6 Kreasi Makan Malam Natal yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Natal sebentar lagi tiba! Sebagian besar dari kita tentunya sudah bersiap-siap untuk mengisi masa libur Natal.  Tiket sengaja dipesan jauh-jauh hari agar bisa berlibur ke rumah orang tua, atau pun mungkin berpergian agak jauh untuk traveling.  Pergi kemana pun, tentunya kita bersuka cita menyambut liburan akhir tahun.

Merayakan Natal tidak melulu harus di luar rumah. Kamu juga bisa merayakannya bersama keluarga.  Suasana syahdu tentunya akan terasa makin hangat kala kita juga berusaha untuk membuat kreasi makan malam Natal untuk dicicipi bersama handai taulan.  Kenapa tidak coba pamer keahlian masakmu pada momen Natal tahun ini? Kamu bisa intip 6 kreasi menu mudah yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Eggnog

Rasanya Natal kurang lengkap tanpa keberadaan eggnog.  Menu ini merupakan menu favorit yang rasanya manis.  Biasanya eggnog terbuat dari susu, krim, gula, telur putih yang sudah dikocok, dan kuning telur yang memberikan tekstur unik serta menjadi alasan mengapa minuman ini disebut eggnog. Apabila kamu ingin menambahkan sedikit alkohol agar tubuh terasa hangat di musim hujan, kamu bisa menambahkan brandy, rum, whisky, atau bourbon. Ditambahkan bubuk kayu manis pun rasanya akan jadi sedap!

Prime Rib Roast

Menu tradisional lainnya yang bisa kamu buat bersama dengan orang tua, mertua, atau suami adalah rib toast. Ya, belum lengkap rasanya jika kamu tidak menyajikan iga sapi panggang. Kamu bisa membuatnya secara sederhana, yaitu memberikan tambahan bumbu garam dan merica. Jika kamu membeli daging berkualits tinggi, memang tidak perlu banyak tambahan bumbu untuk mengolah menu.

Tapi, menambahkan bumbu seperti barbeque, bawang putih, dan lain-lain yang bisa menambah cita rasa iga sapi panggang juga boleh!

Gingerbread Man

Sambil menunggu waktunya beribadah ke gereja, kenapa tidak mulai saja membuat kue jahe bersama keponakan?

Cara membuatnya cukup mudah. Saat ini sudah banyak cetakan khusus kue jahe berbentuk orang-orangan. Buat adonan kue jahe, lalu tuangkan ke dalam cetakan. Setelah dipanggang, tambahkan icing atau variasi coklat untuk menghiasnya.

Ayam Rica Rica Manado

Jika kamu bosan dengan menu ala Barat, kamu bisa mencoba menu ala Indonesia! Ayam rica rica merupakan menu wajib yang biasanya ada di setiap hari Natal di kalangan masyarakat Manado. Ayam ini biasa disajikan dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goreng dan mentimun. Karena sudah tersebar di seluruh Indonesia, maka hidangan ini pas untuk dibuat saat Natal. Rasanya yang pedas selalu dinantikan kehadirannya di meja makan!

Klaapertart Masih dari Manado, jangan lupa juga membuat makanan penutup khas satu ini, klaapertart! Makanan ini terinspirasi dari hidangan asli negara Belanda.  Kemudian, oleh orang Indonesia dikreasikan dengan membuatnya dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Kue ini cocok untuk dijadikan teman saat berkumpul dengan keluarga.

Kue Poporcis

Tahukah kamu bahwa di Ambon kue satu ini selalu tersedia di meja makan pada saat Natal di pagi hari?  Ya, kue poporcis biasanya menjadi teman makan saat sarapan.  Nama lain dari kue ini adalah poffertjes. Namun, jika poffertjes terbuat dari tepung buckwheat, maka poporcis khas Ambon terbuat dari labu kuning. Poffertjes bisa dimasak tanpa ragi, namun rasanya akan jauh lebih nendang lagi jika memakai ragi.

 

 

 

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup