No Galau! Tips Move On dan Mengatasi Putus Cinta

Putus cinta memang sulit. Begitu banyak kenangan yang harus direlakan. Banyak perubahan yang harus dijalani. Luka yang harus disembuhkan. Dan lebih sulit lagi, begitu banyak perasaan yang harus dilupakan. Butuh banyak keberanian untuk move on dari hubungan yang telah berakhir. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengatasi putus cinta dengan cara yang sehat dan produktif. Jangan langsung putus asa, atasi masalah putus cinta dengan cara-cara berikut ini.

Luangkan Waktu Untuk Sendiri

mengatasi putus cinta

Ada yang berkata bahwa cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan jatuh cinta dengan orang lain. Mungkin perkataan tersebut ada benarnya. Tapi memaksakan diri untuk langsung membuka diri kepada yang lain sebelum kamu benar-benar siap malah hanya akan membuatmu merasa tidak puas dan mungkin merasa bersalah. Ketika baru menghadapi putus cinta, sebaiknya kamu luangkan sedikit waktu untuk memproses semuanya. Apa serunya menghabiskan waktu dengan gebetan baru tapi malah terus teringat mantan? Intinya, tidak perlu terburu-buru mencoba menggantikan yang lama dengan yang baru hanya karena tidak ingin sendiri.

Curhat Kepada Sahabat Terdekat

mengatasi putus cinta 2

Pernahkah kamu merasa lebih baik setelah bercerita panjang lebar kepada sahabatmu mengenai sebuah masalah? Hanya dengan bercerita saja, hati bisa menjadi lebih plong. Dengan bercerita juga, kamu bisa lebih memahami apa yang sebenarnya kamu rasakan dan kamu inginkan. Tidak perlu mengharapkan solusi, cukup minta sahabatmu meluangkan waktu untuk mendengarkan sakit hatimu. Setelah merasa lebih lega, kamu bisa mulai berpikir jernih dalam menyikapi putus cinta yang sedang dihadapi. Selain itu, curhat kepada sahabat jauh lebih baik ketimbang mengumbar masalahmu di media sosial, di mana orang lain malah akan merasa terganggu atau malah balik menggosipi hal yang terjadi padamu.

Coba Hal Baru

mengatasi putus cinta

Dengan berkurangnya satu aspek dalam kehidupanmu, berarti kamu punya lebih banyak waktu dan energi untuk disalurkan ke hal lain. Apa hal yang selama ini membuatmu tertarik atau penasaran? Ingin mencoba belajar fotografi? Sekarang saatnya. Ingin traveling ke suatu tempat menarik? Tidak perlu lagi ditunda. Pengalaman dan excitement baru yang kamu dapatkan dari kegiatan baru ini niscaya akan membuatmu perlahan-lahan lupa akan sakit hatimu akibat putus cinta. Malah, selain mengatasi putus cinta, kamu bisa sambil menambah teman baru dan keahlian serta karya baru.

Bergabung Dengan Komunitas

mengatasi putus cinta

Salah satu hal yang sering dirindukan dari pengalaman berpacaran adalah perasaan nyaman dan kedekatan yang dirasakan saat bersama. Setelah putus, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kenyamanan tersebut. Jalinlah hubungan dengan cara bergabung dengan komunitas tertentu sesuai minatmu. Baik itu organisasi di kampus, tempat kerja, tempat ibadah, ataupun komunitas berbasis hobi yang ada di kotamu. Lama-kelamaan kamu akan merasakan nyamannya berada di lingkungan yang saling mendukung dan memiliki visi yang sama.

Lakukan Self-Care

mengatasi putus cinta

Kapan terakhir kali kamu meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri? Pilihlah aktivitas self-care favoritmu untuk membantu mengatasi putus cinta. Aktivitas tersebut bisa berupa pergi ke spa, perawatan rambut, pergi nonton ke bioskop, atau sekadar makan jajanan favoritmu. Tidak salah untuk sesekali melakukan aktivitas yang berfokus pada dirimu dan kesenanganmu, terutama sehabis putus cinta. Perhatikan dan sayangilah dirimu sendiri sebagaimana kamu ingin orang lain menyayangimu.

Jangan Takut Mencoba Lagi

mengatasi putus cinta

Tidak ada hubungan yang sempurna. Tidak ada pula manusia yang sempurna. Hal yang terjadi mungkin memang menyakitkan, tapi bukan berarti kamu akan mengalaminya lagi setiap kali kamu mencoba. Petiklah pelajaran dari apa yang terjadi, namun jangan takut untuk mencoba lagi. Saat kamu merasa siap, bukalah hati untuk cinta lain di hidupmu. Jangan bandingkan dirinya dengan orang yang pernah menyakitimu. Jangan langsung berkesimpulan semua lelaki hanya akan melukaimu. Segala sesuatu terjadi untuk sebuah alasan yang tepat. Saat kamu memutuskan untuk mencoba lagi, mulailah dari awal.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup