6 Cara Menata Kamar Tidur Yang Kecil dengan Konsep Multifungsi

Zaman sekarang ini, di tengah keterbatasan lahan dan unit tempat tinggal, ditambah dengan semakin mahalnya hunian, seringkali kunci untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak dan oke adalah kreativitas. Semakin banyak orang yang harus memanfaatkan ruang kecil agar bisa menjadi kamar multifungsi, terutama mereka yang tinggal di kota. Tidak perlu malu atau enggan tinggal di ruangan yang luasnya terbatas. Selama kamu tahu cara menata kamar tidur yang kecil dan mengakalinya dengan tepat, kamu bisa menjadikan kamarmu tetap terlihat manis.

Salah satu cara menata kamar tidur yang kecil agar tetap maksimal adalah dengan menggunakan konsep multifungsi. Dengan demikian, ruang yang terbatas tidak menjadi penghalang bagimu untuk menikmati fungsi kamar tidurmu secara lengkap. Selain mengakali keterbatasan ruang, menata kamar tidur dengan konsep multifungsi juga bisa menjadikan kamar tidurmu terlihat lebih manis, apik, dan enak dilihat, jika kamu melakukannya dengan benar. Yuk simak tips menata kamar tidur kecil berikut ini!

Manfaatkan Ruang Vertikal

cara menata kamar tidur yang kecil

Jika kamu merasa kehabisan ruang di kamar tidurmu, jangan lupakan bahwa ada juga ruang vertikan yang bisa dimanfaatkan. Ruang vertikan di dinding, partisi pemisah, atau kaca bisa digunakan untuk menempatkan rak, atau menggantungkan barang tertentu. Gunakan kreativitasmu untuk memilih cara penyimpanan yang sesuai di ruang vertikal untuk menyimpan sekaligus memamerkan buku, pernak-pernik, atau barang lainnya.

Ciptakan Kesan Ruang Bertingkat

cara menata kamar tidur yang kecil

Salah satu cara ampuh untuk mengakali ruang kamar yang kecil adalah dengan menciptakan layer atau efek bertingkat. Dengan demikian, kamu bisa memperbesar ruang yang tersedia di kamarmu. Kamu bisa menempatkan tempat tidur di platform yang tinggi, kemudian menggunakan ruang di bagian bawah untuk meja, lemari, dan furniture lainnya. Bisa juga sebaliknya, platform tinggi digunakan untuk meja, sementara tempat tidurmu ditempatkan di bawahnya.

Gunakan Setiap Celah Untuk Penyimpanan

cara menata kamar tidur yang kecil 2

Kaki tempat tidur, anak tangga, kolong meja; kamarmu sebenarnya dipenuhi dengan celah-celah yang masih dapat dimaksimalkan. Ketimbang menggunakan meja untuk memajang benda-bendamu, coba gunakan kotak bertingkat yang sekaligus dapat dijadikan tempat penyimpanan barang. Bagian bawah tempat tidur juga bisa digunakan untuk menyimpan kotak barang atau pernak-pernik.

Pilih Furniture Multifungsi

cara menata kamar tidur yang kecil

Salah satu cara menata kamar tidur yang kecil adalah dengan memilih furniture yang multifungsi. Kamu bisa mengurangi kebutuhan ruang dengan memilih furniture yang bisa digunakan untuk beberapa kepentingan sekaligus, misalnya kursi yang juga bisa dijadikan tempat menyimpan barang, atau sofabed yang bisa berfungsi sebagai tempat duduk maupun tempat tidur.

Gunakan Furniture Yang Bisa Dilipat

cara menata kamar tidur yang kecil

Jika memungkinkan, pilihlah furniture yang bisa dilipat ke tembok saat tidak sedang digunakan. Murphy bed dapat dilipat ke dinding dan ditarik keluar dengan mudah setiap kali hendak digunakan untuk tidur. Hal yang sama juga dapat diterapkan pada furniture lain, seperti meja. Untuk lebih menghemat ruang, pasanglah kaca di sisi furniture, sehingga saat sedang dilipat furniture tersebut juga bisa berguna untuk melihat penampilan diri dan memberi efek lebih luas bagi kamar tidurmu.

Pilih Desain Minimalis

cara menata kamar tidur yang kecil

Dengan luas ruangan yang terbatas, selain tips untuk membuatnya multifungsi kamu juga perlu merencanakan desain yang tepat. Desain minimalis akan membantu membuat kamar tidurmu yang kecil terlihat lebih apik dan tidak sempit. Pilihlah palet warna yang terdiri dari 2-3 warna untuk kamar tidurmu. Dengan demikian, kamar tidurmu akan terlihat seimbang dan teratur meski sebenarnya kecil.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup