhir mendarat. Pukulan pertama dari teeing ground disebut tee shot. Pukulan untuk mencapai green disebut approach. Selanjutnya pukulan di green untuk menggulirkan bola ke lubang disebut putting. Bila pemain berhasil memasukkan bola ke lubang tidak dari green, maka pukulan itu disebut chip-in.

Dalam golf yang diincar adalah jumlah pukulan sesedikit mungkin. Pemain harus memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan yang sedikit. Makin sedikit makin baik.

Skor

Skor dalam golf berbeda dengan skor dalam permainan lain. Pemain menang bila mendapat skor yang sedikit (bahkan hingga minus). Berbeda dalam sepak bola atau bola basket yang menentukan grup dengan skor terbanyak sebagai pemenang.  Istilah papan skor adalah double-eagle, eagle, birdie, par, bogey, double bogey, dan triple bogey. Hole in one adalah momen ketika memasukkan bola dari teeing ground ke hole dalam satu pukulan.

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

She is a beauty blogger and also freelance writer. She has interest in cruelty free cosmetics, books, and healthy food. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup