4 Pilihan Menu Lebaran dari Masing-Masing Daerah

Jelang lebaran, ada banyak hal yang biasanya mulai dipersiapkan. Tidak hanya baju lebaran, namun menu lebaran yang ingin dibuat tentu sudah dipikirkan jauh-jauh hari. Bahkan, ada sebagian orang yang sudah mencicil bahan-bahan kering masakan lebaran jauh-jauh agar harga belinya tidak melonjak tajam sebelum lebaran tiba.

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya. Tentu saja ini akan mempengaruhi ragam kulinernya dengan cita rasa yang menggugah selera. Berikut ada beberapa jenis sajian khas lebaran dari berbagai daerah yang hanya bisa kamu temukan di beberapa wilayah tertentu. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Lemang

Bagi kamu yang berasal dari daerah Palembang, tentu tidak asing lagi dengan jenis kuliner yang satu ini: Lemang. Yup, Lemang merupakan salah satu jenis kuliner khas Palembang yang bisa ditemukan saat hari pertama puasa hingga lebaran tiba. Lemang menjadi sajian yang tak kalah populer di hari lebaran. Lemang ini terbuat dari beras yang cara penyajiannya digulung menggunakan selembar daun pisang. Lalu dimasak bersama santan kelapa. Keunikan lain dari Lemang ini adalah cara memaskannya yang menggunakan seruas bambu lalu dibakar hingga benar-benar matang.

Ayam Gagape

Dari namanya saja sudah terdengar unik. Ayam Gagape, kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas Lebaran yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya, Ayam Gagape ini disajikan bersama buras (sejenis ketupat dengan rasa gurih karena dimasak dengan santan). Selama proses pemasakan, Ayam Gagape ini dimasak bersama lengkuas, air, serai, daun salam, kunyit yang dimasak setengah matang hingga mengering. Lalu tambahan lain adalah bumbu tumis yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih. Agar kuahnya terasa semakin kental dan gurih, tambahkan kelapa parut yang sudah disangrai.

Soto Banjar

Tidak hanya bisa dinikmati setiap hari, Soto Banjar juga merupakan salah satu menu masyarakat Banjar yang bisa dinikmati sehari-hari. Sensasi rasa asam segarnya terasa begitu nikmati saat disajikan bersama menu lebaran lainnya. Soto ini memiliki bahan utama seperti ayam yang dipadu dengan rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, cengkeh. Lalu dipadukan bersama perkedel, kentang rebus, rebusan telur dan juga ketupat. Rasanya mantap!

Kuah Labu

Kuah Labu merupakan salah satu menu yang biasa hadir saat Lebaran di Aceh. Kuah Labu ini terasa begitu nikmat karena disajikan bersama iga sapi dan kuah santan. Bisa dibilang, menu ini mirip gulai karena iga sapi yang disajikan dimasak bersama bawang merah, bawah putih, jahe, ketumbar, kunyit, kelapa parut dan rempah-rempah seperti salam koja. Sebagai pelengkap iga sapi, di dalamnya juga terdapat labu air. Kamu bisa menikmati Kuah Labu ini bersama ketupat.

Ternyata ada beragam jenis ya menu-menu khas Lebaran dari berbagai daerah, Ladies. Kalau dari kampung halamanmu, sajian unik apa saja yang bisa dicicipi di hari Lebaran?

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup