5 Pola Makan Sehat Yang Bisa Diterapkan Setelah Hari Raya

Tak terasa Lebaran tahun ini sudah kita lalui! Kumpul dengan keluarga, makan ketupat dan opor ayam, serta menghabiskan kue-kue Lebaran adalah agenda yang selalu berulang setiap tahun. Karena sudah menjadi tradisi, maka sulit untuk tidak mengikuti hal ini. Setiap kali silaturahmi kepada kerabat atau tetangga, kita akan selalu berbagai macam makanan. Alhasil, kita pun jadi makan berlebih.

Padahal rencana diet selama bulan puasa sudah cukup berhasil. Berat badan turun sesuai keinginan, tetapi bisa jadi berat badan kembali melambung tepat setelah momen Lebaran. Jika kamu berencana untuk menjaga angka di timbangan, atau memiliki penyakit tertentu yang menyebabkan rawan terjadi sesuatu jika naik berat badan, ada baiknya jika kamu memperhatikan pola makan. Yuk, perbaiki pola makan menjadi lebih sehat!

1. Buat Target Masuk Akal

pola makan sehat setelah lebaran

Jika kamu sedang dalam program penurunan berat badan, akan sangat sulit untuk mengontrol kalori pada saat hari raya dibandingkan hari biasa. Makan saat hari raya biasanya tinggi lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk sementara, kamu pun mengesampingkan program penurunan berat badan.

Tentu di  momen tersebut, kamu akan sulit menolak tawaran dari tuan rumah untuk makan makanan yang telah disediakan. Apalagi sudah menjadi kebiasaan untuk menerima tawaran makan. Namun bukan berarti kamu mengesampingkan diet sepenuhnya. Tetap perhatikan porsinya, jangan makan sampai terlalu kenyang.

2. Jangan Lapar Mata

pola makan sehat setelah lebaran

Persediaan makanan saat hari raya cenderung berlimpah, kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan dengan mudah. Hal ini bisa menyebabkan kamu lapar mata dan ingin makan berbagai jenis makanan dengan porsi yang lebih dari biasanya. Kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama teman dan saudara.

3. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Menerapkan sunah Rasul itu tidak hanya untuk kepentingan ketaatan terhadap agama. Namun ini penting juga untuk kesehatan. Salah satu alasan mengapa kita cenderung makan berlebihan saat acara tertentu khususnya hari raya adalah karena kita biasanya mengabaikan rasa kenyang. Ini menyebabkan kamu tidak menanggapi sinyal kenyang yang diberikan oleh otak. Kamu kemudian cenderung makan berlebihan melebihi jumlah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Sebelum makan, cobalah untuk mengisi piring dengan makanan yang benar-benar ingin dikonsumsi dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Makanlah dengan perlahan. Ketika selesai, jauhkan piring kosong dari hadapan untuk mencegah diri mengambil makanan lagi. Kunyah permen karet mint bebas gula dan minum segelas air, ini dapat mencegah kamu mengalami lapar palsu.

4. Penuhi Piring dengan Sayur

pola makan sehat setelah lebaran

Ketika mengambil makanan, penuhi dulu piring dengan sayuran. Sayur dapat membantu kamu cepat kenyang dengan kandungan seratnya yang tinggi. Pilihlah jenis sayur yang tidak bersantan. Tetapi jika tidak ada, kamu bisa tetap mengonsumsi sayuran bersantan hanya saja kurangi jumlah kuah santan yang kamu konsumsi. Santan secara alami tidak mengandung kolesterol, tetapi kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi.

5. Hindari Bagian Daging yang Berlemak

pola makan sehat setelah lebaran

Makanan yang biasa dihidangkan biasanya berupa olahan berbagai jenis daging, baik daging sapi, kambing, maupun daging ayam. Daging, terutama daging merah, cenderung tinggi akan lemak jenuh. Meskipun konsumsi daging tidak sepenuhnya dilarang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati lemak yang terdapat dalam masakan daging.

Misalnya, jika ingin makan ayam, kamu bisa memilih bagian dada dibanding paha atau sayap, karena bagian dada cenderung lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu saat memakan ayam, sebisa mungkin hindari memakan bagian kulitnya karena lemak yang dimilki unggas biasanya tersimpan di kulitnya.

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

She is a beauty blogger and also freelance writer. She has interest in cruelty free cosmetics, books, and healthy food. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup