Make Up Untuk Kulit Kering: Tips Memilih Foundation Yang Tepat

Jika kamu memiliki kulit kering, kamu mungkin familiar dengan berbagai masalah dalam mempercantik wajah, terutama riasan terlihat pecah-pecah di kulitmu. Make-up yang terlihat flaky di wajah memang menyebalkan dan bisa membuat wajahmu kelihatan kurang oke. Tapi bukan berarti kamu harus meninggalkan rutinitas make-up hanya karena terkendala dengan kulit kering. Dengan tips dan trik yang tepat, kamu bisa menguasai teknik make up untuk kulit kering, termasuk memilih foundation yang tepat, karena seringkali produk yang salah atau tidak sesuai hanya akan memperparah kondisi kulitmu.

Kulit kering adalah kondisi yang bisa terjadi karena berbagai faktor. Selain kecenderungan tubuh, kondisi kulit kering bisa juga disebabkan atau diperparah oleh keadaan cuaca, efek samping dari makanan, minuman, atau obat-obatan tertentu, serta produk make up yang kurang sesuai. Karena itu, tips make up untuk kulit kering ini akan membantumu untuk setidaknya menyamarkan efek kulit kering di wajah dan membuat penampilanmu lebih cantik dan glowing.

Pilih Foundation Dengan Kandungan Moisturizer

make up untuk kulit kering

Kulit keringmu butuh kandungan pelembab dari produk-produk kecantikan yang kamu pakai. Pastikan foundation pilihanmu memenuhi kriteria ini. Saat memilih foundation, lihatlah deskripsi dan ulasan yang ada. Jika produk tersebut memberikan efek moisturizing, hydrating, atau melembabkan, maka produk tersebut cocok untuk kulit keringmu. Jika kesulitan menemukan produk yang tepat, kamu bisa mengakalinya dengan memakai pelembab terlebih dahulu, membiarkannya meresap, baru setelah itu mengaplikasikan foundation pilihanmu.

Pilih Liquid Foundation Ketimbang Bubuk

make up untuk kulit kering

Foundation dalam bentuk cair atau krim akan lebih melekat dan tahan lama di kulitmu yang kering karena kandungan air yang dimiliki produk tersebut. Sebaliknya, foundation bubuk atau powder akan berisiko terlihat pecah-pecah mengikuti kulitmu yang kering. Terlebih lagi, tekstur bedak di kulit bisa membuat kulit wajah yang kering terlihat semakin kering. Pilihlah foundation cair atau krim agar aplikasinya lebih merata dan melekat dan tak terlihat flaky.

Aplikasikan Foundation Dengan Brush

make up untuk kulit kering

Brush sintesis akan membantumu meratakan foundation di seluruh wajah dan membuatnya lebih melekat. Memang sih, hal tersebut juga bisa dilakukan dengan menggunakan jari-jari tanganmu. Tapi, kamu yang berkulit kering sebaiknya memilih opsi menggunakan brush ketimbang jari dalam mengaplikasikan foundation untuk memastikan produk foundation tersebut terserap oleh kulit wajahmu dan bukannya malah kulit jari tanganmu. Selain itu, menggunakan jari tangan untuk meratakan foundation di kulit wajah yang kering lebih sulit ketimbang menggunakan bantuan brush atau spons.

Pilih Foundation dengan Dewy Finish

make up untuk kulit kering

Produk foundation hadir dengan berbagai formula untuk hasil akhir yang berbeda. Jika kamu memiliki kulit yang kering, hindarilah formula yang bersifat matte karena hanya akan membuat kulitmu terlihat lebih kering. Sebisa mungkin hindari juga produk yang berlabel waterproof dan oil-control. Sebaliknya, produk yang memiliki efek “dewy”, atau “luminous”, merupakan produk-produk yang lebih cocok untuk kulit kering. Dewy finisih akan membuat kulitmu terlihat lebih lembab dan tentunya tidak menyerap kandungan air di kulit dan mengakibatkan wajah semakin kering.

Nah, selain memilih produk yang tepat, kamu tetap perlu memperhatikan cara mengatasi masalah kulit yang kering. Lakukan perawatan yang sesuai, gunakan masker, dan lakukan exfoliating setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati. Perhatikan juga faktor lain seperti cuaca dan konsumsi makanan, minuman, serta obat-obatan. Dengan demikian, niscaya kulitmu akan berkurang kekeringannya, sambil kamu terus mengatasinya dengan trik-trik make up untuk kulit kering.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup