Mengenal Jenis-jenis Keju

Selain cokelat, keju adalah salah satu jenis bahan makanan yang memberi rasa berbeda untuk santapan kesukaanmu bukan? Let say martabak manis, roti bakar hingga makanan berat seperti pasta dan pizza.

Keju dengan ciri khas rasa yang asin gurih tentu sudah memiliki penggemar sendiri ya Ladies? Namun tahukah kamu kalau ternyata ada beraneka ragam jenis keju yang ada, sehingga kamu harus tahu jenis keju yang cocok untuk sajian yang akan kamu buat. Nah bagi Ladies yang belum tahu apa saja jenis keju dan manfaatnya untuk kudapan favoritmu, kali ini Redaksi Banananina akan membagikan informasinya secara lengkap special untuk kamu!

Keju Parmesan

Untuk jenis yang pertama, keju Parmesan adalah keju yang berasal dari Parma, Italia. Keju ini termasuk dalam jenis keju padat/ hard cheese. Bahan dasar keju ini adalah susu sapi yang diolah hingga berwarna kuning pucat. Biasanya, keju ini dibilang matang dan siap untuk diolah setelah diproduksi selama 3 bulan hingga satu tahun.

Di Indonesia, keju Parmesan biasanya dijual dalam bentuk bubuk untuk mempermudah dalam penggunaannya. Keju Parmesan digunakan sebagai taburan keju pada pasta, spaghetti, pizza, salad, sup dan juga beberapa kue kering seperti castengels.

Keju Cheddar

Salah satu keju yang paling paling familiar di Indonesia adalah jenis keju yang satu ini. Keju Cheddar merupakan keju yang berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini terbuat dari bahan dasar susu sapi an masuk ke dalam jenis hard cheese.

Yang membedakan keju Cheddar dengan keju lainnya adalah di warna. Jika keju Cheddar masih muda, warnanya terlihat kuning pucat dan tidak terlalu keras. Tetapi jika usianya semakin tuamakan warnanya akan semakin kuning dan teksturnya semakin keras. Menurut para ahli makanan, keju Cheddar mengandung lemak sebanyak 48%. Pada umumnya, keju ini digunakan sebagai bahan dasar utama untuk membuat kue dan makanan lainnya.

Keju Mozzarella

Ladies tentu suka banget dong dengan lelehan keju pada pasta atau lasagna kesukaanmu? Yep keju yang digunakan untuk membuat lelehan ini adalah keju mozzarella. Teksturnya yang lembut, lentur dan elastis adalah ciri khas keju yang berasal dari Italia ini.

Mozzarella biasanya terbuat dari bahan dasar susu sapi atau susu kerbau. Selain teksturnya yang khas, rasa kejunya yang creamy juga menjadi alasan keju ini jadi favorit. Pizza, pasta, rice baked, lasagna dan macaroni schotel adalah deretan makanan yang menggunakan mozzarella sebagai taburannya. Oiya, kalau Ladies ingin menikmati lelehan creamy-nya, sebaiknya sajikan dalam keadaan hangat, karena jika sudah dingin kejunya akan kembali mengeras.

Keju Edam

Bentuknya yang bulat dan dilapisi oleh lilin berwarna merah membuat keju edam sangat mudah dikenali. Keju edam merupakan jenis hard cheese yang sangat terkenal dari Belanda. Nama keju ini diambil dari nama kota di Belanda Utara, Edam yang menjadi tempat pertama kali keju ini dibuat.

Keju edam terbuat dari susu skim/ low fat, yang kandungan lemaknya tergolong cukup rendah apabila dibandingkan dengan keju jenis lain yang mencapai 28%. Secara rasa, keju edam memiliki rasa yang lembut seperti kacang, dengan bau yang tidak begitu menyengat karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Keju ini biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan kue kering seperti kastengel, nastar, cheese stick dan lain sebagainya.

Keju Gouda

Selain keju edam, Belanda juga terkenal dengan jenis keju Gouda-nya. Para penggemar makanan banyak yang menyatakan kalau keju ini termasuk salah satu keju terlezat di dunia. Keju yang terbuat dari susu sapi yang difermentasikan selama 4 minggu hingga satu tahun lamanya.

Untuk masalah shape-nya, keju gouda biasanya berbentuk bulat dan berwarna kuning dengan lapisan lilin di luarnya. Secara tekstur, keju ini sedikit keras namun renyah. Uniknya, bila kamu menyajikannya dalam keadaan panas, keju ini akan meleleh seperti keju mozzarella. Rasanya? Tidak usah diragukan lagi, karena sensasi gurih dan creamy dari keju ini akan melted di lidah kamu Ladies!

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup