Rahasia Kecantikan Wanita Tiongkok

Wanita Tiongkok terkenal dengan kecantikan dan kemulusan kulitnya. Kulit mereka seolah tidak menua dengan rambut yang selalu sehat dan kuat. Dengan kulit kuning langsat, rambut panjang terurai dan muka oriental yang khas, wanita Tiongkok merupakan salah satu ikon kecantikan wanita Asia.

Ternyata para wanita Tiongkok ini memiliki rahasia kecantikan yang sudah ada turun temurun. Apa saja kiat-kiatnya? Yuk simak rahasia kecantikan wanita Tiongkok yang mungkin bisa kita coba untuk selalu tampil cantik memesona.

Akupunktur

rahasia kecantikan wanita cina

Bagi sebagian orang, akupunktur sering menjadi hal yang menakutkan. Betapa tidak? Kulit akan ditusuk-tusuk oleh jarum tipis. Namun sesungguhnya, proses akupunktur sendiri tidak begitu mengerikan seperti dugaan kita semula. Terkadang ada sensasi seperti disuntik jarum oleh dokter, tapi selebihnya kamu akan merasa relaks.

Wanita Tiongkok mengandalkan akupunktur wajah untuk merawat kulitnya. Fungsinya adalah untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Ketika sirkulasi ini berjalan lancar, maka zat-zat racun akan dikeluarkan oleh sistem tubuh. Ini ternyata membuat produksi kolagen bertambah. Selamat tinggal, wajah kusam!

Penggunaan Tanaman dan Rempah Rempah

rahasia kecantikan wanita cina

Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, kulit merupakan pertahanan pertama dalam memproteksi organ internal tubuh. Kesehatan organ internal akan tercermin lewat kulit. Inilah yang menyebabkan masih banyak wanita Tiongkok menggunakan cara alami, meski kosmetik modern kini mudah didapatkan. Tiga tanaman yang biasa dipakai adalah mawar, kaktus dan dandelion.

Mawar berkhasiat untuk meningkatkan antioksidan, produksi kolagen, mengurangi kerutan wajah, dan membuat wajah lebih cerah. Teh mawar organik atau essential oil adalah dua di antara rahasia kecantikan Tiongkok. Kaktus, meskipun berduri, ternyata memiliki antioksidan jauh lebih banyak dari vitamin C. Ini yang membuat kulit bisa menjadi lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Dandelion merupakan tanaman untuk detoksifikasi tubuh. Dandelion memiliki alkalin dengan kadar yang tinggi dan bisa menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Menjaga Nutrisi

rahasia kecantikan wanita cina

Sebuah puisi di Tiongkok menggambarkan betapa nutrisi dan diet makanan sehat dapat membantu untuk mempercantik kulit. Wortel dipercaya dapat membuat pipi berseri, bayam dapat membuat wajah lebih bercahaya, jamur bisa membuat lebih cerdas dan dandelion akan membuat napas menjadi lebih wangi.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, rekomendasi untuk menjaga kesehatan organ tubuh dan kulit adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah hingga 80%. Sedangkan makanan berupa daging dan lauk pauk sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 20%. Diet untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh dipercaya dapat membuat organ tubuh bekerja lebih baik dan mempercerah kulit.

Olahraga dan Meditasi

rahasia kecantikan wanita cina

Olahraga terkenal di Tiongkok adalah qigong, taiji dan seni bela diri lainnya sudah dikembangkan selama berabad-abad. Kini, masyarakat di seluruh dunia juga mulai mempraktekkan cara ini.

Qigong dipercaya untuk mencegah dan mengobati penyakit. Karena aman, banyak qigong bisa dipraktekkan oleh orang muda dan tua, laki-laki dan perempuan, lemah dan kuat, dengan keuntungan berupa tubuh yang sehat. Meditasi juga merupakan bagian dari qigong. Relaksasi dengan mengosongkan pikiran dan mengisi paru-paru dengan oksigen sangat bagus untuk sirkulasi darah.

Spa

rahasia kecantikan wanita cina

Spa sangat disukai oleh wanita Asia pada umumnya, khususnya wanita Tiongkok. Menghabiskan waktu untuk berendam air panas, berkeringat di sauna dan menggosok kulit untuk meluruhkan sel kulit mati ternyata merupakan kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Nah, Ladies, menjadi cantik memang tidak mudah. Tapi jika rajin merawat diri, niscaya kulitmu akan bisa bersinar seperti wanita Tiongkok.  Yuk, mulai rawat diri dari sekarang!

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup