5 Jenis Yoga Paling Populer Untuk Kamu Yang Pemula Ataupun Berpengalaman

Yoga adalah bagian dari agama dan kebudayaan yang telah berlangsung berabad-abad lamanya. Meski demikian, belakangan ini yoga telah menjadi salah satu lifestyle trend yang digandrungi banyak orang, mulai dari anak muda, orang dewasa, hingga orang tua. Menawarkan kesehatan fisik dan spiritual, praktik yoga kini telah mendunia dan jutaan orang melakukan berbagai jenis yoga tiap harinya untuk mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan, termasuk mengurangi stres, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu belum mencoba jenis olah tubuh yang satu ini, tenang saja, belum terlambat untuk segera melakukannya. Namun sebelum memutuskan, simak dulu jenis-jenis yoga yang populer saat ini agar dapat memilih sesuai kebutuhanmu.

Hatha Yoga

jenis yoga hatha yoga

Ini adalah jenis yoga yang populer di kalangan pemula. Pada jenis ini, kamu akan diajarkan pose-pose dasar yang lebih mudah diikuti, juga teknik pernapasan, teknik relaksasi, dan juga meditasi. Jenis yoga ini memiliki tempo yang cenderung lebih lambat karena berfokus pada pernapasan dan meditasi. Hatha yoga cocok dilakukan sepulang kerja untuk merelaksasi tubuh dan pikiran, mengurangi stres, dan memperbaiki kualitas tidur.

Vinyasa Yoga

jenis yoga populer

Selain teknik pernapasan, jenis yoga ini juga mulai berfokus pada gerakan antar-pose. Kamu akan diajarkan berbagai pose yang saling berhubungan satu dengan lainnya sehingga menciptakan sebuah flow. Gerakan-gerakan tersebut juga akan dihubungkan dengan teknik pernapasan yang sesuai untuk hasil maksimal. Vinyasa yoga bisa bervariasi dari satu instruktur dengan yang lainnya. Kamu bisa memilih instruktur yang mengajarkan meditasi atau yang lebih berfokus pada gerakan tubuh yang atletis. Vinyasa juga dapat diajarkan dalam berbagai level, dari level pemula hingga advanced. Karena pose-pose dan gerakannya, jenis yoga ini akan membantu pernapasan dan pembentukan otot-otot tubuh, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Iyengar Yoga

jenis iyenga yoga

Pada kelas Iyengar yoga, kamu akan berlatih pernapasan dan mempelajari berbagai pose yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan memperbaiki postur tubuh. Jenis yoga yang satu ini sangat minim cedera karena menggunakan berbagai properti, seperti bantal, guling, tali atau kain. Jenis gerakannya disesuaikan dengan manfaat apa saja yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya bisa meminimalisir rasa sakit saat mengalami menstruasi, merelaksasi bagian punggung dan melancarkan pernapasan.

Ashtanga Yoga

berbagai jenis yoga

Yoga jenis ini memiliki ritme yang cenderung cepat dan lebih intens. Karena itu, jenis ini sering juga disebut sebagai power yoga karena gerakannya yang cukup membutuhkan stamina. Meski demikian, gerakan-gerakan dan pose yang ada juga tetap dihubungkan dengan teknik pernapasan dan tetap memperhatikan sisi spiritual dan meditasi. Jika dilakukan dengan rutin, Ashtanga yoga akan meningkatkan kordinasi tubuh, meningkatkan kekuatan dan stamina, bahkan membantu mengurangi berat badan. Meski banyak mengandung gerakan yang cukup berat, yoga jenis ini juga tersedia bagi pemula.

Bikram Yoga

jenis bikram yoga

Mulanya, Bikram yoga berasal dari yoga Hatha tradisional. Bikram yoga terdiri dari 26 pose yang dilakukan secara berurutan dengan flow yang sudah ditentukan. Jenis yoga ini akan membuatmu berkeringat karena dilakukan di ruangan khusus dengan suhu panas dan secara sistematis memaksamu menggunakan seluruh tubuh, termasuk otot-otot, pembuluh darah, dan organ lainnya. Bikram yoga seringkali dipilih untuk menguatkan otot-otot tubuh dan membuang racun dari dalam tubuh, juga mempercepat kesembuhan cedera dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup