Tips Efektif Mempersiapkan Dana Liburan

Salah satu cara agar lebih fresh saat menghadapi hectic-nya rutinitas pekerjaan adalah dengan cara mengambil cuti dan berlibur. Pantai, pegunungan atau suasana perkotaan yang baru bisa jadi pilihan kamu untuk melepas penat lho Ladies! Melihat suasana baru yang tidak ada di sekitar tempat tinggal kamu tentu saja akan jadi satu pengalaman yang menyenangkan.

Tips Budgeting Liburan

Nah, setelah menentukan destinasi liburan kamu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengatur keuangan agar budget liburan nanti tidak membengkak. Hal ini penting untuk kamu persiapkan agar tabungan kamu tidak ludes hanya karena liburan. Redaksi Banananina sudah mempersiapkan beberapa tips budgeting liburan agar keuangan kamu tetap aman.

Persiapkan kebutuhan liburan kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan liburan adalah membuat  daftar pengeluaran kamu selama liburan. Mulai dari tiket pulang pergi, hotel, transportasi selama di lokasi liburan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Setelah itu buat dua kolom secara terpisah. Kolom pertama berisi daftar kebutuhan yang wajib kamu penuhi dan kolom lainnya berisi kebutuhan yang kamu inginkan.

Dari daftar anggaran yang sudah kamu buat tersebut, kamu bisa menghitung average jumlah pengeluaran kamu. Kalau kamu sedang on budget, jangan lupa untuk mencoret list kebutuhan yang tidak terlalu kamu butuhkan ya Ladies!

Bawa uang cash dan tinggalkan kartu ATM dan kartu kredit

Cara paling sederhana untuk mengontrol keuangan kamu adalah dengan membawa uang cash yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sebisa mungkin tinggalkan kartu ATM dan kartu kredit kamu di dasar koper agar kamu tidak kalap dalam berbelanja atau membeli sesuatu pada saat berlibur nanti.

Jangan sampai berhutang

Hal yang wajib kamu hindari saat akan berlibur adalah berhutang. Alasannya, hal ini akan sangat berbahaya bagi keuangan kamu. Berhutang akan membuat kamu tidak bijak dalam menggunakan saat liburan. Karena kamu merasa tidak harus bersusah payah mengumpulkan uang sehingga Ladies cenderung akan menghabiskan jumlah yang lebih banyak dari anggaran yang ditentukan.

Tips Budgeting LiburanSebaiknya, siapkan dana liburan sejak jauh-jauh jari dengan cara menabung. Meski lama untuk mengumpulkan uang, kamu akan lebih bijak dalam membelanjakan uang tersebut pada saat akan berbelanja.

Buat anggaran pasca liburan

Tips budgeting liburan selanjutnya adalah dengan membuat anggaran kebutuhan yang harus kamu lakukan pasca liburan. Selesai berlibur, kamu harus kembali ke rutinitas kamu sehari-hari dan memenuhi kebutuhan harian dan bulan.

Agar nantinya kamu tidak keteteran, sebaiknya lunasi atau sisihkan dana untuk semua tagihan kamu sebelum liburan. Hal ini akan membantu kamu agar tidak kehabisan uang pasca berlibur.

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup