Minuman Tradisional Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Keberagaman di Indonesia tentu sudah bukan hal baru lagi. Berbagai etnis, suku dan budaya tentu saja memberikan berbagai macam warna untuk makanan dan minuman tradisional dari Indonesia. Nah kali ini Redaksi Banananina akan membagikan beberapa informasi mengenai minuman tradisional yang harus Anda tahu.

Minuman Tradisional Indonesia
Source

Meski keberadaan minuman tradisional saat ini mulai jarang ditemui, bukan berarti minuman-minuman tersebut sudah tidak ada lagi. Kalau Ladies mau, masih banyak café atau restaurant yang menyediakan minuman tradisional khas Nusantara. Lalu apa saja minuman-minuman tradisional tersebut? Mari simak di bawah ini!

Bir Pletok

Meski bernama bir, minuman khas Betawi ini tidak mengandung alkohol sama sekali kok Ladies. Bir pletok terbuat dari campuran jahe, daun pandan, serai, kayu manis, gula, kapulaga, cengkeh, daun jeruk dan pala. Untuk rasa, sensasi pedas dan hangat langsung terasa begitu Anda mencicipi minuman berwarna merah ini.

Minuman Tradisional Indonesia
source

Selain diminum hangat, Ladies juga bisa menambahkan es batu agar minuman ini semakin segar. Lalu apa khasiatnya? Ternyata bir pletok bisa mengatasi masuk angin, membantu melancarkan darah, meringankan gejala migran dan mengurangi masalah kurang tidur.

Wedang Ronde

Saat hujan datang dan cuaca semakin dingin, wedang ronde menjadi salah satu minuman hangat yang bisa jadi pilihan. Minuman yang banyak kamu temui pulau Jawa ini biasanya dijual dengan menggunakan gerobak keliling. Bahan dasar dari wedang ronde adalah sirup jahe hangat yang diberi campuran kayu manis, serai, kacang, potongan roti, kolang kaling dan juga ronde.

Minuman Tradisional Indonesia
Source

Bagi Anda yang belum tahu, ronde adalah adonan tepung ketan berbentuk bola bola kecil yang di bagian dalamnya berisi kacang yang telah dihaluskan. Selain untuk menghangatkan badan, wedang ronde ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, mencegah mabuk perjalanan, mengurangi pusing, menurukan kadar kolesterok tubuh dan mengurangi risiko stroke.

Saraba

Tak hanya dari Jawa, kali ini minuman tradisional Indonesia yang harus Anda tahu adalah Saraba yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kalau Ladies sedang berkunjung ke Makassar,  jangan lupa untuk menyempatkan diri mencoba Saraba.

Minuman Tradisional Indonesia
Source

Minuman yang menghangatkan tubuh ini terbuat adari campuran jahe, gula aren, kayu manis, kuning telur, santan dan merica bubuk. Tak hanya bisa menghangatkan tubuh, Saraba juga bisa meningkatkan stamina lho Ladies. Ada yang sudah pernah coba?

Selendang Mayang

Selain bir pletok, Betawi juga punya selendang mayang sebagai minuman tradisionalnya. Minuman ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti lebaran, reuni keluarga, arisan atau perayaan pernikahan.

Minuman Tradisional Indonesia
Source

Selendang mayang sendiri terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama kuah berbahan daun pandan, gula merah, garam dan air santan. Dengan kandungan bahannya tersebut, minuman ini tidak hanya menghilangkan dahaga namun juga mengenyangkan lho Ladies.

 

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup