Mengenal Tradisi Ramadan di Belahan Dunia

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang paling dinanti umat Muslim di berbagai negara. Bukan hanya Indonesia yang mempunyai tradisi unik Ramadan, beberapa negara di bawah ini juga menyambut dan merayakan bulan suci dengan cara tersendiri yang tak kalah menarik.

 

Jepang

Photo: www.japantimes.co.jp

Meski penduduk negara bunga Sakura ini tidak didominasi oleh umat Muslim, namun Jepang mempunyai tradisi unik selama bulan Ramadan. Tradisi tersebut yaitu berbuka puasa bersama yang diadakan di Tokyo Chamii. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari sejak hari pertama berpuasa dan terbuka untuk umat non Muslim.

Menariknya, tradisi yang terus dilakukan tiap tahun ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Tidak hanya untuk silaturahmi, kegiatan berbuka puasa bersama ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan mengenal Islam lebih dalam.

 

Turki

Photo: www.dailysabah.com

Sejak 2013, Turki mempunyai suatu tradisi unik menyambut datangnya Ramadan. Tradisi ini dikenal dengan sebutan tradisi “meja bundar”. Tradisi yang hanya diadakan pada buka puasa pertama di bulan suci ini diikuti oleh sekitar 500 orang dan terbuka untuk umum.

Bagi setiap orang yang ingin ikut berbuka puasa bersama sebaiknya membawa santapan dari rumah karena kegiatan ini hanya berfasilitaskan meja makan berbentuk bundar dan bangku. Meski demikian, tradisi tahunan ini selalu ramai dan tidak pernah gagal menarik perhatian turis khususnya turis mancanegara yang saat itu berada di area sekitar kegiatan berbuka puasa bersama diadakan.

 

Tiongkok

Photo: www.straitstimes.com

Umat Muslim di Tiongkok juga mempunyai cara tersendiri menyambut bulan suci Ramadan. Kegembiraan memasuki bulan penuh berkah ditandai dengan Muqam, tradisi menyanyi dan menari bersama-sama diiringi alat musik tradisional. Tak hanya itu, di Tiongkok juga terdapat tradisi unik lainnya yang dilakukan oleh suku Hui dan Uighur setiap tahun. Kedua suku tersebut akan saling membagikan makanan kepada sesama umat Muslim guna mempererat tali persaudaraan.

 

Belanda

Photo: hollandinpixels.photoshelter.com

Berawal pada tahun 2005, kegiatan bazar tahunan menyambut bulan Ramadan yang diadakan di Amsterdam, Belanda terus berlanjut hingga saat ini. Bazar inilah yang menjadi tradisi unik Ramadan di negara kincir angin tersebut. Bazar yang terbuka untuk umum ini menjual beragam pernak-pernik ciri khas Timur Tengah serta makanan Indonesia yang cukup variatif.

 

Italia

Photo: www.zawaj.com

Terkenal sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Katolik yang sangat banyak tidak menjadikan Italia merayakan Ramadan tanpa tradisi unik. Tidak berbeda jauh dengan tradisi negara lain, di Italia juga terdapat kegiatan berbuka puasa bersama. Kegiatan ini biasanya dilakukan di Masjid Agung Roma, masjid utama kebanggaan umat Muslim Italia. Menariknya, ketika waktu berbuka puasa semakin dekat, kaum wanita Muslim yang ikut serta dalam kegiatan tersebut akan berbondong-bondong ke masjid untuk membagikan santapan berbuka kepada seluruh umat Muslim yang berada di lingkungan masjid.

 

Itulah tradisi bulan Ramadan di beberapa negara. Apakah di lingkungan tempat tinggal Anda memiliki tradisi Ramadan yang tak kalah menarik? Yuk, ceritakan serunya tradisi tersebut di kolom komentar, ladies.

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup