Rutin Baca Buku Berikan Manfaat Bagi Kesehatan

Ladies, membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di saat santai. Bukan hanya menambah pengetahuan, membaca juga ternyata memberikan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita. Bisakah Anda tebak apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

 

Mengurangi stress dan menenangkan pikiran

Photo: www.nerdwallet.com

Rutinitas dengan jadwal padat, pekerjaan yang menyita pikiran serta kondisi lalu lintas merupakan beberapa hal pemicu timbulnya stress. Oleh sebab itu, membaca novel atau bacaan ringan lainnya di waktu luang dipercaya mampu mengurangi stress dan menenangkan kembali pikiran Anda.

 

Cegah penyakit Alzheimer

Photo: palliativecare.org.au

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak dan biasanya terjadi ketika memasuki usia lanjut. Penyakit ini menyebabkan penurunan daya ingat pada penderitanya. Meski masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan Alzheimer, penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin, caranya yaitu rutin membaca buku.

Rutin membaca sama artinya dengan Anda melatih otak untuk tetap aktif sehingga tidak mudah kehilangan ingatan. Tidak ada topik pembacaan khusus yang harus Anda baca. Pilihlah bacaan yang paling Anda sukai agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan.

 

Menambah kualitas memori

Photo: www.goalcast.com

Seperti yang disinggung di atas, rutin membaca buku mampu mencegah Anda terserang penyakit yang menjadikan daya ingat menurun. Tidak hanya menghindari Anda terkena penyakit otak, kegiatan ini juga bisa menambah kualitas memori karena ketika Anda membaca maka otak akan mengalami proses mengingat beberapa peristiwa yang dijelaskan, kalimat, karakter, alur cerita dan apapun yang tertara dalam bacaan tersebut.

 

Memperbaiki kualitas tidur

Photo: sleepmdnyc.com

Susah tidur di malam hari bisa disebabkan karena Anda sedang mempunyai banyak beban pikiran. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi pada Anda karena kualitas tidur yang kurang baik sangat mempengaruhi kesehatan. Maka dari itu, cobalah membaca buku kesukaan tepat sebelum tidur. Bacaan yang ringan dan menyenangkan akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan tentu bisa jadikan Anda tertidur lebih cepat.

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup