7 Fakta Sejarah Kemerdekaan Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

17 Agustus 1945 adalah saat paling bersejarah bagi bangsa, yaitu hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Hari yang patut kita rayakan bersama karena itulah tandanya bahwa kita sudah tidak lagi dijajah.  Namun, ternyata di balik peristiwa proklamasi kemerdekaan, terdapat fakta-fakta unik  yang belum pernah kita dengar sebelumnya.  Spesial di Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berikut adalah 7 fakta yang wajib kamu ketahui tentang kemerdekaan Indonesia!

Dihampiri Tentara Jepang Setelah Proklamasi

Sumber: tiket.comKetika peristiwa pembacaan proklamasi sudah dilakukan, pengibaran bendera merah putih sudah dilaksanakan, kabarnya Bung Karno didatangi langsung oleh opsir Jepang.  Ada sekitar 3 hingga 5 orang yang menghampirinya kala itu. Kabarnya, para opsir yang menghampiri melarangnya membaca naskah proklamasi.  Namun pengawal Bung karno segera menghadang untuk mengamankan situasi, membuat para opsir terpaksa pergi.

Dokumentasi Proklamasi Hampir Disita

Sumber: tiket.com

Tahukah kamu, ternyata prosesi proklamasi hampir saja tidak pernah ada dokumentasinya!  Frans Mendoer adalah penyelamat dokumentasi foto dan video bersejarah ketika proklamasi dikumandangkan.  Frans sempat diminta oleh tentara Jepang untuk menyerahkan bukti dokumentasi.  Namun Frans mengatakan bahwa ia tidak memilikinya sama sekali.  Ternyata, sebelum itu ia sudah menyembunyikannya dengan mengubur negatif film di sebuah pohon kantor berita Harian Asia Raja.

Suara Proklamasi Bung Karno Bukan Suara Asli

Setiap perayaan 17 Agustus, kita selalu mendengar suara naskah proklamasi dibacakan.  Ternyata suara itu bukan suara asli Bung Karno saat membacakan teks proklamasi pertama kali.

Grup band Bangkutaman saat berkunung ke Studio Lokananta menunjukkan bahwa suara itu adalah suara rekaman ulang di tahun 1951, yang kemudian dikirim ke Lokananta pada tahun 1959.  Tidak ada dokumentasi resmi ketika pembacaan teks proklamasi tahun 1945 diberlangsungkan.

Proklamator Hampir Lebih dari 2 Orang

Sumber: zenrooms.comBung Hatta sempat mengusulkan bahwa semua yang hadir dalam rapat perumusan naskah proklamasi ikut serta menandatangani teks proklamasi.  Namun Sukarni menolak usulan tersebut.  Menurutnya, bila jumlah proklamator akan menjadi lebi dari dua orang jika usulan itu disetujui.

Naskah Proklamasi yang Hilang

Proses pembacaan proklamasi tentunya membutuhkan teks. Ternyata naskah asli proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat hilang.  Akhirnya teks itu ditemukan di tong sampah ole wartawan bernama BM Diah.  Naskah ini kemudian disalin dan diserahkan ke Presiden Soeaharto pada tahun 1992.

Naskah Proklamasi Versi Lain

Sumber: tiket.comSelama ini kita mengenal teks proklamasi yang ditandatangani oleh Soekarno-Hatta.  Namun ternyata itu bukanlah teks proklamasi yang pertama.

Kabarnya, Sutan Sjahrir pernah menulis naskah yang dibacakan oleh Bung Karno.  Dikutip dari Rudolf Mazek, isi dari naskah versinya hanya terdiri dari 300 kata. Isinya tidak menyinggung penjajahan Belanda dan Jepang, tetapi mengenai nasib para rakyat jelata.

Pemberian Gelar Proklamator 41 Tahun Merdeka, Pahlawan Nasional 67 Tahun Merdeka

Selama ini kita mengenal Soekarno-Hatta sebagai proklamator.  Namuan siapa sangka, gelar yang disematkan itu ternyata hanya gelar lisan yang diberikan rakyat Indonesia.  Pernyataan resmi dari pemerintah baru keluar pada tahun 1986, yaitu pemberian gelar proklamator secara resmi bagi Soekarno-Hatta.

Akibat gejolak dinamika politik pula, penobatan gelar pahlawan nasional Soekarno-Hatta baru diresmikan pada tahun 2012! Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkannya di Istana Negara, diberikan pada perwakilan keluarga Presiden dan Wakil Presiden pertama RI.

Nah, itulah sekilas mengenai fakta sejarah Indonesia yang tidak terdokumentasi di dalam buku.  Sudah waktunya kita merenungkan apa saja yang telah kita berikan bagi negara ini.  Ada banyak caranya, salah satunya bersama-sama membangun Indonesia agar berkembang dan maju. Dirgahayu Republik Indonesia tercinta!

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup