Tren Berinvestasi dengan Tas Mewah

Bagi sebagian orang yang gemar mengoleksi luxury goods tentu paham akan manfaat dari kegiatan menyenangkan ini. Selain bisa membuat penampilan menjadi lebih fashionable, luxury goods bisa juga menjadi salah satu jenis investasi yang tepat. Tidak hanya reksadana, saham, properti, maupun emas, tas mewah pun bisa jadi salah satu investasi yang menguntungkan.

Dikenal sebagai investment pieces, tas mewah memiliki nilai yang tinggi ketika dijual di beberapa tahun kemudian. Lonjakan harganya yang drastis tentu akan sangat menggiurkan. Dikesempatan kali ini, redaksi Banananina menyoroti Hermes Birkin dan Chanel Medium Classic Flap yang diawal kemunculannya hingga saat ini memiliki peningkatan yang sangat tinggi.

Hermes Birkin

Dilansir dari Baghunter.com, Hermes Birkin tetap menjadi primadona bagi para penggemar tas mewah. Hermes Birkin mengalami kenaikan dari tahun ke tahun dengan rata-rata kenaikan mencapai 14.2%. Berbeda dari emas, indeks saham ataupun instrumen investasi lainnya, Hermes Birkin tidak pernah mengalami fluktuasi dengan nilai yang secara konsisten terus menanjak. Di tahun 2001, Hermes Birkin pernah mengalami kenaikan yang melonjak tajam hingga 25% dan dengan peningkatan minimun  di tahun 1986 sebesar 2,1%.

Periode tahun 1980 – 2015

Tipe Investasi  Rata-rata Keuntungan Per Tahun Keuntungan Tertinggi Keuntungan Terendah
Indeks Saham 11.66% nominal; 8.65 real 37.20% – 36.55%
Emas 1.9% 14.3% – 7.9%
Hermes Birkin 14.2% 25% 2.1%

Data historis memang sangat penting karena berfungsi sebagai indikator di masa yang akan datang terhadap instrumen investasi yang akan maupun telah dipilih. Tabel di atas menunjukkan bahwa Hermes Birkin memiliki fluktuasi yang positif dari tahun ke tahun.

Fun Facts about Hermes Birkin:

  1. Mengalami kenaikan harga lebih dari 500% dalam waktu 35 tahun
  2. Memiliki histori investasi yang lebih aman
  3. Memiliki jumlah produksi yang terbatas
  4. Kenaikah harga bisa meningkat dua kali lipat dalam waktu 10 tahun
  5. Hermes Birkin adalah simbol status sosial bagi para wanita
  6. Hermes Birkin hanya dijual kepada customer khusus Hermes

Berdasarkan data-data di atas, terbukti bahwa harga Hermes Birkin aman dan stabil selama 35 tahun terakhir. Tren ini akan terus berlanjut dan menguatkan bukti bahwa Hermes Birkin adalah salah satu instrumen investasi yang paling aman dan paling stabil.

Chanel Medium Classic Flap

Pertama kali dirilis pada tahun 1955, Chanel Medium Classic Flap merupakan tas tertua dan paling konsisten diantara koleksi produk Chanel lainnya. Pertama kali dijual Chanel Medium Classic Flap ini terjual dengan harga $220. Di tahun 1990, tas mewah ini terjual dengan harga $1.150. Dalam periode 45 tahun, peningkatan harga ini tergolong lambat. Meskipun demikian harganya tidak pernah jatuh.

Dari tahun 1990 dan selanjutnya, Chanel mengalami kenaikan harga yang meroket dari $1,650 di tahun 2005, $2,850 di tahun 2010, $4,400 di tahun 2012, dan $4,900 di tahun 2016. Sementara kenaikan harga dari tahun 1955 – 1990 dengan inflasi yang cukup rendah, kenaikan dari harga tas mewah ini bisa mencapai empat kali lipat dalam waktu seperempat abad.

Fun Facts about Chanel Medium Classic Flap:

  1. Mengalami kenaikan harga sejak 1955
  2. Mengalami kenaikan yang sangat cepat hingga mencapai 70% sejak tahun 2010
  3. Koleksi produk Channel lainnya juga memiliki peningkatan harga
  4. Kenaikan harganya mengungguli kenaikan inflasi rata-rata sebesar 3.70% per tahun antara tahun 1955 hingga 2015

Berdasarkan data tersebut bahwa Chanel Medium Classic Flap akan tetap menjadi tas andalan sepanjang masa sebagai investasi terbaik. Secara historis, Chanel harganya akan terus meningkat secara konsisten dan terlepas dari pengaruh luar.

Kenapa tas mewah harganya terus meningkat dan tidak pernah turun?

  1. Para pengrajin tas harus ikut pelatihan selama kurang lebih 1 tahun
  2. Pengerjaan satu unit tas memakan waktu sekitar 48 jam
  3. Pengrajin membuatnya dengan tangan, mulai dari jahitan, memotong, melipat, memangkas dan tidak dilakukan dengan mesin
  4. Pengrajin yang mulai bekerja mengerjakan lebih dari satu hari untuk menyelesaikan tas bersama-sama, sehingga tas yang diproduksi terbatas
  5. Proses yang rumit dan panjang inilah membuat tas mewah menjadi karya seni yang berharga sehingga merek tersebut sangat dihormati
  6. Terbuat dari kulit buaya asli yang berasal dari Australia dan juga kulit buaya dari Sungai Nil untuk tas Hermes
  7. Untuk mendapatkan kulit buaya tidak mudah karena kulit yang dipilih tidak boleh memiliki luka agar terlihat tidak cacat
  8. Untuk beberapa jenis, tas mewah bertahtakan berlian dan emas putih

Bergaya sekaligus meraup keuntungan

Bukan hal yang mengejutkan jika banyak sosialita menggeluti bisnis mengoleksi tas mewah. Keuntungan yang ditawarkan tidak hanya uang saja, namun mereka bisa bergaya dengan tas seharga rumah mewah. Apabila sudah bosan, bisa dijual kembali, tentunya dengan harga selangit. Apalagi jika perawatan yang dilakukan semakin baik, semakin tinggi pula harga jualnya. Semakin langka, tentu semakin berharga.

Dsaks bersama Hermes Himalayan Crocodile Birkin saat berlibur di Switzerland

Saat ini sudah banyak pihak yang secara rutin mengadakan pelelangan preloved Hermes maupun Chanel, dan merambah juga ke brand mewah lainnya seperti Dior, Gucci dan juga Louis Vuitton. Selain itu, dengan maraknya eCommerce dalam beberapa tahun terakhir ini, penjualan preloved item ini juga semakin mudah melalui beberapa marketplace maupun eCommerce. Dalam waktu dekat ini, Banananina pun tidak mau ketinggalan untuk memenuhi permintaan preloved market ini melalui Preloved by Banananina.

Junita Liesar, Indonesian Socialite

Status sebagai sosialita kelas atas

Bagi sosialita, tas mewah seperti Hermes, Prada, Chanel, dan Gucci memang wajib dimiliki. Banyak wanita yang beranggapan, seorang wanita belum bisa dikatakan tampil elegan apabila belum menggunakan tas Hermes. Namun, ternyata selain membuat wanita terlihat semakin elegan, tas mewah bisa menjadi lahan investasi yang tepat karena bisa dilelang di waktu yang tepat.

Dok. Banananina

Tas-tas mewah memang akan selalu bertahan meskipun ekonomi sedang sulit. Tentu saja menjadi investasi yang paling diminati oleh kaum hawa, terutama sosialita. Selain akan menunjukkan kelas sosial dan gaya fesyennya, tas mewah memiliki nilai investasi yang tinggi. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk berinvestasi dengan tas mewah!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup