Saatnya Mulai 5 Langkah Ramah Lingkungan dari Perawatan Kecantikan dan Busana Anda

Perubahan lingkungan yang kian drastis membuat banyak orang berlomba-lomba melakukan langkah ramah lingkungan. Dimulai dari menggunakan reusable straw hingga membawa tumbler sendiri kemanapun. Pemanasan global dan gerakan go green sebenarnya sudah cukup lama diusung. Namun, akhir-akhir ini gaya hidup ramah lingkungan giat digencarkan.

Khususnya di Indonesia, banyak dari Anda yang sudah sadar bahwa langkah ramah lingkungan adalah salah satu bentuk investasi untuk masa depan yang lebih nyaman dan bersahabat. Bagaimana jika Anda baru akan memulai gaya hidup ramah lingkungan? Tak perlu panik, setidaknya Anda bisa mulai 5 langkah ramah lingkungan paling sederhana berikut ini.

Terapkan selalu prinsip “Do I need this?”

Photo by Cam Morin on Unsplash

Satu hal yang perlu Anda tekankan dalam menjalankan langkah ramah lingkungan adalah memastikan Anda teguh pada prinsip menjaga lingkungan. Apalagi untuk Anda yang cukup konsumtif, misalnya membeli barang hingga rusak atau dibiarkan mendekam lama di lemari padahal baru dipakai sekali atau dua kali. Saat berbelanja, terapkanlah prinsip “do I need this?” sebelum membeli. Satu kalimat ini saja dapat membantu menyelamatkan alam.

Selalu membawa reusable tote bag kemanapun Anda pergi

langkah ramah lingkungan
Photo by Soragrit Wongsa on Unsplash

Selain reusable straw dan tumbler, ada baiknya Anda membawa reusable tote bag yang bisa dibawa kemana-mana. Kegunaan tote bag ini sangat banyak, mulai dari membawa belanjaan untuk keperluan rumah Anda, membawa pakaian kotor Anda usai berolahraga, hingga untuk berbelanja busana.

Langkah ramah lingkungan ini adalah bentuk penolakan Anda terhadap plastik. Sampah plastik di bumi sudah cukup banyak, apalagi plastik membutuhkan waktu yang sangat panjang hingga dapat terurai. Dengan membawa tote bag, Anda satu langkah lebih maju dalam menyelamatkan lingkungan.

Untuk beauty junkie, mulailah selektif memilih produk make up dan skincare

langkah ramah lingkungan
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Para beauty junkie tentu sulit menahan diri untuk tidak membeli make up maupun skin care. Begitu ada rilisan terbaru, mereka tak segan-segan merogoh dompet dan menghabiskan uang untuk membelinya. Nah, bentuk gaya hidup ramah lingkungan bagi para beauty junkie adalah dengan benar-benar selektif memilih produk make up dan skin care.

Ingat baik-baik berapa jumlah foundation, bedak, maskara, eyeshadow palette, lipstik, dan skin care yang benar-benar Anda perlukan. Tidak begitu banyak, bukan? Anda mungkin hanya butuh satu saja. Maka tahanlah keinginan Anda untuk membeli produk baru. Jika Anda sekadar ingin menjajalnya, carilah make up atau skin care yang berukuran kecil atau travel size. Perhatikan pula bahan-bahan yang terkandung dalam produk yang akan Anda beli. Apakah ramah lingkungan? Jika jawabannya adalah ya, maka jangan ragu untuk membelinya.

Manfaatkan wadah make up atau skin care yang kosong dengan bijak

Photo by Charisse Kenio on Unsplash

Terbiasa membuang wadah make up atau skin care begitu saja? Sayang sekali, padahal wadah kosong tersebut banyak manfaatnya. Wadah bedak yang kosong bisa Anda jadikan tempat penyimpanan aksesori kecil seperti anting, cincin, dan kalung. Botol parfum atau skin care yang sudah kosong bisa Anda jadikan diffuser untuk ruangan. Tinggal Anda masukkan essential oil saja di dalamnya.

Tidak hanya itu, beberapa brand bahkan ada yang memberikan reward kepada konsumen yang mengumpulkan dan mengembalikan wadah kosong mereka. Mulai dari poin hingga produk gratis yang pasti membuat Anda tertarik.

Langkah ramah lingkungan dengan selektif membeli busana

langkah ramah lingkungan
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sebagai wanita, tentu hasrat terbesar Anda adalah membeli busana teranyar. Selain sebagai gaya, membeli busana baru membuat Anda tampak memperhatikan tren mode terkini. Namun, perilaku konsumtif ini justru bisa memperparah kondisi lingkungan. Banyaknya produk fashion yang menghasilkan limbah dapat mengancam jernihnya air yang sangat penting untuk alam. Kesehatan pun bisa terancam oleh air yang terkontaminasi limbah ini.

Sebaiknya, mulailah menahan diri untuk belanja. Lakukan decluttering atau seleksi busana yang sudah tidak terpakai di lemari Anda. Sisakan busana esensial yang bisa Anda gunakan berkali-kali dan mudah dipadu-padankan dengan bawahan atau outer Anda. Warna busana netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan khaki atau earth tone sebaiknya Anda pertahankan untuk gaya yang klasik namun modis. Pun jika bisa, belilah busana dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Pilih baik-baik pakaian yang akan Anda beli dan pikirkan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Hal ini berlaku pula untuk pembelian tas. Sebaiknya Anda benar-benar selektif memilih tas. Belilah tas dengan bentuk yang fungsional sesuai kebutuhan dengan warna yang netral. Dengan begitu padu padan Anda kian mudah. Tak hanya itu, selalu beli tas dengan kualitas terbaik, sehingga tas tidak cepat rusak dan Anda tidak perlu terlalu sering membeli yang baru.

Anda bisa membeli berbagai jenis tas sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik di Banananina. Banananina juga memiliki banyak pilihan bentuk tas dan dapat menjadi one stop shopping untuk Anda, bukan? Setidaknya, Anda memiliki satu sling bag, satu backpack, dan beberapa tas lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Jadi, siapkah Anda menjalankan langkah ramah lingkungan ini?

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup