Kuliner Mancanegara Menginvasi, Kuliner Indonesia Masih Dicari

Walaupun kuliner mancanegara telah menginvasi, kuliner Indonesia masih tetap dicari lho, ladies! Bumbunya yang nikmat akan selalu dirindukan oleh lidah orang Indonesia. Rasanya yang khas tentu tak ada tandingannya. Terutama bagi kamu yang memiliki taste Indonesia banget. Pasti tak akan meninggalkan kuliner khasnya. Salah satu cara melestarikan makanan khas Indonesia adalah dengan tetap menikmatinya. Apalagi jika kamu bisa memasak kuliner asli Indonesia, tentu akan lebih baik lagi!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang budayanya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Adanya beragam jenis kepulauan dari ujung barat ke timur membuat Indonesia sangat kaya. Mulai dari adat istiadat, bahasa daerah, hingga kulinernya. Sudah tak terhitung, berapa banyak jumlah kuliner khas yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Yuk, simak ulasannya!

Nasi Cumi

Nasi Cumi bisa kamu temukan jika kamu berkunjung ke Madura. Nasi Cumi ini biasanya akan disajikan bersama sambal pencit, mie, serundeng dan telur. Sajiannya yang komplit membuat lidah tak berhenti bergoyang. Rasanya yang nikmat tentu akan membuat kamu ketagihan. Pada Nasi Cumi ini, cumi yang disajikan dimasak dalam kondisi utuh agar tetap padat. Tinta cuminya yang berwarna hitam pun menjadi pemanis di atas nasi putih.

kuliner indonesia

Coto Makassar

Sesuai dengan namanya, Coto Makassar, kuliner ini berasal dari Makassar. Coto Makassar ini memiliki kaldu dengan bumbu rempah-rempah yang super nikmat. Belum lagi potongan dagingnya dapat menjadi penambah napsu makan. Supaya semakin nikmat, sajikan bersama ketupat ataupun buras.

kuliner indonesia

Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Kuliner yang satu ini tentunya sangat populer di wilayah Jawa. Kemanapun kamu pergi ke berbagai tempat wisata kuliner, bakso pasti dengan mudah ditemukan. Bakso bisa membuat orang ketagihan apalagi kalau rasanya nikmat dengan perpaduan dagingnya yang pas.

kuliner indonesia

Pempek Palembang

Pempek memang terkenal sebagai salah satu kuliner khas dari Palembang. Rasanya yang lezat tentu membuat siapapun tak menolak untuk menikmati kuliner yang satu ini. Kuah pempek memiliki rasa asam manis yang segar dan nikmat. Apalagi Pempek Kapal Selam yang disajikan dengan kuning telur di dalamnya benar-benar juara.

kuliner indonesia

Es Pisang Ijo

Siapa sangka Es Pisang Ijo ternyata salah satu kuliner khas Makassar. Es yang dibalut dengan lapisan tepung berwarna hijau ini memiliki rasa segar. Untuk esnya sendiri diserut dan disajikan dengan kuah santan yang memiliki rasa manis. Teksturnya yang lembut terasa ringan saat masuk ke mulut.

kuliner indonesia

Dari beragam jenis kuliner khas Indonesia di atas, kira-kira mana yang menjadi favoritmu, ladies? Jangan biarkan kuliner Indonesia favoritmu pudar diterjang oleh serbuan beragam jenis kuliner mancanegara, ya, ladies. Yuk, tetap lestarikan kuliner asli Indonesia dengan cara menikmatinya.

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup