6 Hal yang Wajib Disiapkan untuk Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan sudah tiba. Jika biasanya kita bisa berpergian dengan bebas, kita akan cenderung melihat prediksi cuaca sebelum melanjutkan aktivitas di luar rumah. Setiap tahunnya, bulan Oktober hingga Maret memang dikenal sebagai musim penghujan. Oleh karena itu, kita perlu terbiasa melihat awan mendung dan menghirup wangi tanah yang basah terkena tetesan hujan.

Di satu sisi, cuaca ini membuat udara cenderung lebih sejuk dari biasanya. Namun, jika kamu tinggal di kota besar, terutama Jakarta, musim hujan bisa mengacaukan ritme hari-harimu. Agar bisa tetap menjalankan aktivitas tanpa terganggu, ada 6 hal yang perlu kamu siapkan saat musim hujan.

Sedia Payung dan Jas Hujan

Jika kamu terbiasa menggunakan kendaraan umum seperti kereta dan busway, kamu sangat disarankan untuk membawa payung ke mana-mana. Jangan lupa juga sesuaikan outfit kamu agar tidak mudah sakit. Kenakan baju yang agak tebal serta jaket anti air. Saat ini, sudah cukup banyak jaket anti air khusus wanita yang stylish bagi kamu penyuka fashion. 

Jika kamu berkendara dengan motor, jangan pindahkan jas hujan dari bagasi motor. Meskipun kamu berkendara dengan mobil sekali pun, akan lebih baik jika menyediakan payung berukuran besar untuk berjaga-jaga. Daripada terlanjur sakit, lebih baik mencegahnya, bukan?

Bawa Boots atau Sandal Karet di Dalam Tas

Selain payung, boots atau sandal karet juga akan menjadi benda-benda berguna untuk menghadapi musim hujan. Tentunya kita tidak ingin sepatu yang bagus terkena air hujan, kan? Selain bisa membuat kantor becek, kita juga mungkin akan kesulitan saat membersihkannya. Akan lebih baik jika kita hanya mengenakan sepatu di dalam ruangan, sementara saat pergi dan pulang kantor memakai boots atau sandal karet.

Makan Makanan Sehat dan Tetap Berolahraga

Di musim hujan seperti ini, biasanya badan cenderung lebih rapuh. Pergantian dari musim kemarau ke musim hujan biasanya ditandai dengan kesehatan yang kurang baik. Maka dari itu, kamu perlu tetap menjaga keseimbangan gizi agar terpenuhi!

Di musim hujan, makan makanan yang hangat dan berkuah tentunya jadi opsi pertama.  Kamu bisa membuat sup ayam yang bisa dibekal saat ke kantor. Selain hemat, tentunya juga lebih higienis karena makanan buatan rumah. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga seperti push up, sit up, atau mencoba olahraga yang ditonton di Youtube. Bahkan di dalam ruangan puin kamu juga bisa beraktivitas mengeluarkan keringat!

Banyak Minum Air Putih

Berkaitan dengan menjaga kesehatan, kebutuhan cairan tubuh kita masih tetap sama di musim hujan. Kamu tetap harus mengonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter per hari.  Fungsinya adalah agar bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Biasakan Mencuci Tangan dan Memakai Masker

Proses penyebaran penyakit sangat cepat. Jika kamu sering berpergian dengan kendaraan umum, akan lebih baik jika kamu selalu memakai masker ke mana-mana. Biasanya, penyakit umum di musim hujan adalah flu. Kamu tidak ingin ketularan atau menularkan penyakit, bukan?

Jangan lupa juga biasakan cuci tangan sebelum melakukan aktivitas tertentu, misalkan makan. Tangan merupakan tempat persinggahan dari kuman. Daya tahan tubuh kita mungkin menurun saat pergantian musim. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah rajin mencuci tangan.

Waspada Populasi Nyamuk

Selain kebersihan diri, kamu juga wajib memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal. Biasanya, nyamuk berkembang biak dan bertelur di musim seperti ini. Mereka menyukai kelembapan sehingga sangat mungkin nyamuk berdatangan. Cara agar rumah terhindar dari nyamuk adalah dengan memasang jaring kecil di ventilasi udara. Tak lupa juga bersihkan kolam, dan jangan membuat genangan air di sekitar lingkungan. Bahkan ember kosong juga bisa jadi tempat nyamuk berkembang biak. Jadi, sebaiknya segera buang air tak terpakai sebelum dihinggapi nyamuk.

Perbaiki dan Bersihkan Saluran Air

Saluran air bisa jadi penuh dengan sampah ketika musim hujan tiba. Hal ini bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran air. Inilah yang bisa menjadi penyebab timbulnya banjir. Sebaiknya, secara rutin kita mulai membersihkan saluran air sekitar tempat tinggal agar mencegah penumpukan sampah plastik.

 

 

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup