Hati-hati, Menu Lebaran Ini Berbahaya Untuk Kesehatan!

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentunya banyak wanita yang sibuk dengan aktivitas dapur. Menu lebaran yang nantinya akan dihidangkan dipersiapkan dengan penuh semangat. Rasanya yang menggugah selera tentu membuat siapa saja tak tahan menanti lebaran tiba.

Beragam menu lebaran mulai dari kue-kue kering hingga menu pendamping ketupat seperti opor ayam, rendang, gula hingga sayur pepaya siap menanti. Belum lagi kudapan manis lainnya seperti tapai ketan, kolang-kaling, dan beragam jenis makanan lainnya. Semua makanan tersebut sangat menggugah selera. Akibatnya, kebanyakan dari kita lupa diri. Tidak ingat kolesterol yang menghadang. Pasalnya, semua menu yang disajikan pada saat lebaran mengandung lemak dan kalori sangat tinggi.

Masakan mengandung santan

Opor ayam, rendang, sayur pepaya memang dikenal sebagai menu lebaran favorit banyak orang. Rasanya yang lezat dan nikmat sangat cocok sebagai teman menyantap ketupat. Apalagi jika ditambah kerupuk dan sambal goreng, semakin nikmat rasanya. Namun, kamu harus berhati-hati lho, ladies. Makanan yang nikmat belum tentu sehat. Lemak yang terdapat pada makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan hipertensi. Oleh karena itu, kontrol makanan yang kamu konsumsi.

menu lebaran

Soto daging

Soto daging memang tidak selalu ada dalam hidangan menu lebaran. Namun, tak jarang juga kita menemui makanan ini pada saat lebaran. Mungkin beberapa saudara atau kerabat dekatmu menyajikan menu makanan ini di rumahnya. Rasanya yang lezat dan nikmat ini sangat menggugah selera. Cocok sekali jika disajikan bersama nasi panas. Apalagi daging dan jeroannya yang nikmat tapi berbahaya. Kamu harus waspada. Pasalnya, kolesterol yang terdapat dalam makanan ini bisa membuat kondisi tubuhnya menurun. Kamu bisa mengalami serangan jantung hingga stroke.

menu lebaran 1

Cookies

Saat lebaran, tentu kita akan menemukan beragam cookies di setiap meja yang didatangi. Saat bersilaturahmi tentu kita sulit menolak makanan ini. Camilan ini biasanya memilih rasa manis yang agak gurih. Jenis camilan ini memiliki komposisi yang dapat memicu kadar kolesterolmu walaupun dibuat dengan proses pemanggangan. Camilan jenis ini sangat berbahaya untuk kesehatan kamu lho, ladies!

menu lebaran 2

Nah, beberapa makanan di atas cukup mengerikan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ada baiknya untuk kamu mulai menyiasatinya saat memasak. Simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk!

  1. Saat memasak opor ayam, buang kulitnya. Pasalnya, kulit memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
  2. Pilih daging tanpa lemak saat memasak semur, soto, rendang, ataupun beragam jenis makanan yang terbuat dari bahan daging.
  3. Jadikan menu lebaran cukup sebagai menu selama satu hari saja.
  4. Gunakan beras merap pada ketupat yang dibuat.

Sudah tahu kan cara menyiasatinya, ladies! Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup