5 Resolusi Tahun 2019 untuk Diri Anda yang Lebih Baik

Sepanjang bulan Januari ini, sudahkah Anda menentukan resolusi tahun 2019 untuk diri Anda yang lebih baik? Sudah tahun 2019 jangan lagi mengulang resolusi yang itu-itu saja. Ada berbagai resolusi baru yang cocok Anda masukkan dalam daftar goals Anda tahun ini. Bahkan resolusi tahun 2019 ini tak hanya bermanfaat untuk pengembangan diri Anda, tapi juga untuk sekitar Anda. Penasaran apa saja?

Zero-Waste Challenge

resolusi tahun 2019
Photo by Sylvie Tittel on Unsplash

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan gerakan zero waste ini. Jika tahun-tahun sebelumnya Anda masih banyak menggunakan plastik sekali pakai untuk berbelanja, sedotan plastik, bahkan sering jajan makanan atau minuman kemasan, 2019 adalah waktunya Anda mengurangi itu semua. Setelah viralnya sampah sedotan dan plastik yang melukai makhluk hidup laut, banyak orang kini mengampanyekan gerakan zero waste seperti menggunakan sedotan kaca atau berbelanja dengan reusable bag. Pun ada yang benar-benar berhenti belanja atau jajan dengan menggunakan plastik, mereka justru membawa wadah sendiri sehingga tak lagi memerlukan plastik.

Resolusi satu ini memang tidak mudah dilakukan. Namun Anda tidak perlu langsung menerapkan gaya hidup zero waste. Mulailah dari hal sederhana seperti mengganti sedotan dengan sedotan kaca atau stainless steel, serta membawa reusable bag untuk berbelanja. Atau membawa kotak makan dan tumbler sendiri supaya tidak perlu jajan dengan bungkus plastik. Setiap langkah kecil dapat berpengaruh besar untuk lingkungan.

Decluterring dan Organizing

resolusi tahun 2019
Photo by Jeff Sheldon on Unsplash

Tahun 2019 adalah waktunya membuat kamar, meja kerja, bahkan rumah Anda lebih terorganisir dan minimalis. Pernah tidak sih Anda memikirkan berapa banyak pakaian yang sudah lama tidak Anda pakai atau berapa banyak sheet mask yang belum Anda pakai padahal sudah beli dari berbulan-bulan lalu. Nah, beberapa bulan ke belakang The Minimalist dan buku The Life Changing-Magic of Tidying Up karya Marie Kondo sedang tren. Kedua gerakan ini memprakarsai gaya hidup banyak orang yang lebih simple dan rapi.

Anda bisa mulai decluterring atau memilah berdasarkan area rumah atau kamar. Mungkin Anda bisa mulai menyeleksi isi lemari pakaian atau langsung ke meja rias Anda. Anda juga bisa mulai decluterring berdasarkan jenis barang misalnya pakaian, tas, atau produk kecantikan. Setelah usai menyeleksi barang-barang Anda, kini waktunya Anda merapikan setiap area rumah atau kamar dengan lebih terorganisir untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Misalnya merapihkan meja rias dengan meletakkan skincare di laci paling atas sehingga dapat selalu Anda gunakan.

Menjaga Kesehatan Finansial

resolusi tahun 2019
Photo by rawpixel on Unsplash

Gaji boleh saja terus mengalir ke rekening Anda, tapi bagaimana jadinya apabila pengeluaran Anda justru lebih besar dari pemasukan? Alhasil Anda sama sekali tidak memiliki tabungan bahkan dana darurat sekalipun. Resolusi tahun 2019 kali ini Anda harus lebih memerhatikan kesehatan finansial. Anda bisa menggunakan jasa financial planner profesional atau belajar mengatur keuangan dari Internet. Bahkan saat ini banyak Content Creator mulai membagikan pengalaman mereka tentang financial plan yang bisa Anda jadikan pedoman sebagai pemula.

Kesehatan finasial ini tak semata-mata menjaga tabungan Anda, tapi juga untuk mempersiapkan masa depan Anda. Misalnya untuk membeli rumah, atau ada kejadian tidak terduga yang memaksa Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak. Dalam hal kesehatan finansial, ada pembagian keuangan yang seimbang mulai dari keperluan bulanan, tabungan, dan dana darurat. Tahun 2019 Anda sudah harus paham hal ini, ya!

Menjajal Skill Baru Setiap Bulan

resolusi tahun 2019
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Sudah bertahun-tahun menggeluti hal yang sama. Bagaimana jika salah satu resolusi tahun 2019 ini adalah dengan menambah skill lain di luar pekerjaan Anda? Bekerja dalam ranah dan tanggung jawab yang sama bisa menciptakan kebosanan. Menjajal hal baru bisa menjadi angin segar untuk Anda dari rutinitas setiap hari.

Tidak perlu muluk-muluk, kok. Cukup jajal saja satu skill baru setiap bulannya. Anda bisa mencoba ikut kelas merangkai bunga, workshop membuat tas, atau workshop untuk membuat blog sendiri. Selain akan menambah skill baru, Anda juga akan menambah teman, lho. Anda bisa bertemu orang-orang baru yang mungkin memiliki hobi atau hal favorit yang sama dengan Anda.

Resolusi Tahun 2019 untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

resolusi tahun 2019
Photo by Jared Rice on Unsplash

Sejak tahun 2018 kesehatan mental mulai menjadi perhatian banyak orang. Beberapa sudah mulai menyadari gejala-gejala tidak baik pada mental mereka dan memberanikan diri untuk berkonsultasi kepada profesional. Pun belakangan, kelas yoga atau meditasi mulai banyak bermunculan. Tujuannya untuk membuat Anda lebih mencintai diri sendiri dan terhindar dari depresi. Jika Anda bukan tipe orang yang senang berbagi keluh kesah dengan sahabat sekalipun, maka yoga atau meditasi bisa jadi bentuk lain untuk menenangkan diri.

Buat Anda yang tak terbiasa dengan yoga atau meditasi, Anda bisa menjajal lilin aroma atau essential oil untuk membuat Anda lebih tenang. Apalagi saat ini banyak produk lokal yang melansir produk khusus untuk meredakan stress. Ingat, setiap orang punya cara sendiri untuk mencintai dirinya. Yoga, meditasi, terapi aroma mungkin bisa Anda jajal. Tapi bukan berarti ini patokan Anda untuk bisa lebih mencintai diri.

Resolusi tahun 2019 untuk mencintai diri sendiri adalah dengan membiarkan diri Anda lebih tenang, menjadi diri sendiri, jauh dari tekanan. Jika traveling adalah salah satu caranya, maka lakukanlah. Atau apabila menyesap secangkir teh sembari membaca buku adalah cara Anda untuk lebih tenang, maka lakukanlah.

Jadi, mana di antara kelima resolusi tahun 2019 ini yang akan Anda lakukan?

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup