7 Hal Penting dalam Melakukan Persiapan Pernikahan

Persiapan pernikahan merupakan kegiatan yang paling rumit karena butuh perhatian yang cukup detail. Oleh karena itu, sebuah pernikahan tidak bisa direncanakan dan dipersiapkan hanya dalam waktu satu atau dua minggu saja. Menurut Fitri Liza, salah satu pengelola Sanggar Liza, sebuah pernikahan selambat-lambatnya dipersiapkan sejak enam bulan sebelum hari H. Bahkan, Fitri Liza sendiri mengatakan ada salah satu kliennya yang mempersiapkan acara pernikahan sejak satu tahun sebelumnya. Pasalnya, hal ini telah menjadi lifestyle karena acara pernikahan mulai diapresiasi dengan baik lho, ladies. Kebayang kan bagaimana rumitnya mempersiapkan sebuah pernikahan?

daftar persiapan pernikahan

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu membuat daftar hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan supaya tidak ada hal penting yang terlewat. Nah, apa saja hal-hal tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Penentuan Budget

Menurut Fitri Liza, hal pertama yang harus dilakukan setelah penentuan tanggal adalah penentuan budget. “Pertama-tama, sebelum menentukan gedung dan lain-lain, sebaiknya tentukan terlebih dahulu budget yang akan digunakan. Budget yang telah ditentukan sebelumnya sangat membantu calon pengantin untuk lebih mudah memilih gedung, katering, perias, dan lain-lain,” jelas Fitri Liza. Selain itu, dengan penentuan budget ini, kamu juga bisa membatasi pengeluaran untuk menikah sehingga tidak tiba-tiba melonjak melebihi rencana awal.

2. Booking Gedung Resepsi

Hal pertama yang harus dilakukan setelah penentuan budget adalah booking gedung resepsi. Tahap ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan jauh-jauh waktu, setidaknya 6 bulan sebelum menikah karena biasanya gedung yang strategis dan bagus pasti cepat sekali full-booked. “Bahkan gedung yang bagus bisa jadi sudah penuh untuk satu setengah tahun ke depan,” tambah Fitri Liza. Tidak jarang pula sulitnya menemukan gedung membuat tanggal pernikahan berubah demi mendapatkan gedung yang diinginkan. Oh iya, satu hal yang perlu diingat. Sebelum menentukan gedung, kamu harus sudah menentukan berapa banyak tamu yang ingin kamu undang agar pemilihan ruangan gedung bisa disesuaikan dengan jumlah tamu undangan.

3. Pemilihan Katering

Beberapa gedung memang sudah menyediakan paket sendiri yang mencakup biaya sewa gedung dan katering. Namun, jika tidak ingin menggunakan katering yang disediakan gedung, kamu bisa mulai mencari beberapa pilihan katering yang enak. Biasanya, jasa katering selalu menyediakan tester untuk calon customer jadi kamu tidak perlu takut salah memilih katering. Pemilihan katering yang tepat merupakan salah satu hal yang memakan banyak waktu karena biasanya para jasa katering hanya menyediakan tester pada waktu-waktu tertentu saja. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menunggu waktu mendekati hari H untuk mulai mencari jasa katering yang enak.

list persiapan pernikahan

4. Pembuatan Kartu Undangan

Untuk mengundang para tamu, kamu tentunya membutuhkan kartu undangan untuk dikirim. Nah, kamu juga tentunya ingin kartu undangan dengan desain yang bagus dan spesial, kan? Karenanya, siapkan waktu luang untuk mencari kartu undangan yang kamu sukai. Perlu diingat juga bahwa tempat percetakan pasti membutuhkan waktu untuk mencetak kartu undanganmu, terutama jika kamu mengundang hingga ratusan orang.

5. Pemilihan Souvenir

Souvenir biasanya diberikan kepada para tamu undangan setelah mereka mengisi buku tamu sebagai tanda terima kasih. Biasanya, souvenir yang diberikan memiliki tanda khusus berupa nama atau inisial kamu dan pasanganmu. Nah, untuk pembuatan ini, tentunya para penjual souvenir pernikahan membutuhkan waktu untuk menyiapkannya. Oleh karena itu, kamu harus tahu estimasi waktu yang tepat agar souvenir sudah siap saat resepsi akan dimulai.

6. Pembuatan Baju Pengantin

Untuk membuat baju pengantin, kamu memiliki tiga opsi. Pertama, kalau ingin membuat pengeluaranmu lebih minim, kamu bisa menyewa baju pengantin yang bisa kamu cari di berbagai sanggar rias. Namun, jika kamu kesulitan menemukan baju pengantin yang pas, kamu bisa memilih pilihan kedua, yaitu membuat baju pengantin baru tapi hak miliknya menjadi milik sanggar tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin menyimpan baju pernikahanmu sebagai kenang-kenangan, kamu bisa membuat baju pernikahanmu di penjahit. Ketahuilah terlebih dulu model baju pengantin seperti apa yang kamu inginkan agar saat berada di tempat si penjahit, kamu tidak akan kebingungan lagi. Kamu bisa mencari referensi baju pengantin di berbagai media, seperti internet, majalah, dan sebagainya, untuk tahu tren apa yang sedang digemari saat ini. Menurut Fitri Liza sendiri, tren saat ini sudah kembali lagi seperti tren dulu, yaitu kebaya dengan model yang lebih sederhana dan tidak memakai banyak jenis bahan kebaya. “Kebaya sekarang itu balik lagi ke vintage jadi lebih simple. Kalau dulu, satu kebaya bisa pakai tiga sampai empat bahan yang berbeda, tapi kalau sekarang, satu kebaya saja sudah cukup menggunakan satu bahan yang motifnya padat,” jelas Fitri Liza.

tips persiapan pernikahan

7. Pemilihan Tata Rias

Untuk wanita, tatanan rias wajah dan rambut merupakan salah satu hal yang sangat penting. Siapa sih wanita yang tidak ingin tampil cantik di hari spesialnya? Hal yang harus diperhatikan saat memilih tatanan rias adalah tema pernikahan apa yang kamu gunakan. Kalau pernikahanmu dilakukan dengan mengusung adat Sunda, maka pilihlah tatanan rias yang bernuansa adat Sunda. Kalau kamu lebih memilih pernikahan yang lebih modern, pilihlah tatanan rias yang lebih sederhana. Mungkin kamu sendiri bingung apa bedanya tatanan rias tradisional dengan tatanan rias modern. Menurut Fitri Liza, tatanan rias tradisional terkesan lebih ‘medok’ dibanding dengan tatanan rias modern sebab tatanan rias modern lebih banyak menggunakan warna yang lebih lembut. Saat ditanya mana yang paling sulit, Fitri Liza langsung menjawab, “Kalau yang paling sulit sih jelas riasan adat Yogyakarta. Biasanya saya membutuhkan waktu 4 jam untuk merias pengantin dengan riasan khas Yogyakarta.”

Itu tadi tujuh hal yang tidak boleh sampai ketinggalan ketika kamu melakukan persiapan pernikahan. Memang menyiapkan pernikahan sendiri itu rumit, tapi kalau kamu sudah mulai mencicil beberapa bulan sebelumnya, perjalanan menuju hari pernikahan pun akan terasa lebih mudah kok, ladies!

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup