Tips Untuk Berbelanja Barang Preloved

Berbelanja second-hand fashion item atau preloved bukan berarti pelit atau nggak modal. Justru, berbelanja barang preloved adalah salah satu alternatif yang smart dan kreatif untuk mendapatkan lebih banyak branded fashion item yang berkualitas. Selain itu, dengan uang terbatas, kita masih bisa mendapatkan barang berkelas.

Salah satu studi di tahun 2015 menunjukkan bahwa sekarang ini, fashionista yang berbelanja secara rutin lebih terbuka untuk memilih membeli second-hand fashion item ketimbang para perempuan 5 tahun yang lalu. Artinya, saat ini barang-barang preloved bukan lagi menjadi sekadar cara mengirit dalam berbelanja, melainkan telah menjadi suatu lifestyle yang dipilih para fashionista.

second-hand fashion item

Ada banyak keuntungan berbelanja preloved item. Selain harga yang tentu lebih murah, tanpa disengaja kamu juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan cara membeli barang yang sudah ada ketimbang menggunakan material baru. Jika kamu cukup jeli dan beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan preloved item yang belum pernah dipakai oleh pembeli pertamanya, sehingga hampir sama saja dengan membeli barang baru!

Tips Berbelanja Second-hand Fashion Item

second-hand fashion item

Sebelum mencoba berbelanja barang-barang preloved, pastikan kamu memahami seluk-beluk dunia preloved agar dapat memaksimalkan pengalaman berbelanjamu untuk sesuatu yang benar-benar worth-it. Berikut tips yang dapat membantumu hunting barang-barang preloved terbaik dan berkualitas.

Periksa kelengkapan dan kondisi barang

second-hand fashion item

Jika kamu berbelanja melalui toko atau butik fashion, biasanya mereka akan mengecek kelengkapan dan kondisi barang sebelum menerima fashion item yang dijual oleh pemilik sebelumnya, sehingga kamu tidak perlu terlalu kuatir mendapat barang yang tidak layak. Kalau kamu tertarik untuk membeli barang preloved ada baiknya untuk mengecek Preloved by Banananina, salah satu penyedia preloved yang tidak perlu kamu ragukan lagi kualitasnya. Banananina melakukan kurasi terhadap barang-barang preloved selebritis dan sosialita yang sudah melewati serangkaian proses pemeriksaan, termasuk kelengkapan dan kondisi barang preloved.

Namun, jika kamu membeli langsung dari pemilik sebelumnya atau melalui toko yang tidak memiliki spesialisasi di bidang fashion, kamu harus mengeluarkan usaha ekstra untuk memastikan barang tersebut dijual dalam kondisi bagus. Cek kelengkapan kancingnya, tes fungsi resleting yang ada, dan carilah jika ada bagian yang sobek atau memiliki noda yang tidak bisa dihilangkan.

Gerak cepat

second-hand fashion item

Jika kamu jeli dan bergerak cepat, kamu bisa mendapatkan harta terpendam di tumpukan preloved fashion item. Tapi, pastikan kamu tidak didahului oleh peminat lain. Karena itu, penting untuk mengetahui jadwal stok barang di toko atau butik yang menjual barang preloved, kemudian segera datang dan tentukan pilihanmu sebelum diambil orang lain. Hal ini penting karena kemungkinan besar hanya akan ada satu stok untuk setiap barang, dan jika kamu berlama-lama sangat mungkin barang tersebut jatuh ke tangan fashionista lain.

Pada tanggal 22 Maret nanti, Banananina akan mengadakan Soft Launching of Preloved by Banananina. Event ini merupakan private preview bagi loyal customer Banananina untuk dapat melihat dan memiliki Preloved by Banananina sebelum koleksi ini dipasarkan secara umum melalui website Banananina. Supaya bisa mendapatkan barang preloved terbaik, segera lakukan RSVP dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang barang yang akan dipamerkan di event tersebut sehingga saat sampai di tempat acara kamu sudah tahu barang apa yang akan kamu beli dan tidak keduluan oleh fashionista lainnya.

Bersihkan sebelum digunakan

second-hand fashion item 4

Barang apapun yang kamu beli harus segera dibersihkan dengan seksama. Jangan tunda melakukannya dan membiarkan barang tersebut tergeletak sembarangan di rumah sebelum dibersihkan. Meski kelihatan bagus dan bersih, kita tidak tahu apakah ada bakteri atau kuman yang tak terlihat langsung oleh mata namun bisa menyebabkan akibat negatif bagi kulit. Biasanya, toko yang khusus menjual barang preloved sudah membersihkan barang-barang yang mereka jual, tapi pastikan kamu membersihkannya kembali di rumah untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan seperti misalnya kerusakan pada kulit, handle atau sol.

Pilih fashion item yang timeless

second-hand fashion item

Memang fashion trend bergerak pada sebuah siklus yang akan selalu kembali dan berulang. Apa yang menjadi tren beberapa tahun lalu akan kembali menjadi tren di tahun ini ataupun tahun mendatang. Tapi, ada fashion item tertentu yang bisa saja kehilangan charm setelah sekian lama, entah dari segi material, potongan, atau modelnya. Pastikan kamu mengutamakan preloved item yang timeless seperti handbag minimalis atau pointy shoes yang cenderung terlihat trendi di season apapun dan mudah dipadukan dengan fashion item lain. Meski kamu menginginkan fashion item bernilai vintage, pastikan kamu memilih barang yang bisa kamu pakai dan padukan dengan isi lemarimu.

Preloved by Banananina telah mengumpulkan beberapa barang preloved selebritis dan sosialita tanah air yang memiliki timeless shape dari brand-brand Eropa terpilih sehingga dapat kamu pakai di berbagai occasion. Ikuti perkembangan informasi mengenai Preloved by Banananina melalui newsletter maupun sosial media Banananina.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup