Ingin Menjadi Makeup Artist? Berikut Langkah dan Tips Lengkapnya

Jika kamu tertarik dengan dunia kecantikan, makeup artist adalah salah satu pilihan profesi yang patut dipertimbangkan. Menjadi makeup artist bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menantang. Terlebih lagi, sekarang ini makeup artist makin banyak dibutuhkan dan semakin diminati. Bagaimana cara menjadi makeup artist yang sukses berkarya? Simak dulu tipsnya!

Sering Latihan

menjadi makeup artist

Keahlian seperti merias wajah perlu terus diasah dengan latihan. Semakin sering kamu melakukannya, kamu akan menjadi semakin mahir dan teknikmu makin sempurna. Tak hanya latihan dengan merias diri, sesekali minta juga kesediaan teman-temanmu untuk di-makeup. Perbanyak pengalamanmu dengan variasi bentuk wajah, warna kulit, dan gaya yang berbeda-beda. Setelah selesai, minta masukan dari temanmu tentang apa yang ia sukai atau kurang sukai dari hasilnya. Siapa tahu, temanmu malah tertarik untuk menggunakan jasamu di kemudian hari!

Stay Inspired

inspirasi makeup artist

Menjadi makeup artist artinya menjadikan dirimu orang yang terdepan dalam pengetahuan berbagai look atau tren makeup. Jadikanlah apapun yang kamu lihat sebagai referensi dan inspirasi. Baca majalah, ikuti berbagai blog kecantikan, tonton film, perhatikan media sosial, sehingga kamu menjadi orang yang selalu up-to-date dengan tren baru. Jika ada tokoh atau foto yang menginspirasimu, cobalah bereksperimen untuk mencapai look tersebut, dan kreasikan juga sesuai gayamu sendiri.

Berinvestasi Untuk Pendidikan

belajar menjadi makeup artist

Jika memungkinkan, ikutilah kelas-kelas atau kursus kecantikan. Belajar langsung dari ahlinya bisa sangat membantumu mengenali berbagai teknik makeup dan membantumu berlatih. Instrukturmu juga dapat membagikan pengalamannya untuk memberikan lebih banyak gambaran mengenai tantangan yang dihadapi saat menjadi makeup artist. Selain itu, sertifikat yang diberikan juga akan sangat membantu dalam membangun kredibilitasmu sebagai seorang yang profesional.

Pilih Fokusmu

makeup artist untuk film

Zaman sekarang ini, keahlian makeup artist diperlukan oleh banyak bidang. Mulai dari entertainment, media, sampai event seperti pernikahan atau wisuda. Memang tidak salah kalau kamu ingin merambah atau setidaknya mencoba semua industri tersebut. Namun ada baiknya memiliki satu fokus yang diprioritaskan. Hal itu akan membantumu menjalin koneksi dengan lebih luas dan mengembangkan keahlian sesuai yang dibutuhkan bidang tersebut.

Buat Portfolio

portfolio makeup artist

Portfolio adalah dokumen yang dapat menunjukkan hasil kerja dan klienmu sebelumnya. Dokumentasikan hasil kerja terbaikmu dan kurasikan dalam sebuah portfolio yang cantik dan menggambarkan gaya serta kemampuanmu. Sebisa mungkin, gunakan kamera berkualitas tinggi dan ambil gambar seprofesional mungkin. Kamu juga bisa meminta seorang model dan fotografer untuk kepentingan membuat portfolio ini. Pastikan kamu juga punya porfolio yang bisa diakses secara online, agar klien yang tertarik bisa langsung melihat kemampuanmu.

Publikasikan Diri Secara Proaktif

cara menjadi makeup artist

Dengan begitu banyak makeup artist di luar sana, kamu harus mengeluarkan usaha lebih untuk membangun jejaring dan lebih dikenal. Pastikan dirimu tak melewatkan kesempatan apapun yang ada untuk bertemu wedding organizer, event organizer, manajer selebriti, bahkan konter makeup atau brand di daerahmu. Siapkan kartu nama yang terlihat profesional dan berikan pada mereka. Pastikan juga kamu memberi kesan pertama yang meyakinkan.

Bangun Brand Secara Online

cara menjadi makeup artist

Di era digital ini, semakin banyak calon klien menggunakan internet untuk menemukan jasa makeup artist saat mereka memerlukannya. Pastikan mereka dapat menemukanmu di internet melalui portfolio online, blog, atau media sosial. Jika kamu punya waktu dan minat, tak ada salahnya membuat blog yang berisi tips-tips kecantikan dan makeup. Atau, kamu bisa juga menawarkan untuk menulis guest post untuk beauty blogger yang telah memiliki nama baik dan terpercaya.

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup