Tradisi Kecantikan Indonesia Untuk Tampil Cantik Alami

Jauh sebelum munculnya produk-produk dan teknologi kecantikan modern, para perempuan di Indonesia telah berhasil mencapai penampilan yang cantik dan menawan. Tradisi kecantikan Indonesia yang dipraktikkan secara turun temurun secara tradisional telah menjadi rahasia cantiknya penampilan para putri, bangsawan, maupun rakyat biasa sejak zaman dahulu. Ritual kecantikan Indonesia ini baik dicoba bagi para perempuan modern karena khasiatnya yang sudah terbukti dan juga bahan-bahannya yang alami sehingga aman untuk jangka panjang. Apa saja tradisi kecantikan Indonesia yang patut kita coba? Berikut beberapa di antaranya.

Lulur

tradisi kecantikan indonesia lulur

Mandi lulur merupakan salah satu tradisi kecantikan Indonesia yang masih populer hingga sekarang. Banyak salon dan spa menawarkan layanan lulur dengan berbagai variasi. Ternyata, lulur sudah menjadi perawatan favorit para putri dan bangsawan sejak abad ke-17. Lulur tradisional dibuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, tepung beras, minyak dari bunga, cendana, dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut berguna untuk membunuh bakteri, membuat kulit bercahaya dan mengecilkan pori-pori, sehingga membuat kulit tampak segar, bersih, dan halus. Saat ini, sudah banyak lulur kemasan yang bisa didapatkan serta digunakan dengan mudah. Caranya cukup pakaikan lulur ke seluruh tubuh, biarkan hingga kering, dan bilas dengan air hangat.

Ratus

Konon, tradisi kecantikan ratus adalah rahasia kecantikan andalan Ken Dedes, dan membuat dirinya digilai banyak pria. Ratus merupakan perawatan organ kewanitaan dengan uap dan rempah-rempah, namun ternyata berkhasiat juga untuk membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat serta memperlancar aliran darah. Untuk organ kewanitaan sendiri, efeknya adalah mencegah keputihan dan mengharumkan organ intim tersebut hingga ke dalam. Ratus juga bisa digunakan untuk mengharumkan rambut dengan wangi yang alami dan tahan lama. Untuk melakukan perawatan ratus, diperlukan kemenyan, cendana, kenangan, dan rempah lainnya yang dikeringkan kemudian direbus air panas. Air tersebutlah yang kemudian digunakan untuk menguapi bagian tubuh atau rambut sebagaimana diinginkan, kurang lebih seperti versi tradisional dari sauna.

Mandi Susu

kecantikan mandi susu

Susu, minuman yang dikenal kaya akan protein, terbukti berkhasiat membuat kulit sehalus kulit bayi dan mempertahankan kelembabannya. Pada masa kerajaan-kerajaan di Jawa, mandi susu kerap dilakukan para putri dan bangsawan agar awet muda. Pada masa tersebut, para perempuan menggunakan susu murni dari kambing, sapi, atau domba, sehingga ritual berendam dalam susu tersebut menyisakan bau susu pada kulit. Zaman sekarang, sudah banyak sabun, bath salt atau bubble bath berbahan dasar susu, yang memiliki khasiat serupa namun memiliki aroma yang lebih sedap bagi tubuh.

Jamu

kesehatan kecantikan jamu

Minuman tradisional ini ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga berfungsi sebagai salah satu ritual kecantikan Indonesia yang telah diterapkan secara turun temurun. Selain menjaga vitalitas dan kesehatan, ramuan sehat yang dibuat dari berbagai tanaman tersebut juga berkhasiat mencerahkan kulit, mengobati jerawat, serta menghilangkan bau badan. Meski tradisi ini berawal pada para anggota kerajaan dan bangsawan, masyarakat Jawa segera mengadopsi kebiasaan minum jamu dan turut menikmati khasiatnya. Saat ini, jamu bisa didapatkan melalui penjual jamu tradisional atau dari bubuk kemasan yang tinggal diseduh dengan mudah.

Batimung

Awalnya Batimung dilakukan khusus untuk calon pengantin, namun banyak juga yang berminat untuk mencoba dan mendapatkan khasiatnya. Batimung merupakan rahasia kecantikan para perempuan asal Banjar, Kalimantan Selatan. Perawatan batimung terdiri dari beberapa tahap, yaitu melumuri tubuh dengan campuran ketan hitam, membalut tubuh dengan kain, kemudian menguapi tubuh dengan air campuran pandan, melatu, minyak serai, daun jeruk purut, dan lainnya. Tradisi kecantikan ini dapat mengharumkan seluruh tubuh dari dalam termasuk organ intim, serta menghilangkan bau badan.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup