7 Tips Memilih Vendor Catering Bagus untuk Pernikahan

Selain tanggal, jelang pernikahan kamu harus mempersiapkan beberapa hal penting lainnya. Salah satunya vendor catering terbaik. Sebagai acara sakral sekali seumur hidup, tentu kamu ingin agar segalanya berjalan sempurna. Tidak bisa dipungkiri jika catering adalah hal utama yang akan memakan biaya cukup besar selain gedung.

Sebagai tuan rumah, pasti ingin memberikan yang terbaik, tapi tentu saja kamu harus bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Meneliti dengan cermat dalam pemilihan vendor catering adalah keharusan. Jangan sampai alokasi dana pesta pernikahan yang sudah kamu siapkan tidak memberikan hasil maksimal. Langkah-langkah ini adalah tips menentukan vendor catering  bagus dan tepat. Yuk, simak ulasannya!

Survei

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan survei. Kumpulkan data vendor pernikahan, termasuk vendor catering. Pelajari dengan baik. Vendor yang memiliki jam terbang tinggi tentu akan memiliki review yang baik dari para klien.

Kamu harus mulai rajin hunting kartu nama di setiap acara pernikahan yang kamu hadiri. Mencicipi langsung hidangan di acara pernikahan teman bisa membantu kamu dalam memilih vendor yang sesuai, atau kamu juga bisa sourcing vendor catering dari Wedding Fair, atau rekanan gedung pernikahan.

Hubungi Vendor

Setelah mendapatkan list vendor yang kamu inginkan, kamu bisa mulai dengan menghubungi contact person setiap vendor untuk dapat memberikan quotation via email sesuai dengan informasi tentang pernikahanmu seperti: waktu pernikahan, lokasi, dan jumlah undangan yang akan hadir. Melalui quotation tersebut para vendor akan memberikan gambaran budget yang dibutuhkan dan rekomendasi menu andalannya.

Buat Janji

Setelah menentukan beberapa pilihan, langkah kedua adalah membuat janji. Kunjungi kantor mereka sehingga kamu bisa melihat secara langsung bagaimana cara kerja vendor tersebut. Mulai dari kebersihan dapur, kantor, hingga kerapian dan kebersihan para pegawai.

Kebersihan dan kerapian adalah keharusan dalam menyajikan hidangan pada tamu. Tentunya, dengan demikian kamu akan lebih nyaman bekerja sama dengan vendor yang memenuhi kriteria tersebut.

Menu

Masing-masing vendor catering pasti memiliki menu andalan. Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan bertanya menu yang disajikan secara lebih spesifik.

Jika vendor tersebut ahli dalam membuat pasta dan zuppa soup, bisa jadi mereka ahli dalam membuat western food. Namun, jika vendor tersebut unggul di sup tom yam, bisa jadi mereka ahli dalam masakan oriental. Memilih dan mempelajari menu sangat penting agar kamu bisa memilih sesuai dengan tema pesta pernikahan.

Pegawai Cekatan dan Handal

Sebelum menandatangani kontrak kerja sama, ada baiknya jika kamu memperhatikan dari segi kecekatan pegawainya. Tidak hanya dari jumlah, tetapi juga dari sisi profesionalisme dan kapabilitasnya dalam bekerja.

Beberapa hal tersebut akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta pernikahanmu. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi lebih lanjut dengan vendor mengenai kebutuhan untuk pesta pernikahanmu. Kamu juga perlu memastikan bahwa mereka akan menangani setiap kebutuhan tersebut.

Testing 

Sangat penting untuk mencicipi hidangan catering terlebih dulu. Kamu tentu tidak ingin kecewa dengan menghidangkan makanan untuk para tamu, bukan? Jika ada waktu, kamu bisa mendatangi wedding exhibition dimana vendor catering berpartisipasi.

Pada pameran, biasanya vendor catering akan menyajikan cukup banyak makanan untuk melakukan test food. Namun jika tidak, kamu bisa menjadwalkan dengan vendor catering untuk mencicipi hidangan mereka. Jangan ambil risiko langsung menandatangani kontrak tanpa tidak mencoba makanannya terlebih dulu. Hal ini juga untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan terjadi dan membuatmu rugi.

Harga

Tidak kalah penting, kamu harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan budget. Jika kamu terlanjur menyukai menu dari vendor tertentu namun harga yang ditawarkan tinggi, cobalah bernegosiasi.

Bila masih tidak sesuai, kamu bisa mencoba alternatif lain dengan mencoba vendor catering dengan harga sedikit lebih rendah namun tetap berkualitas.

Sumber Gambar

Comments

comments

Azzahra Kamila

A beauty blogger who has interest in Korea beauty and cruelty free beauty. Check her latest post at http://insommia.net.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup