Menyambut Pergantian Tahun di Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur? Candi megah yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini selalu menjadi daya tarik utama para wisatawan. Candi Borobudur kerap dijadikan tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Pasalnya, candi ini terletak di atas ketinggian 269 mdpl. Melalui Candi Borobudur, kita bisa melihat pemandangan spektakuler dimana sang surya mulai bangkit dari peraduaannya.

sunrise di candi borobudur

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan akhir tahun, Candi Borobudur ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menyambut datangnya tahun 2017. Jika sebagian besar orang merayakan malam pergantian tahun, maka kamu bisa mencoba cara yang berbeda, dengan menyambut bersinarnya matahari pertama di tahun 2017 di tempat yang menakjubkan ini.

Untuk menyambut Tahun Baru di Borobudur, redaksi Banananina memiliki beberapa rekomendasi untuk menikmati sunrise. Yang pertama adalah sunrise yang diakses melalui Manohara Hotel maupun Amanjiwo Resort, dan yang kedua adalah menyaksikan sunrise dari Punthuk Setumbu. Yuk, simak info selengkapnya!

Menikmati Sunrise dari Pelataran Hotel

Manohara Hotel

Salah satu spot terbaik menikmati sunrise di Candi Borobudur adalah melalui Hotel Manohara. Hotel bintang 3 ini terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya berada di area Komplek Taman Wisata Candi Borobudur.

sunrise di candi borobudur

Apabila kamu menginap di Hotel Manohara dan ingin menikmati sunrise di Candi Borobudur, tentunya akan lebih mudah. Ada paket khusus yang sengaja disediakan untuk para tamu yang menginap. Hanya dengan membayar Rp. 185.000 kamu sudah bisa menikmati sunrise di Borobudur dari Hotel Manohara.

Namun, buat kamu yang tidak menginap di Hotel Manohara jangan bersedih. Kamu tetap bisa menikmati keindahan sunrise dari hotel ini kok. Hotel Manohara juga menyediakan paket eksklusif untuk para wisatawan. Biaya yang dipatok mulai dari Rp. 230.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 335.000 untuk wisatawan asing. Kamu pun sudah bisa mulai masuk ke komplek candi sebelum jam 6 pagi untuk bersiap-siap melihatnya indahnya sunrise.

sunrise candi borobudur

Estimasi jarak tempuh dari Hotel Manohara menuju puncak Candi Borobudur hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Setibanya disana, kamu bisa menikmati dinginnya udara pegunungan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa jaket tebal demi melawan dinginnya udara pegunungan. Satu lagi, jangan pernah tinggalkan kamera untuk mengabadikan momen mengagumkan ini.

Selama menanti munculnya sunrise, kamu bisa menghabiskan waktu di puncak candi. Biasanya sunrise akan muncul menjelang pukul 5.30 pagi. Terutama saat sinar matahari menampakkan wujudnya dari arah timur dan di saat itulah kamu bisa merasakan indahnya ciptaan Tuhan.

sunrise di candi borobudur

Selama berada di area candi, kamu bisa menikmati alam sekitar hingga jam 8 pagi. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mendapatkan momen dan keindahan alam di sekitar candi. Tak hanya itu saja. Sepulang dari puncak candi, Hotel Manohara juga menyediakan snack ringan dan secangkir kopi atau teh untuk kamu sarapan.

Amanjiwo Resorts

Selain dari Hotel Manohara, kamu bisa menikmati keanggunan Borobudur dari Amanjiwo Resorts. Berlokasi di dekat Candi Borobudur, melalui Amanjiwo Resorts kamu bisa mendapatkan spot terbaik menikmati sunrise pertama di tahun 2017. Amanjiwo Resort merupakan resort bintang lima yang sangat nyaman dan cukup dikenal di dunia internasional. Wajar saja apabila David Bechkam dan sang istri pernah menghabiskan liburan di resort mewah ini. Amanjiwo juga dikenal mejaga privasi yang sangat tinggi untuk setiap tamunya.

sunrise candi borobudur

Dilihat dari kejauhan, Amanjiwo Resort terlihat begitu indah saat menjelang malam. Resort ini memiliki bangunan yang bagian atasnya menyerupai stupa dengan tatanan lampu temaram nan romantis.

sunrise candi borobudur

Amanjiwo Resort memiliki gaya arsitektur glamor yang disusun dari beragam bebatuan artifisial berkualitas. Tata lansekap yang dibuat sangat mendukung keindahan dan kenyamanan para tamu disini. Jika diamati dari sisi arsitekturnya, Amanjiwo Resort punya bentuk bangunan yang menyerupai candi. Di dalamnya terdapat pilar-pilar besar yang berasal dari batu lokal yaitu batu paras yogya. Selain itu, ada 15 kamar yang memiliki kolam renang pribadi. Ada juga kolam renang yang dikenal sebagai danau hijau dengan batu hijau asal batu lokal yang mencerminkan perladangan sawah. Kolam utama memiliki panjang 40 meter.

Amanjiwo terdiri dari 36 resort hunian yang arah pandangnya berorientasi ke arah Candi Borobudur. Tipe huniannya terdiri dari 5 seperti Garden Suites, Borobudur Suites, Garden Pool Suites, dan Dalem Jiwo Suites. Selain kolam renang, di area dalam Amanjiwo Resort juga terdapat fasilitas penunjang mulai dari galeri seni, lapangan tenis, gym hingga kolam renang.

sunrise candi borobudur

Malam menjelang tahun baru, kita bisa menikmati beragam hidangan lezat di restorannya. Restoran utama hotel ini memiliki arsitektur neo-klasik berbentuk setengah lingkaran terbuka sehingga pengunjung bisa menikmati sejuknya udara.

Nuansa Jawa pun terasa begitu kental dengan hadirnya permainan musik tradisional seperti gamelan. Banyak pula bunga melati segar yang menghiasi lilin di area sekitar. Suasananya begitu terasa romantis with shade and lovely views.

Ketika berada di restoran utama Amanjiwo Resort, kamu bisa menikmati ragam hidangan spesial. Beberapa diantaranya seperti Sop Buntut, Chap Cay, Gulai Kambing, dan menu lainnya. Di restoran ini kita bisa menikmati malam menjelang tahun baru.

Supaya momen tahun barumu menjadi yang terbaik sepanjang masa, kamu wajib menyaksikan keindahan sunrise dari hall utama Amanjiwo Resort yang berbentuk lingkaran dan beratapkan stupa. Melalui area ini, kamu bisa melihat pelataran Candi Borobudur dengan sangat jelas. Dari area ini kita bisa melihat panorama puncak Candi Borobudur sedikit tertutup kabut menjelang fajar. Sebuah momen yang menarik bukan untuk menyaksikan matahari pertama di tahun 2017 dari spot ini?!

sunrise di candi borobudur

Menikmati Borobudur Sunrise dari Punthuk Setumbu

Buat kamu yang tidak menginap di kedua hotel di atas namun tetap ingin melihat keindahan sunrise dari Candi Borobudur, kamu bisa mengunjungi Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu merupakan bukit yang memiliki tinggi 400 mdpl dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Spot yang terkenal lewat film Ada Apa dengan Cinta 2 ini menjadi salah satu destinasi para wisatawan yang berkunjung ke Magelang. Melalui tempat ini, kamu bisa melihat matahari terbit sekaligus Candi Borobudur.

sunrise di candi borobudur
Copyright: Triyoga Septyantoro

Saat matahari mulai muncul, kamu bisa melihat barisan bukit yang sangat cantik. Kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Pemandangannya sungguh luar biasa indah. Di tambah lagi dengan kabut yang membuat kita bisa merasa berada seperti di negeri di atas awan.

Setidaknya kamu harus sudah tiba disana sekitar jam 4 pagi. Supaya kamu tidak tertinggal momen terbaik menjelang sunrise. Apabila hotel yang kamu tempati tidak jauh dari Punthuk Setumbu, kamu bisa menuju ke kaki bukit denggan menggunakan ojek.

sunrise di candi borobudur
Copyright: Triyoga Septyantoro

Medannya memang tidak terlalu sulit. Untuk menanjak kamu perlu menggunakan sandal gunung agar tidak licin dan mudah terpeleset. Sebelum memasuki pukul 5 pagi, pemandangan masih terlihat gelap. Hingga akhirnya saat tiba di atas bukit, matahari pun perlahan muncul dan pemandangannya terlihat sangat cantik. Sedangkan, biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati keindahan sunrise di Puthuk Setumbu, kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp. 15.000 per orang.

So, are you ready to welcoming 2017? Yuk, persiapkan dirimu mulai dari sekarang untuk menikmati sunrise pertama di awal tahun depan. Happy holiday, Ladies!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup