Tren dan Transformasi Kimono

Kimono adalah busana tradisional dari Jepang yang menjadi favorit banyak fashion lover di seluruh penjuru dunia. Modelnya yang unik menjadi salah satu daya tarik kimono, tak heran kalau kemudian banyak orang yang berkunjung ke Jepang mengabadikan momen di mana mereka mengenakan kimono. Karena keunikannya itulah kali ini redaksi Banananina akan mengajak Ladies untuk mengenal lebih dekat dengan kimono dan transformasinya sebagai salah satu fashion item wajib punya.

Sejarah

Kimono awalnya terinspirasi oleh pakaian tradisional Cina yang bernama “Hanfu”. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kimono kemudian menjadi satu busana tradisional dengan model dan kekhasannya sendiri. Nah, untuk kimono modern yang kita lihat sekarang sudah mulai dikenakan sejak zaman Heian atau sekitar tahun 800 SM.

Kimono biasanya dibuat dari sutera Jepang yang di-print dengan teknik Yuzen atau teknik cetak berulang-ulang (sejenis monogram). Uniknya, baju tradisional ini tidak pernah dijual dalam keadaan sudah jadi dan siap pakai lho Ladies. Jadi kalau kamu tertarik untuk mempunyai kimono, kamu harus memesan sesuai dengan ukuran badan pemakainya dan dijahit menggunakan tangan. So cool isn’t?

Perkembangannya

Jika dulu kimono menjadi salah pakaian tradisional yang dipakai pada acara formal saja, kini kimono yang sudah mendunia ini banyak dimodifikasi menjadi beberapa jenis pakaian yang bisa dikenakan secara kasual, semi formal dan bahkan sangat formal. Penasaran kan apa saja modifikasi dari kimono yang saat ini sedang happening dan menjadi tren di dunia fashion? Yuk simak selengkapnya di bawah ini Ladies!

Atasan Kimono

Modifikasi pertama dari kimono adalah menjadi atasan. Yep, atasan dengan potongan ala baju tradisonal Jepang ini memang sudah mempunyai penggemarnya sendiri. Tips dari redaksi Banananina, padu padankan atasan kimono kesayanganmu dengan side-draped skirt yang akan membuat siluet Ladies menjadi semampai dan supertrendi!

Dress Kimono

Selain menjadi atasan, kimono juga lazim dibuat sebagai dress yang elegan dan anggun. Misalnya saja dengan memberikan sentuhan modern pada kimono Jepang berupa dress dengan ikat pinggang dan saku pada kedua sisinya. Pilihan lain adalah dengan memodifikasi kimono menjadi dress sutra panjang dengan potongan kimono nan glamour. Pilihan yang tepat untuk menghadiri undangan-undangan resmi di malam hari. Siap-siap jadi pusat perhatian yaa Ladies!

Outer Kimono

Tren outer kimono saat ini muncul sebagai tren baru untuk menggantikan model cardigan biasa. Ladies bisa menggunakan outer ini untuk acara santai hingga menghadiri undangan-undangan resmi lho! Penampilan yang fresh dengan aneka motifnya menjadi daya tarik utama outer dengan potongan ala kimono ini. Bahkan di Inggris outer dengan model ini jadi hot trend untuk musim panas, baik model sleeves ataupun long sleeves. Outer kimono adalah salah satu modifikasi kimono yang wajib kamu punya!

Wedding Dress Kimono

Tren baru muncul belakangan ini adalah modifikasi pakaian pengantin Jepang, Furisode Kimono yang dibuat menjadi gaun modern bergaya western. Jika Furisode Kimono memiliki lengan panjang, saat dibuat gaun, lengan tersebut dilipat ke bawah dan juga memutar obi ke dalam korset gaun. Unik namun tetap sama-sama cantik! Mana yang lebih kamu suka Ladies, Furisode kimono atau wedding dress kimono?

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup