Tips Aman Selama Mudik Lebaran, Persiapkan 5 Hal Wajib Ini!

Sudah tidak terasa ya ladies, lebaran tinggal menghitung hari. Bagi kamu yang punya rencana mudik lebaran, sebaiknya segera persiapkan segala kebutuhannya jauh-jauh hari. List barang bawaan apa saja yang perlu ada di tasmu. Jangan sampai ada yang tertinggal. Kenali apa yang perlu kamu lakukan selama berada di kampung halaman.

Bagi masyarakat Indonesia, mudik lebaran sudah menjadi lifestyle setiap tahunnya. Tak heran jika banyak masyarakat berbondong-bondong menuju kampung halaman. Ada yang membawa kendaraan pribadi. Ada pula yang menggunakan transportasi umum. Namun, bagi kamu yang tidak mau repot, sebaiknya pilihlah transporatsi umum saat mudik lebaran. Waktu tempuh pun bisa lebih singkat jika menggunakan transportasi umum. Terutama bagi kamu yang memilih kendaraan umum seperti kereta atau pesawat dapat terhindar dari kemacetan. Sebelum berangkat, pastikan barang-barang yang kamu bawa tidak tertinggal dengan melakukan pengecekan ulang.

Berikut ini ada beberapa hal wajib yang perlu kamu lakukan ataupun kamu bawa saat mudik lebaran. Apa saja sih? Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Pakaian

Pakaian merupakan benda utama yang harus selalu dibawa saat bepergian jauh, terutama ketika mudik lebaran. Bawa pakaian secukupnya. Sesuaikan berapa lama kamu akan berada di kampung halaman. Pasalnya, membawa pakaian berlebihan justru akan membuat kamu semakin kerepotan saat membawanya. Belum tentu baju yang dibawa akan digunakan dan nantinya. Daripada mubazir, ada baiknya kamu membawa pakaian yang penting-penting saja. Mulai dari baju tidur, baju saat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga, pakaian dalam, dan berbagai aksesoris secukupnya.

mudik lebaran 1

2. Parfum atau wewangian

Supaya tetap segar selama perjalanan, selalu bawalah parfum atau wewangian selama bepergian. Terutama pada saat mudik lebaran. Kamu yang mudik menggunakan transportasi umum, tentu sangat membutuhkan wewangian. Kendaraan umum yang penuh sesak tentu akan membuatmu semakin berkeringat. Akibatnya, bau badan tercampur menjadi satu. Oleh karena itu, bawalah wewangian agar tubuh tetap segar dan wangi sepanjang perjalanan. Tubuh yang wangi dan segar pastinya akan terhindar dari bakteri-bakteri yang mengakibatkan bau badan.

mudik lebaran 2

3. Gadget

Selama dalam perjalanan, tentu kamu juga butuh hiburan. Apalagi jika suasana selama perjalanan tidak mendukung mood-mu akibat padatnya kondisi lalu lintas. Kamu pasti butuh hiburan yang bisa membantu menyegarkan pikiran. Solusinya, bawalah gadget yang bisa mengamankan mood-mu. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan gadget yang lain seperti charger, headset dan lainnya. Pastikan gadget-mu memiliki kuota internet dan pulsa yang cukup selama perjalanan. Melalui gadget, kamu bisa melakukan banyak hal seperti menikmati layanan streaming video ataupun bermain game. Namun, bagi kamu yang mudik lebaran menggunakan pesawat, jangan bersedih! Kamu tetap bisa kok menggunakan gadget meskipun hanya sebatas di ruang tunggu bandara.

mudik lebaran 3

4. Obat-obatan

Kita tidak akan pernah bisa menebak kapan akan jatuh sakit. Oleh karena itu, selalu berwaspada dengan membawa obat-obatan yang cukup selama dalam perjalanan. Mulai dari obat minum anti mabuk hingga obat gosok seperti minyak angin. Untuk menunjang stamina agar tetap terjaga, bawalah makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup agar kondisi tubuh tetap fit.

mudik lebaran 4

5. Cek kondisi rumah sebelum berangkat

Saat mudik lebaran, tentu kamu akan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Pastikan kosongnya rumahmu terhindar dari tindak kejahatan hingga bahaya ancaman kebakaran. Oleh karena itu, sebelum berangkat mudik, ada baiknya kamu mengecek seluruh kondisi rumah mulai dari:

  • Mencabut aliran listrik dan gas
  • Mematikan seluruh saluran utama PAM dan keran air
  • Hindari hal-hal yang dapat memicu tindak kejahatan
  • Simpan barang berharga di tempat yang benar-benar aman
  • Titipkan rumah pada orang yang telah dipercaya
  • Bersihkan rumah secara keseluruhan
  • Pasang lampu otomatis
  • Alarm keamanan dan CCTV
  • Apabila sudah aman, kunci pintu dan jendela rumahmu

mudik lebaran 5

Setelah berbagai persiapan sudah dilakukan, kamu pun dapat mudik lebaran dengan lebih aman dan nyaman. Yuk, persiapkan kebutuhan mudikmu mulai dari sekarang!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup