Ingin Wajah Tetap Segar? Stop Gunakan 4 Bahan Produk Kecantikan Ini Saat Musim Panas

Sinar matahari memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, namun jika terus menerus terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat, justru malah dapat merusak kulit. Di musim panas, sinar matahari cenderung terasa sangat terik. Karena itu, Anda membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan, bukan? Nah, tapi ada beberapa kandungan bahan pada produk kecantikan yang  justru harus dihindari pemakaiannya saat musim panas. Apa saja?

1. Hindari retinol

(Foto: www.cleopatraschoice.com)

Banyak produk kecantikan mulai dari serum hingga sunscreen yang mengandung retinol. Retinol memang berfungsi dapat mengurangi jerawat dan mencegah noda hitam. Namun, kandungan bahan kimia ini dapat membuat kulit wajah terasa sangat kering jika digunakan di saat musim panas.

Sebaiknya Anda menghentikan sementara pemakaian retinol saat musim panas dan beralih ke produk kecantikan yang mengandung SPF 30+. Anda bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan zinc dan titanium dioksida di dalamnya. Kedua bahan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang menyengat. Selain itu, zinc juga merupakan bahan kimia yang anti peradangan sehingga dapat mencegah iritasi pada kulit.

2. Jangan gunakan citrus oil

(Foto: www.nsbeautyng.com)

Meskipun aroma citrus sangat segar dan menenangkan, namun sebaiknya Anda tidak menggunakannya di siang hari saat musim panas. Karena citrus yang diaplikasikan pada kulit justru akan membuat kulit menjadi rusak. Setidaknya Anda harus menghindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung citrus oil selama 24 jam sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung antioksidan, seperti serum vitamin C. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan serum vitamin C di malam hari sebelum tidur dan mengaplikasikan moisturizer.

3. Stop penggunaan kandungan acids

(Foto: www.theskincareedit.com)

Seperti yang sudah kita ketahui, beragam kandungan acids sering ditemui pada produk-produk kecantikan. Misalnya lactic acid, glycolic acid, salicylic, mandellic, malic dan azelaic. Semua bahan kimia tersebut dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah, terhidrasi dan bebas jerawat. Tapi, meskipun sangat baik untuk kulit, sebaiknya hindari penggunaan produk kecantikan dengan bahan-bahan tersebut saat musim panas.

Untuk membersihkan wajah sehari-hari di musim panas, Anda bisa menggunakan gentle scrub yang bisa membuat kulit tampak lebih lembut dan cerah. Pastikan juga memilih produk kecantikan yang mengandung banyak air sehingga tetap membuat kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

4. Hindari produk antibakteri

(Foto: www.huffpost.com)

Seperti retinol, produk kecantikan yang mengandung anti bakteri seperti benzoil peroksida dan clindamycin sangat baik untuk mengatasi jerawat. Namun, kedua bahan kimia tersebut dapat memberikan efek sangat kering pada kulit wajah. Selain itu, jika menggunakan produk kecantikan yang mengandung kedua bahan kimia tersebut di saat terpapar sinar matahari terik, dapat menyebabkan hiperpigmentasi sehingga kulit menjadi lebih gelap.

Jadi, sebaiknya beralih menggunakan produk kecantikan yang kaya akan antioksidan, seperti niacinamida dan matcha. Tak hanya itu, mengonsumsi berbagai makanan yang tinggi antioksidan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah saat musim panas. Rajinlah konsumsi tomat, teh hijau, serta sayur-sayuran seperti bayam dan buah blackberry.

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup