Kenalan Lebih Dekat dengan Tennis Yuk!

Olahraga lari, badminton atau renang tentu saja sudah sering kamu coba Ladies. Kali ini Redaksi Banananina ingin mengajak kamu untuk berkenalan lebih dekat dengan olahraga tennis. Jadi, tennis adalah permainan yang bisa lakukan oleh dua atau empat orang di sebuah lapangan yang dibatasi oleh sebuah net/jaring. Cara mainnya sangat mudah, masing-masing pemain harus memukul bola tenis menggunakan raket untuk mencetak skor yang tertinggi. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa fun fact mengenai olahraga tennis yang mungkin belum kamu tahu. Penasaran apa saja fun fact-nya? Mari simak di bawah ini:

Sejarah Tennis

Sampai saat ini, asal usul tennis masih jadi perdebatan. Sebagian menyatakan kalau Mesir, Yunani dan Romawi Kuni adalah negara-negara yang mempopulerkan olahraga tennis. Hal yang menjadi dasar dari pernyataan ini adalah kata “Tennis” yang berasal dari nama kota di Mesir yaitu Tinnis. Sedangkan kata “Raket” dikembangkan dari Bahasa Arab yaitu Rahat (tangan).

Namun pernyataan ini disanggah oleh sebagian besar sejarahwan. Mereka yakin kalau tennis adalah permainan kuno yang berasal dari bagian utara Perancis pada abad 12. Permaianan itu dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan telapak tangan yang disebut dengan “jeu de paume” (permainan telapak tangan).

Perkembangan Tennis

Klub tenis pertama di dunia adalah Leamington yang didirikan di Perancis oleh J.B Parera, Harry Gem, Dr Frederick Haynes dan Dr Arthur Tompkins pada tahun 1872. Sedangkan kejuaran tennis pertama bermula pada tahun 1877. Sampai saat ini, ada beberapa turnamen tennis yang terkenal, yaitu:

  • Piala Davis
  • Wimbledon / All England
  • AS Terbuka
  • Austalia Terbuka

Istilah-istilah Tennis

Buat Ladies yang ingin lebih tahu mengenai tennis, kamu wajib mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan pada saat permaian tennis. Apa saja?

  • Service: Bola yang dipukul ke arah lawan
  • Hitungan dalam tennis dimulai dari yang terkecil:

Love (nol)

15 (fifteen)

30 (thirty)

40 (fourty)

Game

  • Tie break: misalnya nih Ladies, kamu bertanding dengan lawan dan mendapatkan skor berimbang, maka game harus dilanjutkan hingga beda 2 poin. Tapi jika masih imbang lagi maka permainan selanjutnya disebut tie break
  • Ada 2 sistem set yang diterapkan pada saat permaianan tennis untuk menentukan pemenang:

Best of three: pemain membutuhkan 2 set untuk memenangkan pertandingan

Best of five: pemain membutuhkan 3 set untuk memenangkan pertandingan

Induk Organisasi Tennis

Saat ini, organisasi tennis international adalah International Tennis Federation. Sedangkan di Indonesia, organisasi tennisnya adalah Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti).

Gimana Ladies, tertarik untuk mencoba olahraga tennis bersama teman, sahabat atau pasangana kamu?

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup