Pola Makan Sehat Optimalkan Puasa

Ladies, tidak terasa kini kita dipertemukan lagi dengan Bulan Ramadan. Bagi umat Muslim, berpuasa merupakan suatu kewajiban yang dilakukan selama satu bulan penuh sebelum mencapai kemenangan. Puasa tidak hanya membantu kita melatih kesabaran namun juga memberikan dampak baik untuk kesehatan, seperti mendetoks racun dalam tubuh, menjadikan kulit terlihat lebih bersih dan menurunkan tekanan darah. Meski begitu, pola makan yang berubah disertai asupan gizi yang tidak seimbang bisa menghambat kelancaran puasa Anda.  Oleh karena itu, Anda wajib tahu seperti apa pola makan sehat untuk mengoptimalkan kegiatan beribadah tersebut. Mari ladies, baca artikel Banananina selengkapnya di bawah ini!

 

Sahur dan berbuka puasa: Perbanyak konsumsi air

Photo: www.mirror.co.uk

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh Anda akan sangat kekurangan cairan namun hal tersebut dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi air, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral serta minuman elektrolit ketika sahur untuk mencegah dehidrasi. Sedangkan ketika berbuka puasa, jangan lupa tetap mengonsumsi air mineral hingga mencapai 1 liter sebelum Anda tidur.

 

Sahur: Menu makanan kaya serat disertai karbohidrat kompleks

Photo: www.standard.co.uk

Seperti yang kita ketahui, makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur sangat diperlukan tubuh karena dapat memperlancar proses pencernaan terutama ketika Anda sedang melaksanakan ibadah puasa. Tak hanya serat, tubuh juga membutuhkan karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi dan gandum agar memperoleh tenaga dan membantu hindari Anda dari rasa lapar.

 

Berbuka puasa: Mengonsumsi buah kurma

Photo: www.abelandcole.co.uk

Buah yang identik dengan Bulan Ramadan ini tidak hanya terkenal karena rasa yang manis dan enak. Buah kurma ternyata menyimpan banyak sekali kebaikan yang diperlukan oleh tubuh Anda terutama setelah belasan jam melakukan puasa. Hal ini karena di dalam buah kurma terkandung mineral, serat, glukosa, fruktosa, sukrosa, kalium dan vitamin A.

Ketika memakan buah ini, kadar glukosa darah menjadi meningkat namun akan berada dalam batas stabil hingga beberapa waktu ke depan karena adanya perpaduan sukrosa dan fruktosa. Oleh karena itu, buah berwarna cokelat kehitaman ini merupakan makanan ideal yang dianjurkan untuk pertama kali dikonsumsi saat berbuka puasa sebelum Anda menyantap makan malam.

 

Makan malam: Menu makanan bergizi

Photo: www.heartfoundation.org.au

Sama seperti ketika Anda sahur, menu makan malam yang Anda santap juga harus bergizi. Anda bisa menciptakan berbagai menu sehat dengan mencampurkan sayur, buah, lauk pauk, serta jangan lupa karbohidrat. Jika Anda tidak menyukai nasi, maka coba menggantinya dengan ubi, kentang atau gandum.

 

 

 

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup