7 Cara Menghindari Rasa Sakit Akibat Memakai Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi identik dengan bentuk yang elegan, meskipun terkadang sering menyiksa. Banyak yang percaya semakin tinggi hak sepatu yang digunakan, semakin sakit pula kakimu nantinya. Namun, faktanya anggapan ini tetap tidak menjadi penghalang bagi banyak wanita. Banyak wanita yang rela dan tetap menikmati rasa sakitnya dan mereka membenarkan istilah ‘beauty is pain‘. Bahkan, jenis sepatu ini sudah sejak lama menjadi salah satu jenis sepatu yang paling digemari di dunia fashion. Kenapa?

Model sepatu hak tinggi yang elegan mampu menunjang style apapun agar bisa tampil jauh lebih modis. Semua penampilan bisa berubah menjadi sangat chic dan sophisticated dalam sekejap hanya dengan menambahkan sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi juga bisa membuat kakimu terlihat lebih ramping dan panjang. Apalagi, haknya akan memberikan tinggi tambahan pada tubuhmu. Persepsi bahwa tinggi itu cantik, tentu saja sangat menguntungkan bagi wanita yang bertubuh pendek.

sepatu hak tinggi wanita

Pengaruh positif yang diberikan oleh sepatu hak tinggi membuat para wanita berlomba-lomba menggunakan sepatu ini. Penggunaan sepatu hak tinggi sendiri memang tidak semudah menggunakan sepatu-sepatu lainnya sebab selain harus menahan rasa sakit yang mungkin timbul, kamu juga harus menjaga keseimbanganmu saat berjalan. Nah, kalau kamu ingin belajar menggunakan sepatu hak tinggi tanpa rasa sakit, simak terus artikel ini untuk tahu lebih lanjut apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakannya!

1. Pastikan kamu pakai sepatu hak tinggi dengan ukuran yang sesuai

Menggunakan sepatu hak tinggi dengan ukuran yang tidak sesuai merupakan salah satu kesalahan yang cukup fatal dilakukan oleh wanita. Faktanya, ukuran kakimu bisa jadi selalu berubah-ubah, terutama setelah kamu melahirkan. Terlebih lagi, tidak semua sepatu memiliki ukuran yang sama. Misalnya, sepatu A dan sepatu B sama-sama berukuran 38, tapi belum tentu keduanya memiliki ukuran yang sama. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mencoba sepatu sebelum membelinya.

2. Ketahui jenis kakimu

Setiap sepatu hak tinggi didesain sesuai dengan bentuk kaki wanita. Namun, tidak semua wanita memiliki bentuk kaki yang sama. Karenanya, kamu harus tahu jenis dan bentuk kakimu agar bisa memilih sepatu dengan desain sepatu yang sesuai untuk kakimu. Salah satu cara untuk mengetahui jenis kakimu adalah dengan membasahi telapak kaki, lalu injakkan kakimu di atas kertas. Setelah itu, kamu bisa melihat bagaimana bentuk kakimu dari hasil jiplakan di kertas tersebut.

sepatu hak tinggi cantik

3. Pilihlah hak yang lebih tebal untuk mengurangi rasa sakit

Sepatu dengan hak yang tipis, atau biasa disebut stilettos, membutuhkan usaha yang lebih besar untuk menjaga keseimbangan. Jadi, tidak heran kalau ketika berjalan menggunakan sepatu hak tinggi yang tipis, kamu menjadi lebih mudah terjatuh. Stilettos bisa kamu gunakan ke acara-acara tertentu, tapi untuk penggunaan sehari-hari, sebaiknya pilihlah sepatu dengan hak yang lebih besar atau disebut chunky heel.

4. Hindari sepatu hak tinggi dengan sol yang tipis

Sepatu dengan sol yang tipis biasanya lama-kelamaan akan membuat kakimu terasa sakit. Oleh karena itu, pilihlah sepatu dengan sol yang lebih tebal sebab sol tersebut akan menahan tekanan dari tubuh saat kamu melangkah. Lebih baik lagi kalau kamu menggunakan sepatu dengan sol yang berbahan karet. Cara ini bisa membantu sepatumu akan lebih lentur dan empuk.

5. Berikan kakimu waktu untuk beristirahat

Jika kamu memiliki sedikit waktu istirahat di sela-sela kesibukanmu, manfaatkan waktu tersebut untuk melepas sepatu hak tinggimu dan biarkan otot kakimu istirahat sejenak.

sepatu hak tinggi untuk wanita

6. Regangkan kakimu setelah melepaskan sepatu

Jangan lupa menggerakkan jari-jari kakimu ke atas dan ke bawah, serta menggerakkan pergelangan kaki dengan arah memutar agar otot-otot yang tadinya tegang bisa mengendur.

7. Pilih sepatu dengan bagian atas yang lebih tertutup

Sepatu hak tinggi dengan bagian atas yang lebih tertutup membuat beban sepatu tersebar dengan lebih merata ke seluruh area kaki. Saat kamu menggunakan strap heels, beban sepatu hanya akan berpusat di bagian depan kaki dan pergelangan kaki. Tapi saat kamu menggunakan boots, beban sepatu akan merata di seluruh area kaki.

Kalau kamu merupakan salah satu wanita yang senang menggunakan sepatu hak tinggi, ketujuh tips tadi bisa kamu jadikan rutinitas sehari-hari untuk meringankan rasa sakit setelah seharian memakai sepatu hak tinggi. Kamu pun tetap bisa tampil cantik dan modis tanpa rasa sakit.

Sumber Gambar

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup