7 Cara Menabung Agar Bisa Liburan di Akhir Tahun

Kesibukan yang padat tentu membuat kita ingin sesekali merasakan kelonggaran: yaitu liburan.  Akhir tahun tentunya merupakan waktu yang paling cocok untuk menghabiskan liburan, baik sendirian, bersama sahabat, atau keluarga.

Tidak terasa, libur Natal dan Tahun Baru sudah dekat.  Tentunya pada momen seperti ini kita sudah merencanakan untuk bepergian ke tempat yang ingin kita tuju untuk liburan.  Nah, agar rencana liburan ini bisa terlaksana, ada 7 hal yang bisa kamu lakukan nih, ladies:

Menyusun Budget

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, durasi waktu, lokasi, tempat wisata, dan penginapan, kamu perlu menyusun target budget yang dibutuhkan. Buatlah rincian budget tersebut mulai dari kebutuhan beli tiket pulang pergi hingga hal kecil seperti membeli oleh-oleh.

Usahakan agar tidak melebihi target atau total budget liburan yang sudah kamu tentukan.  Hal ini tentunya untuk menghindari kemungkinan defisit uang selama liburan.  Jangan sampai memaksakan diri untuk memenuhi impian liburan kamu ya, ladies.

Memilih Transportasi dan Akomodasi Terjangkau

Agar rencana liburanmu tercapai, salah satu cara menghemat adalah pandai memilih transportasi dan akomodasi yang masuk budget. Maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah berburu tiket murah.  Selalu ada momen seperti cashback atau diskon di waktu-waktu tertentu yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat anggaran.

Selain itu, kamu juga tidak perlu takut kehabisan tiket karena sudah memesadari jauh-jauh hari. Promo tiket dan hotel secara bersamaan (bundling) juga sudah banyak tersedia. Manfaatkan ini agar bisa mendapatkan harga murah!

Menabung Sedikit demi Sedikit

Salah satu cara menabung yang baik adalah dengan berhemat.  Jika selama ini kamu lebih suka naik mobil, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk naik angkutan umum ke kantor. Selain lebih terjangkau, angkutan umum juga bisa menjadi cara untuk menghemat biaya transportasi.  Sebagian bisa kamu sisihkan untuk menabung.

Mengurangi Biaya Hidup Sehari-hari

Kamu suka ngemil atau makan di luar?  Suka nongkrong?  Sudah waktunya dikurangi! Agar isi kantong tidak terkuras, maka salah satu langkah penghematan adalah dengan mengurangi biaya hidup sehari-hari.  Jika biasa makan di kantin kantor, kafe, atau bahkan mall, kamu bisa memilih alternatif lain.  Misal, membeli makan di warung yang harganya murah namun higienis.  Atau kamu bisa memasak sendiri di rumah.

Jika suka nongkrong, kamu bisa mengganti area berkumpul dengan teman di rumah. Destinasinya bisa di rumah sendiri atau bersilaturahmi ke rumah teman.

Suka belanja online?  Stop transfer menggunakan internet banking! Kemudahan bertransaksi ini tentunya menggoda, terlebih jika banyak diskon berseliweran.  Sebaiknya uninstall aplikasi internet banking agar tidak membeli benda yang sebetulnya tidak begitu kita perlukan.

Membuka Usaha Bisnis

Bagaimana jika saat ini target budget belum terpenuhi?  Tenang saja, kamu bisa menabung, kok! Jika ingin cepat terkumpul, bisa juga lho sekalian membuka usaha.  Tidak perlu terlalu besar, menjadi reseller pun cukup.  Hasil penjualan ini sebagian bisa disisihkan sebagai biaya liburan.

Melakukan Investasi

Apa kamu lebih suka mengambil sedikit risiko?  Kamu bisa melakukan investasi. Bisa dengan cara menyimpan uang di reksadana atau saham. Jika ingin mencoba reksadana, dengan biaya minimal Rp 100.000 sudah bisa punya rekening khusus reksadana.  Jika ingin menghasilkan keuntungan lebih banyak, kamu bisa menyisihkan sebagian besar dana untuk liburan akhir tahun di sini.

Bisa juga dengan cara investasi di usaha milik seseorang yang kamu percaya.  Dalam jangka waktu tertentu, hasilnya tentu bisa kamu nikmati jika hasil yang dituai sesuai dengan keinginan.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah mencari pekerjaan sampingan.  Ini gampang-gampang susah, tetapi kamu bisa menanyakan ini pada kerabat atau teman-teman. Usahakan agar pekerjaan ini tidak mengganggu pekerjaan utamamu.  Jika berhasil terkumpul, tentu uangnya bisa digunakan untuk ditabung.

Jadi, sudahkah kamu merencanakan liburanmu dengan cermat, ladies?

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup