5 Tren Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Mari Mulai Dari Sekarang!

Tahukah kamu bahwa kita punya Hari Bumi internasional?  Gaya hidup ramah lingkungan sudah dicanangkan sejak tahun 1970.  Senator Amerikat Serikat, Gaylord Nelson yang memulai gerakan ini.  Ia adalah pengajar lingkungan hidup, membuat hari ini dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi.  Untuk mewujudkan rasa cinta kita pada lingkungan, maka mulailah tren ini untuk memulai hidup lebih baik untuk alam Indonesia lebih sehat!

Hemat Energi

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah mengurangi emisi karbon dengan hemat energi.  Misalkan dengan cara memasang bola lampu hemat energi, mematikan barang-barang elektronik yang tidak digunakan, dan menggunakan energi, misalkan energi listrik, seminimal mungkin.

Eco-house merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lingkungan hidup.  Merancang rumah agar nyaman namun ramah lingkungan juga salah satu langkah yang bisa kamu tempuh.  Gunakan panel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Pilih lampu yang hemat energi dan juga awet.

Tidak hanya bumi saja yang mengalami keuntungan, tapi lebih sehat juga untuk dompet kita, Ladies. 

Hemat Air

Cara hemat air di rumah tidak susah. Pertama, jangan biarkan air mengucur terus ketika mencuci piring.  Kita bisa menggunakan beberapa ember yang berfungsi untuk merendam, membersihkan, dan membilas.  Hindari menggunakan air yang berlebihan saat mencuci.

Air yang kita gunakan untuk mencuci baju di mesin cuci bisa ditampung.  Jika diperlukan, kita bisa menyikat kamar mandi dengan air tersebut.  Menyiram tanaman juga bisa menggunakan air ini!  Jadi, air tidak terbuang sia sia.

Saat minum, gunakan satu gelas setiap hari, untuk menghindari pencucian berulang-ulang.  Masaklah air sesuai kebutuhan.  Caranya bisa dengan memperkirakan terlebih dulu air yang dibutuhkan agar tidak terbuang percuma.

Gunakan Transportasi Umum

Asap kendaraan membawa dampak global warming dan berbahaya bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, menggunakan transportasi umum bisa jadi alternatif jika ingin berpergian, misalnya ke kantor. Penggunaan angkutan umum massal yang ramah lingkungan dapat menghemat uang yang perlu kita keluarkan untuk membeli bensin. Biaya berkendara dengan transportasi umum jauh lebih murah, sehingga ini bisa memangkas biaya transportasi sehari-hari.

Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata, apa yang kita makan berpengaruh pada lingkungan.  Kebiasaan order makanan online meningkatkan jumlah sampah!  Mulai dari sedotan, styrofoam, dan peralatan makan plastik bisa mencemari dan menyumbang emisi karbon substansial.

Akan lebih baik jika kita mulai back to nature, atau kembali ke alam.  Konsumsilah makanan lokal dan organik. Jika ada waktu, buat bekal agar bisa dimakan di sekolah, tempat kuliah, atau kantor.  Selain lebih sehat, kita juga bisa mengatur gizi sesuai dengan kebutuhan. Sampah dapur bisa dijadikan untuk membuat lubang biopori.  Selain itu juga mengurangi volume sampah perhari.

Menanam Tumbuh-Tumbuhan

 

Pengelolaan budidaya sayuran ramah lingkungan bisa dilakukan agar tidak mencemari lingkungan.  Apakah bisa dilakukan dari rumah?  Tentu saja bisa. Menanam tumbuh-tumbuhan, baik bunga bungaan, pohon-pohon berdaun hijau, hingga membuat perkebunan kecil khusus konsumsi di rumah bisa membantu menggemburkan tanah.  Ekosistem juga bisa terjaga jika kita memiliki pemahaman bahwa menanam tumbuh-tumbuhan bisa melestarikan lingkungan.

Jangan tebang pohon sembarangan tanpa mempertimbangkan efek selanjutnya.  Pepohonan adalah investasi.  Jika setiap orang menanam pohon, hidup akan meningkat secara signifikan.  Udara akan menjadi lebih bersih, dan setiap pagi kita bisa menghirup udara segar.  Tentunya, menerapkan tren ramah lingkungan nyaman juga untuk diri kita, Ladies.

Siapkah kamu memulai gaya hidup ramah lingkungan?

 

 

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup