All You Need To Know About: Balenciaga

christobal-balenciaga
Christobal Balenciaga

Balenciaga merupakan salah satu well-known luxury brand dari Perancis. Meski demikian, sang jenius di belakangnya, Cristóbal Balenciaga, adalah seorang Spanyol. Sebagai seorang desainer, Balenciaga telah mendapatkan banyak apresiasi personal dari para desainer high-end lainnya, termasuk Christian Dior dan Coco Chanel. Balenciaga dikenal dengan karya-karya ikoniknya yang kadang disamakan dengan karya seni memahat karena potongan serta bentuknya yang unik dan chic, serta mempertunjukkan bentuk tubuh pemakainya dengan sempurna. Dirinya menguasai desain dari hampir seluruh fashion item, termasuk dress, coat, rok, bahkan aksesoris.

History

Pada awal karirnya sebagai seorang fashion designer, Balenciaga membuka butik pertamanya pada tahun 1919 di Spanyol. Sayangnya, tak lama setelah itu Spanyol terlibat perang saudara yang mengharuskan dirinya untuk menutup toko-toko di Spanyol dan pindah ke Paris. Namun kepindahan tersebut ternyata membawa rejeki tersendiri bagi Balenciaga, karena dalam waktu singkat ia kembali mendapatkan kesuksesan setelah melakukan fashion show pertamanya yang terinspirasi dari Spanish Renaissance yang sedang bergejolak di negara asalnya.

balenciaga dress

Bahkan, kali ini, reputasinya yang luar biasa terdengar hingga ke berbagai penjuru dunia lainnya. Konon pada masa Perang Dunia II, tak sedikit pelanggan yang rela meninggalkan rumah mereka, mengorbankan keamanan demi melihat dan mendapatkan langsung produk-produk Balenciaga. Setelah perang, Balenciaga semakin dikenal dan diminati, terutama setelah mengeluarkan karya-karya yang jauh lebih ikonik dan kreatif. Melalui karya-karya fashionnya, Balenciaga seolah membuktikan bahwa dirinya sangat memahami hubungan para perempuan dengan baju mereka, dan menghasilkan item-item berpotongan sempurna untuk perempuan.

Ciri Khas dan Karya-Karya Ikonik

balenciaga

Sejak awal karirnya, sudah terlihat bahwa Balenciaga memiliki kemampuan khusus dalam mendesain pakaian berpotongan sleek dan berkarakter. Pada tahun 1950an, dirinya kerap bermain dengan efek siluet dari karya-karyanya, menjadikan para perempuan yang memakai desainnya terlihat lebih langsing dan memiliki pundak lebih lebar. Pada saat itu, efek tersebut sangat diminati oleh para perempuan, terutama mereka dari kalangan elit. Balenciaga adalah desainer yang mempopulerkan rok balon dan baby doll dress pada masa itu, dua fashion item yang masih sangat populer hingga sekarang.

Menjelang tahun 1960an, Balenciaga semakin menguasai permainan siluet pada pakaian perempuan, dengan efek langsing yang lebih sempurna. Dirinya terus berkreasi dengan Empire line dan dress serta rok berpinggang tinggi atau high-waisted yang membuat tubuh terlihat lebih langsing dan kaki lebih jenjang. Selain itu, dirinya juga berkreasi dengan outerwear berpotongan lurus seperti kimono, yang juga membuat perempuan terlihat lebih ramping karena menyamarkan bentuk tubuhnya.

Pada tahun 1960an juga dirinya mulai bereksperimen dalam menggunakan bahan-bahan atau material dalam membuat fashion item, termasuk kain-kain tebal yang bertekstur dan bordiran. Material yang berstruktur tersebut membuat potongan bajunya semakin advanced dan elegan. Perkembangan ini menarik minat banyak orang, terutama para kaum bangsawan bahkan first lady seperti Jackie Kennedy dan Ratu Fabiola dari Belgia.

balenciaga-bag

Jika Christobal Balenciaga sangat terkenal dengan desain bajunya sejak dulu kala, maka berbeda dengan kisah tentang BBag, atau Balenciaga Bag. BBag baru populer di tahun 90an saat Nicholas Ghesquire menjadi Creative Director. Saat Ghesquire masih menjadi desainer dan mengajukan ide Motorcycle Bag, tas tersebut ditolak oleh manajemen Balenciaga karena dinilai terlalu lembut, ringan dan kurang memiliki struktur. Namun Ghesquire meyakinkan manajemen Balenciaga untuk memakai prototype tas tersebut dalam fashion show sebagai tentengan para model. Tidak disangka, kekurangan BBag yang dikhawatirkan oleh manajemen Balenciaga justru menjadikan tas ini populer. Salah satu model yang memperagakan BBag, Kate Moss, jatuh cinta terhadap tas tersebut dan memakainya dalam berbagai acara. Hal itulah yang menjadi awal dari demam Motorcycle Bag di berbagai belahan dunia.

Motorcycle Bag berkembang dengan berbagai ukuran dan series hingga kini. Salah satu yang paling populer adalah City. Banananina beberapa kali menyediakan BBag, walaupun tidak sold out dalam hitungan hari, tapi BBag selalu menjadi pusat perhatian para fashionista. Jika kamu ingin mendapatkan BBag dengan harga lebih terjangkau, jangan ragu untuk mencari preloved di toko yang khusus menyediakan preloved branded bag, salah satunya adalah Preloved by Banananina. Barang preloved hasil kurasi Banananina tersebut akan dipamerkan dalam acara Soft Launching of Preloved by Banananina yang akan berlansung tanggal 22 Maret nanti, jadi segera lakukan reservasi supaya tidak kalah cepat dari fashionista lainnya untuk mendapatkan BBag favoritmu.

Impressive Clients

first lady jackie o balenciaga

Saat masih menetap dan berkarya di Spanyol, fashion item kreasi Balenciaga telah diminati dan menjadi pilihan bagi para anggota Kerajaan Spanyol, termasuk para putri dan bangsawan. Sejak awal, karyanya memang sangat berkelas dan elegan. Pada masa itu, public figure yang paling dianggap tinggi adalah keluarga kerajaan dan bangsawan, sehingga pencapaian tersebut merupakan suatu prestasi yang luar biasa. Setelah pindah ke Perancis, public figure lain seperti Pauline de Rothschild dan Gloria Guinness turut menikmati karya-karya gemilangnya. Selain bagi klien, Balenciaga juga banyak berkontribusi bagi para calon desainer baru pada masa itu, seperti Oscar de la Renta dan Hubert de Givenchy yang kemudian juga menjadi nama besar di dunia fashion.

Balenciaga-Bag

Tak hanya fashion, Balenciaga Bag juga menjadi item favorit para selebriti dan sosialita Hollywood. Mulai dari City sampai Weekender, BBag series dapat dipakai di berbagai occasion baik casual sampai party.

Balenciaga Kini

balenciaga 2017

Saat ini, Balenciaga merupakan bagian dari grup Kering, yaitu perusahaan multinasional di Perancis yang memegang banyak fashion brand lain seperti Gucci, Bottega Veneta dan Alexander McQueen. Cédric Charbit ditunjuk sebagai CEO Balenciaga, didampingi oleh Demna Gvasalia sebagai Creative Director. Masih mempertahankan ciri khasnya, karya Balenciaga kini kerap memunculkan fashion item yang memiliki potongan berkarakter serta memberi efek siluet yang apik. Tak hanya fashion item wanita, Balenciaga juga telah merambah ke industri menswear. Kamu juga bisa mendapatkan Balenciaga disiniLadies!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup