Produk Kecantikan yang Wajib Dimiliki Wanita Berhijab

Dibanding awal tahun 1990-an dulu, jumlah wanita Indonesia yang berhijab kini bertambah banyak. Diawali oleh tren yang dibawa Hana Tajima dan Dian Pelangi membuat hijab menjadi booming di tanah air.

Sebagai negara yang mayoritas muslim, tentu wajar jika perkembangan ini berjalan semakin pesat seiring bergesernya label masyarakat terhadap wanita berhijab. Yup, kini hijab dihargai dengan sangat baik, sehingga banyak wanita tak sungkan lagi memakai jilbab, hijab atau burka. Namun di balik itu semua, wanita hijabers tentu perlu perawatan ekstra untuk tetap menjaga dirinya. Seperti apa produk kecantikan untuk wanita berhijab?

Shampoo

Wanita berhijab memiliki permasalahan tersendiri. Karena rambutnya selalu dalam keadaan tertutup ketika beraktivitas di luar, ini mempengaruhi terhadap kondisi rambut. Misal saja rambut lepek hingga rambut rontok. Agar terhindar dari kondisi-kondisi tidak diinginkan, wanita berhijab harus rajin memerhatikan perawatan rambut. Jika diatasi dengan perawatan yang tepat, maka wanita berhijab pun bisa memiliki rambut sehat, indah, dan berkilau.

Caranya adalah dengan memberi waktu rambut agar bisa bernapas saat di rumah, misal tidak mengikat rambut. Selalu keringkan rambut terlebih dulu dengan hairdryer atau handuk lembut sebelum memakai hijab. Pilih shampoo, kondisioner, hingga hair tonic berbahan alami yang bisa membantu memberikan nutrisi ekstra pada rambut wanita berhijab.

Saat ini, ada beragam jenis shampoo yang tersedia di pasaran. Mulai dari shampoo powder, dry shampoo, liquid dry shampoo, clear liquid shampoo, liquid creame atau lotion shampoo, solid creame shampoo, aerosol shampoo, oil shampoo, dan medicated shampoo. Tentunya dari masing-masing shampoo memiliki karakteristik yang berbeda beda. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan, terutama bagi kamu yang berhijab, Ladies. Carilah shampoo yang berasal dari bahan-bahan alami dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Sunscreen 

Suncreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, tak terkecuali bagi kamu wanita berhijab. Sunscreen atau yang dikenal sebagai tabir surya adalah lotion yang bermanfaat untuk menyaring sinar matahari. Sunscreen menjadi salah satu produk yang wajib dimiliki karena mampu menyerap ke dalam kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Meskipun kamu menggunakan hijab, tetap wajib menggunakan sunscreen agar kulit pada bagian tangan maupun wajah tetap dapat terlindungi dari sinar matahari. Untuk wanita yang tinggal di negara tropis, sangat mungkin kulitnya menjadi belang karena ada beberapa bagian yang tidak tertutup oleh pakaian atau jilbab.

Untuk mengatasinya, selalu gunakan sunscreen sebelum pergi keluar. Sunscreen tidak hanya membantu untuk mencegah kulit terkena sinar ultraviolet, tetapi juga membantu agar warna kulit tidak berubah gelap. Pilih sunscreen sesuai dengan warna kulitmu. Untuk kulit terang bisa menggunakan sunscreen SPF 30 yang mengandung titanium dioxide atau zinc dioxide. Untuk kulit sawo matang, gunakan sunscreen SPF 15-20 yang mengandung retin-A. Untuk kulit gelap, gunakan sunscreen dengan formula oil free. Kulit gelap dan sedang cenderung lebih berminyak sehingga perlu pengolesan ulang SPF.

Serum

Salah satu cara untuk membuat warna kulit tidak belang adalah pemakaian skincare yang rutin dan tepat.  Salah satunya, mulailah berinvestasi dengan serum! Tidak ada yang salah dengan memakai serum meski usiamu masih 20-an.

Jika ingin memakai serum yang bisa membantu kulit wajah merata, pakailah serum yang mengandung vitamin C. Memiliki kandungan antioksidan kuat, vitamin C mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, serum vitamin C dapat mengurangi flek hitam, memicu pembentukan kolagen kulit, meningkatkan efektivitas tabir surya terhadap sinar UV, serta mencerahkan dan memutihkan kulit.

Oil Cleanser dan Water Cleanser

Terkadang jerawat juga bisa timbul akibat berhijab. Ya, jerawat yang muncul biasanya meliputi daerah yang bersentuhan dengan jilbab, juga batas terluar antara kulit dan rambut, seperti dahi, pelipis, dan area bawah telinga. Ada beragam alasan kenapa bisa muncul, misalkan masih ada sisa deterjen dalam jilbab, memilih jenis kain jilbab yang salah, kondisi rambut, dan lain-lain.

Agar terhindar dari jerawat, kamu bisa memulainya dengan menjaga kebersihan kepala Jangan kenakan inner hijab yang sama berhari-hari. Hindari pengaplikasian makeup ke area kulit yang bersentuhan dengan hijab, karena menyebabkan sumbatan pada kulit. Pastikan selalu memakai double cleansing method saat mencuci muka setelah beraktivitas, baik saat mengenakan make up maupun tidak. Mencuci muka sampai bersih setelah membuka hijab juga bisa membantu mencegah jerawat.

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

She is a beauty blogger and also freelance writer. She has interest in cruelty free cosmetics, books, and healthy food. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup